Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aratan Pada Puyuh

Cara Mengatasi Aratan Pada Puyuh adalah hal wajib yang perlu anda ketahui sebagai peternak puyuh. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengatasi aratan pada puyuh terlebih dahulu kita perlu ketahui apa itu "Aratan"?

Aratan adalah istilah yang sering dipakai masyarakat jawa pada umum nya untuk mengatakan penyakit secara masal. Jadi aratan pada puyuh adalah suatu penyakit dimana puyuh puyuh pada mati secara masal atau jumlah yang banyak. penyakit Aratan tidak hanya dipakai pada puyuh namun umum pada semua hewan.

 


Langkah awal Cara Mengatasi Aratan Pada Puyuh adalah dengan mengetahui dulu apa penyebab nya.

Aratan atau kematian masal secara tiba tiba terjadi pada puyuh biasanya karena keteledoran dari peternak nya. Mari simak cara mengatasi aratan pada puyuh berikut ini:

 

Pastikan sirkulasi udara lancar

Dalam ternak puyuh hal paling penting adalah sirkulasi udara. Jangan sampai kandang puyuh kita pengap karena udaha yang kurang. Penyakit pada awal nya datang karena masalah ini. Jika kandang puyuh anda tertutup rapat maka anda bisa membuka sebagian nya dan pasang saja kawat ram atau jaring agar hewan lain tidak masuk namun sirkulasi udara tetap lancar. ini penting sekali

 

Pastikan air minum bersih

Aratan atau penyakit puyuh secara masal datang terkadang karena kwalitas air minum yang buruk, terlebih karena paralon yang jarang sekali di bersihkan. Ingat pada dasarnya puyuh adalah binatang yang kuat. Apabila sirkulai udara lancar dan kwalitas air minum bagus insyaallah penyakit tidak akan datang. Jadi bersihkan paralon air minum jika di rasa telah kotor.

 

Pastikan tidak ada jamur

Jamur adalah salah satu sumber penyakit. Jamur yang di maksud di sini adalah jamur pada pakan. BIasanya pakan yang di simpan dalam waktu lama akan tumbuh jamur. jadi pastikan rotasi pakan anda memadai dan pastikan tempat menyimpan pakan tidak lembab. 


Kebersihan kandang

Kebersihan kandang selain hal hal di atas juga sangat penting. Bagian pojok kandang, atap kandang, langit langit dan sisi dekat rak terkadang sangat kotor dan penuh dengan laba laba. Ini penting untuk anda bersihkan. Selain sehat juga menyebabkan sirkulasi udara lancar. Kandang ibarat rumah kita, semakin rapi dan bersih maka kita akan enak tinggal di sana. Paham?

 

Jika semua hal hal di atas dalam rangka Cara Mengatasi Aratan Pada Puyuh telah anda lakukan tapi masih saja terjadi aratan maka langkah langkah di bawah ini harus anda lakukan


Semprot disinfektan

Lakukan penyemprotan merata dan menyeluruh pada kandang dengan disinfektan untuk membunuh semua virus dan bibit penyakit. Anda bisa mudah mendapatkan disinfektan ini di toko obat / toko pakan atau anda bisa membuat disinfektan sendiri dengan menggunakan bayclin dengan perbandingan 1:4. artinya misal nya 1 liter bayclin di campur dengan 4 liter air lalu semprotkan di seluruh kandang bahkan boleh semprotkan pada puyuh nya. ini adalah cara mengatasi penyakit aratan pada puyuh.


Pisahkan

Yang telah tampak nyata terkena aratan atau penyakit silahkan pisahkan dan jadikan 1 dengan yang sama sama kena aratan. Ini dilakukan supaya mudah penanganan nya. Setelah jadi 1 lakukan pengobatan masal sesuai gejala yang ada.