Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kucing Yang Baru Datang

Cara Merawat Kucing Yang Baru Datang ini penting sekali untuk anda pahami bagi anda yang ingin adopsi kucing, apalagi kucing yang ingin di adopsi tersebut masih kecil dan rentan penyakit bahkan bisa bisa malah mati. Ingat cara merawat kucing persia yang baru di adopsi atau cara merawat kucing hias anggora yang baru di beli dengan cara merawat kucing kampung biasa jelas sekali jauh berbeda. Kucing kampung jelas lebih memiliki ketahanan tubuh yang lebih jika di banding dengan jenis kucing ras asli.

gambar kucing

 

Nah Agar anda tidak salah dalam cara perawatan yang tepat pada kucing hias maka anda perlu tau dulu ada berapa jenis kucing yang ada? Setelah anda paham baru anda tentukan jenis yang mana kucing yang sedang anda pelihara tersebut dan bagaimana cara perawatan yang tepat untuk kucing tersebut.

Jadi jenis-jenis kucing secara umum pada dasar nya hanya ada 3 jenis

1. Kucing domestik

Dari kata nya Domestik anda pasti paham jika kucing domestik adalah kucing yang asli lokal daerah tertentu. Kucing domestik adalah kucing lokal yang telah ada, misal nya di Indonesia kucing domestik adalah kucing yang sering kita sebut sebagai kucing kampung. 


2. Kucing ras (asli)

Kucing ras asli adalah jenis kucing bersertifikat yang lahir nya sesuai dengan ras asli nya. Beberapa kucing ras asli yang terkenal misal nya kucing maine coon, kucing Persia, dan anggora. Tentu jenis kucing ras asli ini akan jauh berbeda dengan kucing domestik atau kucing lokal kampung biasa.


3. Kucing Mixdome 

Kucing mixdome adalah kucing campuran. Nama nya saja mix, yang berarti campur. Jadi kucing mixdone adalah jenis kucing yang lahir dari campuran kucing yang berbeda asal muasal induk nya. Misal nya kucing persia jantan, kawin sama kucing kampung betina. Maka anak nya akan bernama kucing mixdome, yang artinya kucing campuran. Paham?Atau kucing persia kawin sama kucing anggora, anak nya juga tetap mixdome meskipun sama sama kucing ras induk nya. 

Jadi misal ada yang jual kucing mixdome, tanyakan dulu mixdome apa neh? Mix sama kampung atau mix sama sama ras. Karena harga adopsi nya jelas berbeda. paham?

Oke setelah anda paham jenis kucing mu mari kita bahas perawatan kucing yang baru datang atau baru di adopsi. mengapa ini penting?  Karena hewan kucing pada dasar nya sama dengan manusia, Sifat dan karakter kucing  juga berbeda-beda, biasanya berubah sesuai keadaan, apalgi ini baru pindah dari tempat yang biasa nya. Sama seperti anda yang baru datang ke tempat baru, tentu berbeda perlakuan, cara dan adat istiadat nya dengan tempat lama

Kucing yang baru di adopsi butuh perawatan ekstra pada minggu-minggu pertama pasca adopsi. Jika kucing merasa tidak nyaman di tempat baru, ia bisa mengalami stress, tidak kerasan bahkan kabur. Ingat kucing ketika stress bisa rontok bulu nya dan hanya suka bersembunyi di tempat yang gelap. Oleh karena itu, ikuti tips merawat kucing baru adopsi di bawah ini.

Berikut tips merawat kucing yang baru datang :

1. Saat baru datang,Kucing Jangan Langsung dimandikan walaupun kotor

Ini penting sobat, kucing yang datang itu kondisi nya capek, letih, lesu dan belum kenal dengan kondisi sekitar. Jadi jangan kucing yang datang itu langsung anda mandikan meskipun kotor, namun jika kotor karena kotoran/tai silahkan di lap lap saja sampai bersih. Karena jika ini anda mandikan bisa membuat kucing stres, tertekan bahkan sampai sakit. Kucing sama seperti kita, kadang juga mabuk perjalanan, apalagi anda adopsi kucing nya agak jauh. jadi biarkan kucing rilex dulu, kasih makan, mainan dll...baru setelah rilex anda bisa memandikan. Kucing yang baru datang bisa dimandikan paling cepat 2 hari, itu pun setelah kucing rilex ya...paham?

Memandikan kucing yang pertama kali pun lakukan secara berlahan, mungkin hari ini kepala nya aja dulu, atau kaki nya dulu, bertahap lah intinya. Jangan sampai kucing kaget. Taruh mainan-mainan kucing untuk membuatnya tetap nyaman saat dimandikan bertahap tersebut.

