Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Idul Fitri 2021

Khutbah Idul Fitri 2021 ini kami sajikan dalam rangka menyambut lebaran idul fitri 2021, semoga khutbah idul fitri terbaru 2021 ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi khutbah idul fitri. Khutbah Idul Fitri singkat di bawah ini kami sajikan agar jamaah tidak terlalu lama menunggu, semoga anda suka dan terimakasih atas kunjungan anda. Apabila ada kesalahan dalam penulisan dan lafad khutbah idul fitri terbaru di bawah ini harap tinggal kan komentar atau hubungi kami agar bisa kami perbaiki. Semoga bermanfaat


 Khutbah Idul Fitri 2021

 

khutbah idul fitri terbaru 2021

Allohu akbar, Allohu akbar, Allohu akbar, walillahil hamd....


Hadirin, wal hadirot, kaum musmilin wal muslimat jamaah sholat idul fitri yang sama sama di muliakan oleh Allah....

 

Segala puji hanya milik allah, dan kepada Nya lah kita akan kembali. Di pagi yang mulia ini mari selalu kita lafazkan puji dan syukur kita kepada Allah AWT Bi qoulina Alhamdulillah hi robbil alamin.....atas segala nikmat yang telah allah berikan sehingga kita bersama bisa sama sama hadir untuk menunaikan sholat hari raya idul fitri pada pagi ini dalam ke adaan sehat wal afiat. Yakin lah tanpa nikmat yang allah berikan, dan tanpa izin Nya niscaya kita tidak akan pernah sampai ditempat ini....


Sholawat juga salam Allah semoga senantiasa diberikan kepada manusia mulia, yaitu baginda nabi agung Muhammad SAW, Bi qoulina Allohumma sholli ngala sayyidina muhammad, Beliau manusia luar biasa yang sangat kita harapkan syafaat nya mulai didunia ini terlebih besok di hari akhir, amin amin amin ya robbal alamin


Hadirin, wal hadirot, kaum musmilin wal muslimat jamaah sholat idul fitri yang sama sama di muliakan oleh Allah....

 

Dengan derai air mata, rasa haru dan penuh ikhlas, kita telah sama sama melepas bulan suci Ramadhan tahun ini, bulan yang luhur dan mulia yang dipenuhi dengan ampunan dan karunia Allah. Bulan dimana terdapat berbagai kebajikan dan bulan penuh berkah ini telah sama sama kita lewati, semoga Allah panjangkan umur kita sampai berjumpa kembali pada Ramadhan tahun besok amin amin amin ya robbal alamin.....

 

Hadirin yang di rahmati Allah...

 

Hikmah yang terkandung dalam bulan suci Ramadhan banyak sekali, diantara nya adalah bulan ramadhan sebagai bulan ujian dan gemblengan. Kita diuji dan digembleng agar menjadi pribadi yang labih baik. Segala macam ujian hawa nafsu, ujian ke sabaran, gemblengan untuk senantiasa mengekang diri dari segala bentuk maksiat dan lain lain telah full kita laksanakan pada bulan ramadhan yang telah berlalu. 

 

Akankah kita menjadi pribadi yang lebih baik setelah melewati ujian dan gemblengan ramadhan tahun ini?

Apa yang menjadi tolak ukur keberhasilan setelah di gembleng di bulan Ramadhan ini?


Hadirin yang di rahmati  oleh Allah...

 

Setelah bulan Ramdhan lewat mari kita review kembali hasil gemblengan pada bulan suci yang telah lalu ini, agar kita tau tolak ukur keberhasilan yang telah kita dapatkan. Mari sama sama kita pertahankan berbagai bentuk amaliah kebajikan yang telah sama sama kita laksanakan pada bulan suci Ramadhan. Jangan sampai ada istilah "Ramadhan usai, kebaikan pun usai". 

 

Hadirin yang di rahmati Allah...

 

Mungkin kemaren saat bulan Ramadhan kita rajin tadarus Al Quran, mari setelah ramadhan ini tetap kita pertahan kan rutinitas tadarus ini, jangan sampai putus gara gara Ramadhan telah usai, karena ini lah tolak ukur keberhasilan didikan bulan ramadhan itu.

 

Mungkin kemaren saat bulan Ramadhan kita sering bersedekah ke masjid, fakir miskin dan anak yatim, mari amal kebaikan ini tetap kita laksanakan, karena ini lah tolak ukur keberhasilan didikan bulan ramadhan itu.

 

 Mungkin kemaren saat bulan Ramadhan kita sering sholat berjamaah di masjid dan musholla, mari ini tetap kita laksanakan, karena ini lah tolak ukur keberhasilan didikan bulan ramadhan itu.

 

Mungkin kemaren saat bulan Ramadhan kita sudah meninggalkan ghibah dan membuka aib orang lain, mari jangan kotori diri kita lagi dan prilaku ini setelah Ramadhan usai, karena ini lah tolak ukur keberhasilan didikan bulan ramadhan itu. Dan tentunya semua amal amal kebaikan yang lain yang kita laksanakan selama bulan ramdhan harus senantiasa kita jaga dan laksanakan, jangan sampai gara gara ramadhan usai amal kebaikan pun usai.... 


Mari kita tanamkan kuat dalam diri kita, bahwa bulan syawal ini harus lebih baik dari pada bulan syawal tahun kemaren. Ingat...umur kita belum tentu berjumpa dengan syawal tahun depan, jadi anggap ini adalah syawal terakhir kita, ingat ingat kebaikan apa yang kita laksanakan selama bulan ramadhan, dan mari kita tetap jaga dan laksanakan itu sehingga kita benar benar menjadi manusia yang sukses dalam menjalankan ujian dan gemblengan bulan suci ramadhan.

 

Hadirin, wal hadirot, kaum musmilin wal muslimat jamaah sholat idul fitri yang sama sama di muliakan oleh Allah....

 

Walaupun syawal ini kita masih masa pandemi virus corona namun jangan sampai itu menjadi alasan untuk tidak bersilaturrohmi dan sholat berjamaah. Tetap laksanakan rutinitas kebaikan seperti biasa namun tetap sesuai protokol kesehatan yang sudah berlaku. Mudah mudahan dengan barokah bulan ramdhan, tahun ini adalah akhir dari virus corona ini. Jadikan virus corona ini sebagai muhasabah diri atas apa apa yang telah kita laksanakan, sesuai ayat Al Quran yang berbunyi:

 
 Artinya :
"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)" (Surah Ar - Rum 30: 41).

Dari ayat di atas dapat kita artikan bahwa jadi kan lah virus corona sebagai pengingat atas dosa dosa yang telah manusia ciptakan dan jadi kan virus corona sebagai jalan kembali ingat kepada allah bagi yang merasa telah lali dan jauh dari Allah, semoga dengan ini semua kita senantiasa dalam lindungan Allah dan kita sama sama memohon dan berdoa semoga syawal ini hidup kita penuh keberkahan dan kemanfaatan dan kita dijauhkan dari segala macam balak dan penyakit
 

khutbah hari raya idul fitri

  

Khutbah ke 2 

khutbah idul fitri fresh

 

Demikian lah khutbah singkat idul fitri 2021 dengan judul hasil didikan bulan suci ramadhan, semoga bermanfaat bagi anda, salam dari kami admin pintu dunia.