Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Box Kandang Pembesaran Puyuh

Gambar Box Kandang Pembesaran Puyuh memang sering sekali di cari oleh para peternak puyuh, kususnya yang baru pertama memulai bisnis puyuh ini. Pada prinsip nya gambar box kandang pembesaran puyuh dan unggas lain nya misalkan ayam adalah sama, hanya kepadatan populasi saja yang berbeda.
Pada postingan kali ini kami fokus membahas gambar bok kandang pembesaran pada puyuh, karena kalau pada ayam petelur dan unggas lain nya akan ada sedikit perbedaan dan akan kita bahas pada postingan selanjut nya.

Untuk sarat Gambar kandang pembesaran puyuh terbaik meliputi beberapa hal, diantaranya adalah:
 
1. Bisa dibuat dari kayu, bambu, dan bahan lain nya namun pastikan kuat dan lantai nya kita setting hanya kotoran saja yang bisa keluar, kalau dari bambu bisa di ukur ibu jari kita, tapi kami biasanya membuat alas nya dari kawat ram ukuran ibu jari. Lantai kawat ram untuk kandang pembesaran puyuh lebih bagus karena lantai/alas kalau dari bambu atau kayu maka akan ada yang terjepit jika kurang rapi pemasangan nya. Jadi lantai kawat ram lebih baik.

2. Gambar Box Kandang Pembesaran Puyuh dibuat panggung agar kotoran jatuh ke tanah yang telah dialasi karpet/bekas karung agar mudah dibersihkan. Tinggi kandang dari tanah kita kira minimal 2 jengkal agar mudah dibersihkan.

3. Tinggi kandang nya sendiri menyesuaikan tinggi badan kita, usahakan kita bisa dengan mudah mengambil anak puyuh, meletak kan pakan, dan minum dengan mudah tanpa bantuan kursi dll. Tinggi 50 cm saja tidak masalah karena puyuh tidak membutuhkan tinggi, karena dia tidak akan loncat loncat, yg dibutuhkan adalah luas. Tutup atas nya pakai bekas karung/triplek agar nyaman dan tidak loncat.

4. Puyuh umur 1 hari sampai 1 minggu wajib menggunakan alas karton/koran agar tidak dingin dan nyaman, seiring berjalan bisa dikurangi dikit dikit sampai full tinggal alas kawat ram saja.

5. Pastikan box yang dibuat kuat untuk menahan 1 orang, agar waktu vaksinasi mudah dilakukan karena kita tinggal masuk saja dalam box, biasa kita menggunakan kayu kaso 4/5 / 4/6. Ingat vaksinasi saat kecil ini penting karena puyuh kecil rawan terkena pilek walaupun sudah ada Obat Pilek/SNOT/Coryza Pada Puyuh

6. Kandang pembesaran puyuh dinding nya bisa dibuat dari kawat ram atau bambu, namun usia 0 sampai 1 minggu, dinding full di tutup dengan bekas karung pakan, se iring berjalan waktu kita buka sedikit sedikit sesuai kebutuhan dan perkembangan puyuh.

7. Awasi dan jauhkan kandang pembesaran puyuh dari hama, misal tikus, kucing dll...karena saat kecil puyuh rawan stres dan mudah takut akan sesuatu.

8. Pastikan lampu pijar nya merata panas nya. Pada malam hari panas lampu adalah utama yang diperlukan puyuh, dan jangan pernah mati lampu. Selalu sediakan 1 buah lampu otomatis/penyimpan daya sehingga ketika mati lampu tetep terang. Puyuh akan menumpuk jika mati lampu dan ini akan menyebabkan kematian.


Itu lah beberapa tips gambar box kandang pembesaran puyuh dan tips kandang pembesaran puyuh terbaik, semoga bisa jadi referensi dan silahkan berkreasi sehingga puyuh menjadi nyaman di kandang tersebut.