Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Penghasil Madu Terbanyak

Bunga Penghasil Madu banyak sekali di cari cari para peternak lebah, karena bunga adalah salah satu sumber nektar. Walaupun sebenarnya Tanaman atau Bunga tidak menghasilkan madu namun menghasilkan bunga menghasilkan nektar, yang mana nektar ini akan diolah oleh lebah menjadi madu. Sehingga sering sekali orang orang mencari referensi tanaman penghasil nektar terbanyak. Tanaman penghasil madu ini meliputi tanaman tinggi atau tahunan dan juga tanaman bunga. Postingan kali ini admin Pintu Dunia, akan mengupas soal tanaman penghasil nektar terbanyak yang jenis bunga. 


Mengapa bunga? Karena selain sebagai Bunga Penghasil Madu Terbanyak bunga juga akan indah menghiasi rumah dan lingkungan anda. Ini akan sangat cocok bagi anda yang beternak lebah di sekitaran rumah.


Tanaman bunga penghasil madu terbanyak yang akan kami jelaskan ini sangat cocok untuk anda kembang biak kan dilingkungan anda karena selain penghasil madu bunga bunga ini juga terkenal sangat indah.

Bunga Penghasil Madu Terbanyak
Sebenarnya untuk penilaian banyak atau sedikit nektar yang dihasilkan oleh tanaman tergantung dari segi apa kita memandang nya. Ada yang banyak menghasilkan nektar namun mudah sekali luruh terkena hujan atau embun, ada juga yang banyak menghasilkan nektar namun tidak setiap saat berbunga dan lain nya. Intinya tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Maka dari itu postingan kali ini lebih mengarah pada bunga penghasil nektar terbaik yang harus anda miliki.

Berikut urutan bunga penghasil nektar terbanyak yang harus anda miliki di lingkunan anda :
 
1. Bunga Lebah Air Mata Pengantin 
 
Bunga air mata pengantin atau lebih dikenal dengan bunga AMP merupakan bunga urutan pertama yang wajib dimiliki oleh para peternak lebah. Karena bunga ini berbunga sepanjang musim dan mudah untuk diperbanyak. Anda bisa memperbanyak bunga air mata pengantin ini dengan cara menyemai biji dan stek runduk.

Cara cangkok atau stek bunga air mata pengantin sangat mudah sekali karena bunga air mata pengantin tipe bunga yang merambat dan setiap menyentuh atau tertimbun tanah batangnya akan mengeluarkan akar baru. Jadi cara stek bunga air mata pengantin adalah dengan cara batang nya yang merambat anda masuk kan kedalam tanah atau pot sebagian atau pada bagian tengah nya dan ujung nya tetap anda rambatkan. Tunggu sampai keluar akar, setelah keluar tinggal potong saja bagian sebelum akar tadi. sangat mudah sekali.

Bunga lebah air mata pengantin berbunga sepanjang musim dan sepanjang hari. Jadi jika anda mencari bunga lebah yang berbunga sepanjang hari maka AMP adalah salah satunya.
 
Keunggulan dan kekurangan bunga air mata pengantin

Keunggulan bunga lebah Air mata pengantin :
  • Berbunga sepanjang hari dan sepanjang musim
  • Mudah tumbuh 
  • Mudah di kembang biak kan
  • Warna bunga sangat cantik, ada yang putih dan ada yang pink
  • Sumber nektar / madu yang manis dan banyak
  • Nektar tetap kuat meski ada hujan ringan 
  • Bisa di bentuk sesuai keinginan, tinggal siapkan penyangga nya
 
Kekurangan bunga lebah Air mata pengantin :
  • Harus terkena panas matahari
  • Tanah harus subur atau di pupuk agar maksimal
  • Butuh rambatan atau kayu penyangga karena bunga AMP merambat.


 

 
 
2. Bunga Xanthostemon 
 
Bunga Xanthostemon berbunga hampir sepanjang musim, walaupun pada urutan kedua setelah bunga air mata pengantin, namun buka xanthostemon ini pada dasarnya mempunya nektar yang melimpah dan lebih banyak dari pada bunga AMP. Namun kelebihan yang dimiliki oleh bunga AMP adalah AMP berbunga sepanjang Hari, sedangkan Xanthostemon adakala nya dia tidak berbunga, namun hanya jeda sebentar untuk pematangan tunas pucuk lalu berbunga kembali. Selain AMP bagi peternak lebah Bunga Xanthostemon harus anda miliki.

Kelebihan Bunga Xanthostemon :
  • Berbunga sepanjang musim, hanya jeda untuk pematangan tunas baru
  • Sangat cantik dan indah mirip bunga asoka
  • Memilki nektar terbanyak bahkan sampai tumpah tumpah
  • Bisa menjadi kayu yang besar dan full bunga dan nektar
 
Kekurangan  Bunga Xanthostemon :
  • Perkembang biakan harus dengan cangkok karena dari biji akan sangat susah
  • Nektar mudah tumpah ketika ada hujan ringan saja
  • Di sukai semut jadi siapkan pembasmi semut nya
  • Butuh tempat yang agak luas karena bisa menjadi besar
 
 
3. Bunga Bungur atau Bunga Sakura Indonesia
 

 
Bunga bungur atau sakura indonesia juga memiliki nektar yang lumayan banyak. Bunga bungur selain nektar juga sumber polen yang baik bagi lebah anda.

Terimakasih telah membaca Bunga Penghasil Madu Terbanyak semoga bermanfaat bagi anda, terimakasih atas kunjungan anda di web pintu dunia.