Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAB V Skripsi Analisa Spasial Algoritma Klorofil a

 

Skripsi Analisa Spasial Algoritma, Klorofil-a, Biomassa dan Karbon Mangrove melalui Data Satelit Sentinel- 2A

 


Agar anda lebih memahami tentang contoh skripsi lengkap Analisa Spasial Algoritma, Klorofil-a, Biomassa dan Karbon Mangrove melalui Data Satelit Sentinel- 2A ini maka kami sarankan anda membaca 

  1. Skripsi lengkap BAB 1
  2. Skripsi lengkap BAB II
  3. Skripsi lengkap BAB III
  4. Skripsi lengkap BAB IV 


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1    Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian Analisa Spasial Algoritma, Klorofil-a, Biomassa dan Karbon Mangrove melalui Data Satelit Sentinel- 2A di Pulau Cawan, Indragiri Hilir, Riau, maka didapatkan kesimpulan sebagai berikut:

  1. Komposisi dan struktur vegetasi mangrove di Pulau Cawan didominasi oleh jenis Rhizopora apiculata yang memiliki nilai INP tertinggi disetiap stasiun, yakni berkisar pada 242,189 –300 sehingga menunjukkan bahwa spesies ini memiliki peran yang paling besar terhadap struktur komunitas mangrove di Pulau Cawan, Indragiri Hilir, Riau.
  2. Estimasi nilai klorofil-a mangrove yang diperoleh berkisar pada 14,034-15,767 mg/ml, kemudian total biomassa di atas permukaan vegetasi mangrove adalah 381,53 ton/ha atau setara 190,77 ton C/ha, dengan simpanan karbon terbesar adalah pada bagian batang, dan nilai karbon organik substrat mangrove berkisar pada  6,793-16,323 ton/ha.
  3. Permodelan algoritma melalui nilai Digital Number (DN) data satelit Sentinel-2A dapat digunakan secara akurat untuk menduga sebaran klorofil-a, biomassa dan karbon magrove di Pulau Cawan, Indragiri Hilir, Riau, dimana tingkat akurasi permodelan algoritma dipengaruhi oleh faktor gangguan atmosfer, keakuratan estimasi data lapangan dan jumlah titiksampel. 
  4. Hasil permodelan algoritma untuk, klorofil-a = 0,0002 (B4+B2)/2)2- 0,057 (B4+B2)/2) + 16,79, biomassa= 24,69 (B4/B2)2 - 47,41 (B4/B2) + 36,06 dan karbon= 12,41 (B4/B2)2- 23,83 (B4/B2) + 18,09.

 

5.2    Saran 

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat diberikan saran sebagai berikut :

  1. Sebaiknya masyarakat setempat diberikan pengetahuan mengenai fungsi dan jasa lingkungan yang dapat diberikan ekosistem mangrove, sehingga kesadaran masyarakat untuk turut serta menjaga dan melindungi ekosistem mangrove meningkat
  2. Sebaiknya pemantauan terhadap kondisi ekosistem mangrove dilakukan secara berkelanjutan oleh instansi terkait dengan tetap melibatkan masyarakat setempat.
  3. Sebaiknya pengelolaan ekowisata mangrove oleh instansi terkait di Pulau Cawan, Indragiri Hilir, Riau terus dikembangkan, akan tetapi kegiatan ekowisata tetap harus dibatasi supaya nilai konservasi mangrove di daerah tersebut tetap terjaga.

 

Demikian Skripsi BAB V Analisa Spasial Algoritma, Klorofil-a, Biomassa dan Karbon Mangrove, dan untuk BAB yang lain nya silahkan cari di kolom pencarian web pintu dunia ini. Terimakasih atas kunjungan anda.