Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Pilek/SNOT/Coryza Pada Puyuh

Cara mengatasi penyakit pilek atau ngorok pada puyuh dan unggas terkadang gampang gampang susah. Bagi anda yang mengalami gejala berikut mungkin postingan saya tentang Obat Pilek/SNOT/Coryza Pada Puyuh ini bisa anda terapkan.

Penyakit Pilek/snot dan corysa biasa nya banyak menyerang unggas jenis puyuh dan ayam petelur, terutama saat musim penghujan dan saat cuaca ekstream. Bagi anda yang mencari cara mengatasi pilek pada puyuh simak ulasan kami di bawah ini, semoga bermanfaat


Penyakit pilek pada puyuh dan unggas atau juga di kenal dengan penyakit ngorok pada unggas sering terjadi pada perubahan cuaca. Penyakit ngorok ini dikenal dengan nama SNOT atau Coryza. Salah satu tanda penyakit ini adalah mata berair dan jika telah parah menjadi bengkak. Sehingga sering juga disebut penyakit mata bengkak pada unggas, baik ayam maupun puyuh.

Penyakit pilek atau SNOT terjadi pada unggas, biasanya karena sirkulasi udara yang kurang lancar, kandang pengap, dan kebersihan air, talang air yang kurang di jaga. Jika anda tidak menjaga ini semua maka SNOT siap mengintai ternak anda. Ingat pilek dan SNOT adalah salah satu dari penyebab produksi telur menurun pada puyuh dan uggas lain nya.

Lalu bagaimana cara mengobat penyakit mata bengkak pada puyuh ini? Simak pengalaman kami dalam mengobati penyakit snot pada puyuh ini.

 Cara paling cepat adalah dengan di suntik vetastrep dan b complek, namun kadang orang tidak tau atau tidak paham mengobati snot dengan suntik ini, maka ada cara kedua yaitu mengobati snot lewat air minum. 

Obat snot lewat air minum banyak sekali jenis nya, di antara nya adalah:

1. Trimezyn , di kasih di air minum 3-5 hari (dosis 2x yang tertera di bungkus)
2. Neo Meditril di kasih di air minum 3-5 hari (dosis 2x yang tertera di bungkus)
3. TETRA CHLOR baik yang minum maupun yang kapsul
4. Teraphy di kasih di air minum 3-5 hari (dosis 2x yang tertera di bungkus)
5. Untuk lebih lengkap nya datang saja ke toko pakan unggas cari saja obat Snot dari medion, atau sanbe atau mensana, insyaallah lengkap.

 

Tapi jika cara di atas juga gak mempan mungkin anda pelu mencoba produk nya mensana yaitu ENROMAS, kami pernah menggunakan memang luar biasa untuk pilek / SNOT pada unggas. Ingat pintu dunia tidak promo mensana ya hehehehe...ini hanya sharing ilmu yang pernah kami pratek kan. 

 
Atau anda mau cara herbal?
Mengobati mata bengkak pada puyuh dengan herbal memang bisa, namun harus telaten rajin dan lama waktu nya, karena herbal pada dasarnya mencegah, jadi jika anda rutin membuat jamu pada unggas insyallah penyakit jauh.

Ramuan nya adalah:

Kunir, jahe, bawang putih dan gula merah
Cara membuat dan bagaimana aplikasi obat herbal untuk snot ini bisa anda baca pada postingan Cara Meracik Jamu Herbal Pada Unggas
 
Demikian lah cara mengobati snot dan korisa pada puyuh, atau orang lebih mengenal obat mata bengkak pada puyuh dan unggas.