Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Patah Ekor Ikan Arwana

Cara mengatasi ikan arwana yang patah ekor terkadang membuat sebagian orang masih bingung dan takut. Pasal nya ikan arwana adalah salah satu jenis ikan yang lumayan mahal. Yang sering ditanyakan teman teman di group arwana adalah bagaimana mengatasi sirip arwana yang sobek. Juga cara cepat menumbuhkan ekor ikan arwana yang putus. Nah karena kebetulan beberapa bulan yang lalu ikan arwana golden red saya putus ekor nya jadi hari ini mari kita bahas tuntas tentang cara mengatasi ekor ikan arwana yang sobek atau putus.

Sebelum nya perlu kita ketahui bahwa arwana adalah salah satu jenis ikan yang super agresif dan buas. Ikan dengan gaya renang yang gemulai ini rela loncat tinggi demi menangkap mangsanya. Tidak heran jika 90% kematian ikan arwana adalah karena loncat keluar dari aquarium dari pada mati karena penyakit. Jadi tutup lah bagian atas aquarium agar hal ini tidak terjadi pada anda. 

Ikan arwana arwana sebenar nya adalah ikan yang sangat kuat di kondisi air apapun, bahkan air keruh juga kuat. Kelemahan ikan arwana adalah sirip dan ekor nya mudah patah jika menabrak sesuatu. 

Nah beberapa bulan yang lalu ikan arwana saya sobek sirip ekor nya karena waktu jadwal kuras aquarium dan waktu itu saya habiskan sampai ikan nya susah berenang karena saya mau ganti total air nya, akhir nya ikan nya ngamuk dan loncat loncat dan menabrak pompa air alhasil sirip ekor nya sobek. 

Setelah aquarium saya isi air lagi tapi lama kelamaan sobek nya makin besar dan naluri ikan nya pun ingin memutus kan yang sobek itu sendiri, ikan berenang sangat cepat dan berbelok sehingga pada akhir nya putus lah sirip ekor dengan sendiri nya. Artinya waktu sobek tidak saya tangani alias tidak saya operasi, murni putus sendiri. Ini juga akan saya jadi kan pengalaman apakah putus sirip ekor arwana tanpa di operasi berbahaya.

Sebelum putus ekor nya panjang dan lebar

Gambar di atas waktu ikan arwana saya sebelum putus ekor

usia 2,5 bulan sejak putus dan tumbuh meski kecil

Semenjak usia 2 bulan dah mulai tumbuh ekor yang putus itu, foto ini tepat usia 2.5 bulan sejak putus.

Sirip ekor mulai tumbuh usia 2,5 bulan

Jadi dari pengalaman saya pribadi bagaimana Cara mudah Mengatasi Patah Ekor Ikan Arwana ini? Oke saya berikan langkah paling mudah mengatasi ekor ikan arwana yang patah dari pengalaman saya.

Jika sirip ekor sudah robek sekitar 50%, maka agar lebih mudah dan cepat robek saja, atau biarkan robek sendiri. Pengalaman saya 2 hari akhir nya sirip ekor pun di putus sendiri sama ikan nya. Jangan khawatir ini tidak masalah.

Setelah ekor putus, maka buang bekas putus nya agar aquarium tidak bau dan kotor. Lalu air jangan di kuras dulu tapi kasih dengan antibiotik atau obat luka pada ikan, saya kasih obat "acriflavine plus". Hidupkan pompa air nya plus tambahkan dengan aerator/gelembung oksigen. Jadi ada 2 mesin yang jalan, yaitu mesin air dan aerator. Semua di hidupkan agar suplay oksigen melimpah dan ikan tidak stress.

Setelah di kasih obat tersebut maka air kan keruh dan kuning maka 3 hari kemudian air aquarium kita kuras bersih. Lalu isi lagi dengan air biasa dan 1 sendok garam dapur. (ukuran  aquarium100x50x50) dengan air setengah saja. Lalu jarak 12 jam masuk kan lagi obat ikan acriflavine plus dan biarkan selama 1 minggu. Ingat mesin tetep hidup 2 ya...pompa air plus aerator.

Setelah 1 minggu kuras bersih aquarium dan isi air biasa dan garam dapur 1 sendok lagi. Mesin tetap jalan 2 ya

Setiap 10 hari kuras air sampai 70 % dan isi lagi dengan air biasa dan kasih lagi garam dapur 1 sendok. Sampai 1 bulan kemudian baru aerator bisa kita matikan alias pakai pompa air saja.

Kunci nya adalah patah ekor ikan arwana itu biasa, janga panik. Lakukan sesuai langkah di atas dan kasih makanan bergizi tiap hari nya pagi dan sore. Saya biasa kasih ulat jerman. Pagi tak kasih 5 dan sore juga 5. Kasih kan satu per satu. Habis kasih lagi, habis kasih lagi, sampai 5.

Alhamdulilah dengan langkah di atas, Sesuai foto, usia 2,5 bulan ekor dah tumbuh bagus walau belum full 100 %. Mudah bukan cara mengatasi ekor yang patah pada arwana ini?

Jika anda ingin pakai perlakuan, maka bisa pakai langkah ke 2 seperti di bawah ini:

Cara mudah Mengatasi Ekor Ikan Arwana yang Patah : Bagian ke dua

Langkah ke 2 ini sama seperti langkah pertama namun setelah sirip ekor sobek maka ikan kita bius, tujuan nya adalah biar kita hilangkan sekalian dan kita rapikan bekas putus nya menggunakan gunting. 

Kalau langkah pertama di atas adalah biarka ikan nya sendiri yang memutus ekor tersebut. Paham?

Jadi biuslah ikan arwana terlebih dahulu menggunakan obat bius seperti Aquadine atau Ocean Free.

Tujuan dari pembiusan ini adalah membuat ikan menjadi pingsan sehingga lebih mudah diobati. 

Setelah ikan pingsan, maka letakkan ikan arwana yang sudah pingsan di atas meja lalu Guntinglah ekor ikan tersebut mengikuti garis yang sudah terputus. Gunting rapi rapi ya....

Setelah selesai dan rapi dan lurus, lantas ikan kita sadarkan kembali. Setelah itu, ikan tersebut dipindahkan ke akuarium khusus karantina. 

Apa beda nya dengan aquarium biasa? Sama saja namun pada aqurium karantina Keempat dinding akuarium ini ditutup plastik hitam agar ikan merasa tenang

Pada langkah ke 2 ini beda nya hanya kita operasi ikan nya, jadi setelah operasi harus kasih dinding gelap sisi aquarium nya agar ikan tenang.

Ingat masalah perlakukan sama ya...tetep pakai kuras, pakar garam dapur, pakai acriflavine plus dan tetep pakai 2 mesin ya. Paham?

Intinya langkah ke 2 ini hanya ekor kita putus manual pakai gunting saja, bukan putus sendiri. Paham?

Semua perlakukan sama. Cuman beda putus sendiri dan kita putus pakai operasi dan pembiusan. Oke mudah bukan? intinya putus ekor ikan arwana bukan hal yang berbahaya ya? meski ikan itu anda beli mahal mahal...hehehe biasa lah ekor putus..tumbuh kembali kok. aman saja.

Terimakasih telah membaca Cara Mengatasi Patah Ekor Ikan Arwana semoga bermanfaat bagi anda dan semoga ikan anda cepat sehat dan pulih seperti sedia kala.