Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jumat Tentang Puasa Syawal

 Khutbah Jumat Tentang Fadilah Puasa Syawal

Khutbah pertama

Khutbah Jumat Tentang Puasa Syawal

Kaum muslimin sidang sholat jumat rahimakumullah,

Mengawali khutbah kali ini, khatib berwasiat khususnya kepada diri khatib pribadi dan umumnya buat para jamaah sekalian agar kita senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala, dengan sebenar benarnya takwa, yaitu dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. 

Kaum muslimin sidang sholat jumat rahimakumullah

Saat ini kita telah berada di bulan syawal, dimana sebelum nya kita telah selesai ber amaliyah di bulan ramadhan yang penuh barokah. satu bulan penuh kita di gembleng di bulan ramadhan. Satu bulan penuh kita menahan lapar dan haus pada siang hari dan menahan dari semua nafsu dan bujukan syaitan, Sehingga dengan gemblengan ramadhan itu diharapkan kita menjadi pribadi yang lebih bertaqwa kepada Allah Swt.

Kaum muslimin sidang sholat jumat rahimakumullah

Mari hasil gemblengan ramadhan itu pada bulan syawal ini kita lakukan lagi, yaitu menjalankan puasa sunah 6 hari di bulan syawal ini. Keutamaan puasa 6 hari di bulan syawal ini sungguh luar biasa. Meskipun amalan sunah namun ada fadilah yang luar biasa yang terakandung dalam puasa 6 hari di bulan syawal ini, sebagai mana dengan fatwa nabi besar Muhammad SAW,

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian mengikutinya dengan berpuasa 6 hari di bulan syawal, maka ia seperti puasa sepanjang tahun” (HR Muslim)

Dari hadist tersebut dapat kita pahami bahwa berpuasa 1 bulan penuh di bulan ramdhan dan berpuasa 6 hari di bulan syawal maka se akan akan kita telah berpuasa satu tahun penuh, ini adalah hal ibadah yang luar biasa. Sungguh sayang apabila moment berharga ini tidak kita manfaatkan, ingat hanya 6 hari saja kita puasa di bulan syawal ini dan ini menjadi peng genap puasa kita menjadi 1 tahun penuh.

Apakah mesti di awal bulan? 

Berpuasa di bulan syawal tidak mesti di awal bulan, boleh di tengah tengah bulan syawal bahkan boleh di akhir bulan syawal. Bahkan boleh tidak terus menerus, misal nya tanggal 5 syawal kita puasa, lalu 6 syawal tidak puasa mungkin karena kerja, lalu tanggal 10 syawal kita puasa lagi dan tanggal 11 syawal mungkin kita gak puasa karena ada kepentingan dll sampai genap total ada 6 hari kita puasa sunnah dibulan syawal ini.

Kaum muslimin sidang sholat jumat rahimakumullah

Tapi ada yang mesti kita pahami sama sama. Puasa 6 hari di bulan syawal meskipun fadilah dan ke utamaan nya luar biasa, namun ia tetaplah amalah sunah. Jadi apabila mungkin dari beberapa saudara saudara yang memiliki perkerjaan berat demi mencari nafkah anak istri dan tidak mampu melaksanakan puasa sunah syawal ini maka jangan lakukan.

Percayalah...setiap usaha yg dilakukan umat Muslim, setiap pekerjaan yg dilakukan oleh umat Muslim, demi mencari nafkah untuk keluarga nya, selama itu halal maka itu semua akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Khutbah ke dua 

Khutbah Jumat Tentang ke utamaan Puasa Syawal

 

hikmah puasa 6 hari di bulan syawal


Terimakasih telah membaca Khutbah Jumat Tentang Keutamaan Puasa Syawal, semoga bermanfaat. Contact admin untuk mendapatkan artikel yang anda sukai di web pintu dunia ini.