Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanah Untuk Pot Terbaik

Akhir akhir ini, tepat nya awal 2020 - 2021 sedang trand dan viral tentang bunga. Hampir seluruh wilayah indonesia lagi demam yang namanya Bunga. Jika beberapa saat lalu viral bunga pakan lebah, sekarang viral bunga hias. Dulu ketika demam atau viral peternakan lebah sampai ada yang minta artikel tentang Bunga yang paling disukai lebah.


Nah sekarang 2020-2021 trend bunga hias dan bunga talas. Bahkan mungkin anda sudah familiar dengan bunga janda bolong? Yups walaupun itu hanya nama viral saja (bukan nama ilmiah asli) namun sudah sangat terkenal. 

 

Hampir semua jenis bunga saat ini digemari di indonesia terutama jenis talas atau jenis bunga daun dan  90 % masyarakat menanam bunga bunga tersebut dalam wadah pot, baik pot plastik maupun pot yang terbuat dari semen.



Nah, Mengacu pada hal di atas, sering sekali kita lihat masyarakat yang masih awam tentang tanah untuk pot terbaik ini. Masih sering bertanya- tanya dan ada beberapa yang mengirimi kami pesan untuk mebuat artikel tentang media terbaik bunga dalam pot.

 

Baiklah kami akan mengupas tuntas tentang Tanah terbaik untuk pot, simak ulasan kami dibawah ini.

 

Jadi, apa media paling baik dalam pot? bagaimana membuat campuran tanah dalam pot? Apa saja bahan bahan membuat pot bunga? Apa tanah yang paling baik untuk bunga dalam pot? Capuran pupuk untuk bunga dalam pot? Pupuk terbaik untuk bunga dalam pot? 

 

Semua pertanyaan di atas sangat sering ditanyakan oleh hampir semua pecinta bunga dalam pot. Baiklah semoga penjelasan singkat berdasarkan pengalaman salah satu sumber di bawah ini bisa memuaskan keingin tahuan anda.

Media tanah terbaik untuk pot berdasarkan pengalaman pak wardi (pekerja di toko bunga mekar sari), yang telah ia geluti pekerjaan di bidang ini kurang lebih 4 tahun sebagai berikut.

Bagi anda yang ingin menanam bunga dalam pot maka siapkan 4 hal di bawah ini :

1. Tanah yang subur

2. Sekam padi

3. Arang sekam

4. Air

 

Lalu bagaimana cara membuat Tanah Untuk Pot Terbaik? simak langkah nya dengan 4 bahan di atas:

Pertama : Siapkan media pot nya, pastikan pot ada lubang bawah nya untuk rembesan air agar tanaman tidak busuk. Pot bisa menggunakan ember atau jerigen bekas yang kita lobangi bawah nya.

 

Ke dua : Taburkan sekam pertama kali pada bagian bawah pot untuk pondasi dan pendingin sekitar 2 jari tangan. 

 

Ke tiga : Campurkan arang sekam (sekam yang sudah kita bakar) dengan tanah yang subur dengan perbandingan 50:50. Setelah campur merata, basahi dengan air kira kira basah dan pas buat tanaman. basah biasa saja, jangan terlalu basah.

 

 Ke empat :  Setelah poin 3 selesai lalu masuk kan ke dalam pot tadi, yang di telah kita kasih sekam kira kira 2 jari

 

Ke lima : Tanam tanaman atau bunga yang kita inginkan di media tersebut. Setelah kita tanam taburkan tipis sekam padi di atas nya sampai semua tanah tertutupi, tabur tipis saja. lalu siram dengan sedikit air. Tempat kan ditempat teduh dulu sampai kira kira akar terbentuk.

 

Terakhir : Siram pada pagi dan sore hari dengan siraman kecil, jangan basah.

 

Mudah bukan? Pertanyaan nya adalah mengapa media pot selalu pakai sekam pagi? karena selain sebagai pendingin dan media pupuk, jawaban yang paling tepat adalah karena ringan. Maka hampir 99% tukang bunga pasti kasih sekam, karena selain subur adalah mudah dibawa karena ringan. kalau tanah semua pasti berat di bawa bawa hehehehe.


Demikian lah sharing kami tentang cara membuat media pot terbaik versi tukang bunga, semoga bermanfaat, jika perlu anda revisi dan kolaborasi dengan ilmu yang anda miliki silahkan, semoga lebih mantap. salam hangat dari admin pintu dunia.