 

2. Wajib menyiapkan Mainan

Kucing yang baru datang kadang stres jadi pastikan Anda menyiapkan mainan kucing. Mainan tersebut bisa dijadikan media untuk membuatnya tenang dan nyaman berada ditempat baru tersebut. Beberapa mainan kucing yang paling baik yang direkomendasikan yaitu maenan bulu bulu, bola lonceng, hewan karet atau tikus-tikusan. Ketika tikus datang siapkan maenan ini agar si kecil nyaman.


3. Sediakan Garukan Kucing atau Scratching Post

Ini penting sekali anda siapkan selain mainan Anda juga harus menyediakan scratching post atau garukan kucing. Garukan Kucing sangat efektif untuk menciptakan lingkungan kucing yang nyaman. Kita tau bahwa kucing adalah hewan yang sering menggaruk garuk kan cakar nya. Kadang pada kursi, jok motor dan lain nya. scratching post Tidak hanya digunakan untuk mengasah kuku, alat tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan kuku hingga meregangkan tubuh kucing juga dapat menghilangkan kulit mati pada kuku kucing. Jika tak mau repot silahkan beli saja di online Scratching Post paling bagus untuk kucing gitu....pasti banyak yang jual.

 

4. Kasih makanan yg sesuai biasanya tapi jangan dipaksa

Kalau anda mencari tips cara perawatan kucing yang baru di adopsi di google biasanya pasti anda menemukan artikel yang mana salah satu nya adalah kasih makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. ini juga penting namun berdasarkan pengalaman kami ini tidak tepat bagi kucing yang baru kita adopsi.

Jika anda ingin adopsi kucing dari orang lain, hal paling penting yang harus anda tanyakan adalah makanan nya biasa nya apa? Jika bermerek, merek apa? ini wajib di tanyakan.

Ingat kucing yang baru pertama kali datang ketika mengenal makanan yang baru terkadang tidak suka, bukan soal gizi ini ya. Namun soal kebiasaan. Jadi langkah kasih makan kucing pertama kali datang adalah kasih kan makanan yang biasanya dulu, lalu lambat laun campur dengan makanan yang anda akan siapkan, tentunya gizi harus tinggi ya. Misal hari ini 90% pakan biasa 10% pakan yang mau di sedikan, besok nya jadi kan 80 20 besok nya jadi kan 50 50 gitu...bertahap intinya.

Hal penting juga adalah  Jangan Paksa Kucing Makan Saat baru tiba di tempat baru karena kucing cenderung kehilangan nafsu makan se habis perjalanan walau ini tidak terjadi pada semua kucing. Biasanya, perilaku kucing yang baru diadopsi menunjukkan respon yang berbeda-beda. Maka dari itu, tetap sediakan makanan+minuman di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu, biarkan saja dan jangan di paksa paksa makan. Wajar pertama masih kurang mau, maka nya pertama kasih dikit saja, habis kasih lagi.

 

5. Tempat Tidur yang Nyaman

Buatlah tempat tidur nya se nyaman mungkin. Kasih alat dari kain yang hangat atau anda bisa tambahkan kardus kecil yang di buat menyerupai rumah. Intinya pastikan hangat dan nyaman dan tidak berisik ya.

 

6. Kasih identitas misal kalung nama dan no HP

Untuk berjaga jaga jika kucing baru anda kabur maka kucing yang baru di adopsi bisa anda kasih kalung nama dan no HP anda. Siapa tau ada orang baik yang menemukan kucing itu dan mau mengembalikan. Ini juga penting ya karena terkadang orang mengambil kucing kabur karena tidak tau itu milik siapa.

 

7. Siapkan Kotak Pasir/Wadah untuk Membuang Kotoran

Jangan lupa siapkan kotak pasir/wadah yang lumayan besar untuk membuang kotoran kucing. Gunakan pasir terbaik yang memiliki daya serap yg tinggi. Letak kan kotak pasir di dekat tempat tidurnya. Hal ini berkaitan dengan karakter kucing baru yang tidak suka pergi jauh dari tempat tidurnya

 

8. Sering-sering di ajak main dan Membelai Kucing Adopsi

Point 8 ini adalah langkah penting yang harus Anda lakukan ketika mengadopsi kucing baru. Secara tidak langsung, kucing bisa merasakan kasih sayang dari pemilik barunya. Maka dari itu, sering-seringlah belai kucing adopsi untuk membuatnya nyaman. Ajak lah bermain main. Ajak berbicara dan belajar main melompat lompat. Anda bisa juga menggunakan mainan bulu bulu, atau bola kerincingan ataupun tongkat mainan kucing.

Aktivitas point 8 ini akan membuat kucing lebih nyaman dengan Anda. Pada dasar nya cara merawat kucing yg baru bukanlah hal yang sulit. Anda hanya memerlukan ketelatenan dan membuat kucing betah dengan lingkungan barunya.

 

Terimakasih telah membaca Cara Merawat Kucing Yang Baru Datang semoga kucing anda betah dan jadi teman bermain yang lucu ya sobat....