Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Perkembangan Puyuh Rata dan Sama Besar

Agar Perkembangan Puyuh sama rata dan Sama Besar akhir akhir ini sering sekali di cari orang. Karena dalam penetasan puyuh hal ini penting sekali. Hal ini juga berlaku bagi unggas lain nya seperti ayam petelur, bebek, dan ayam kampung. Sehingga bisa juga di berikan judul "Agar Perkembangan unggas sama rata dan Sama Besar"


Mengapa postingan tentang Agar Perkembangan Puyuh Rata dan Sama Besar ini penting? karena bila kita tidak jeli maka akan ditemukan beberapa anak puyuh yang tidak imbang perkembangan nya (kerdil). Sebagian tampak besar dan sebagian masih kecil (kecentet: bahasa jawa), dan ini sangat merugikan kita. Apalagi jika kita temukan jumlah yang kerdil banyak.

Lalu bagaimana caranya agar perkembangan puyuh dan unggas lain nya menjadi rata dan seragam?

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar perkembangan unggas sama rata, diantaranya :
1. Jika bibit nya anda tetaskan sendiri maka Pastikan anda memasuk kan telur pada mesin penetas serempak, atau jika ada selisih jangan lebih dari 2 hari.

2. Saat menetas dan bulu sudah benar benar kering dan bisa berlari lari cepat di pindah ke kandang pembesaran umur 0 hari dan pastikan suhu nya pas.
Bagaimana tau suhu dalam kandang pembesaran pas? Bisa anda lihat, jika unggas kumpul di bawah lampu berarti kurang panas, jika kumpul berjejer dipinggir maka terlalu panas. Suhu yang pas adalah anak unggas menyebar merata, berlari lari ke sana kemari.

3. Hari pertama masuk ke kandang pembesaran tidak perlu ada makanan, kasih saja air gula pasir/gula merah secukup nya. dan pastikan tempat wadah air anda kasih kerikil agar anak unggas tidak mandi/basah/terjebur, ini penting

4. 8 jam sejak keluar dari mesin tetas anda sudah bisa memulai memberikan pakan secara tabur di sekitar bawah lampu di atas alas koran/karton. dan ingat, berikan sedikit saja dan lihat respon anak unggas tersebut, mau atau tidak? jika mau tunggu sampai habis, baru kasih lagi dikit dikit sampai sekira kenyang. Untuk puyuh pakan perlu kita blender/tumbuk selembut mungkin, untuk ayam petelur cukup blender kasar saja tidak masalah, intinya bagaimana unggas bisa menelan pakan tersebut.

5. Sambil berjalan nya waktu cek point 2, ingat faktor suhu penting, jangan panas banget dan jangan dingin, cek kondisi anak unggas menyebar tidak.

6. Jika sudah 1 sampai 4 hari cek ulang, apakah pakan masih perlu di tumbuk/haluskan, apakah lampu perlu di kurangi watt nya, apakah terlalu pengap? dll...

7. di atas 1 minggu pada siang hari kurangi pemanas, ingat unggas yang terlalu panas menjadi kerdil...

8. Faktor penting lain nya adalah kerapatan jumlah populasi, cek ulang, jika terlalu padat maka pindahkan sebagian ke kotak laen nya.

9. Pakan anak unggas jangan di takar (ini PENTING) pastikan pakan selalu ada, ingat unggas akan berhenti makan jika kenyang. Semakin anda takar maka semakin banyak ia makan. unggas perlu di takar hanya jika sudah masa fase remaja, pada masa starter/anak an maka pakan full di berikan selalu ada. menghemat pakan akan menyebabkan masalah KERDIL dan tidak merata pertumbuhan nya karena saat berebut pakan maka sebagian akan kalah, jika pakan full ada maka kapan pun mereka mau pakan selalu ready.

10. Pastikan air minum selalu ada, baik jadwal air minum vitamin maupun hanya air putih biasa, pastikan jangan pernah telat/kosong air minum. karena unggas dalam pembesaran full butuh air, meskipun hanya air putih biasa

11. Pastikan pemberian vaksin dan vitamin sesuai jadwal yang telah anda buat.

12. PENTING...saat bulu sudah tumbuh sempurna pada unggas pastikan pada siang hari sirkulasi udara lancar, matikan lampu yang tidak perlu pada siang hari, lampu hanya fokus pada penerangan akan tempat pakan dan minum.

13. Selalu cek ulang kondisi suhu, panas dingin nya, kerapatan populasi,menyebar/berkumpul, pakan selalu ready, dan air minum. Jika ini anda jaga maka di pastikan anak unggas anda akan tumbuh rata sama besar

14. Anak unggas tidak bisa mati lampu, karena akan menumpuk dan meyebabkan kematian, maka solusinya adalah siapkan lampu yang menyimpan arus, saat mati lampu pasang. sehingga anak unggas tetep bisa melihat sekeliling, karena anak unggas takut akan gelap.

Demikian beberapa tips Agar Perkembangan Puyuh dan unggas sama rata dan sama besar, dan perlu di ingat unggas butuh vitamin dan vaksin, maka berikan sesuai jadwal. dan jangan sampai unggas tidak nyaman karena sesak dan sirkulasi tidak lancar. Hal yang penting lagi, segera obati jika ada yang pilek, karena anak unggas rawan pilek , anda bisa membaca artikel kami tentang ini di Obat Pilek/SNOT/Coryza Pada Puyuh