Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Ekonomi Kesejahteraan

Contoh Soal Ekonomi Kesejahteraan dan jawabannya di bawah ini kami berikan bagi anda yang sedang mencari contoh contoh soal ujian ekonomi kesejahteraan, semoga di masa pandemi covid 19 dimana semua serba online ini, contoh soal ujian ekonomi ini bisa membantu belajar anda.



1. Jelaskan apa itu barang public dan sertakan contohnya 

Jawab : barang public adalah barang yang dapat dinikmati bersama oleh semua orang dan tidak perlu membayar untuk menggunakannya, contohnya seperti jalan raya dan jembatan.

 

2. Coba anda paparkan dalam perprektif anda apa itu Ekonomi Kesejahteraa?

Jawab : Ekonomi kesejahteraan adalah ilmu yang membahas tentang bagaimana kegiatan ekonomi bisa berjalan secara optimal.  Ekonomi kesejahteraan juga harus memikirkan prinsip-pronsip keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat. Semua kegiatan ekonomi akan memberikan dampak positif terhadap pelaku ekonomi. Dan bisa juga ekonomi kesejahteraan adalah pembahasan yang tidak terlepas dari konteks ilmu sosial.

 

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan eksternalitas positif dan negatif?

Jawab : Eksternalitas positif adalah suatu dampak dalam aktivitas ekonomi yang memberikan manfaat kepada pihak lain, contohnya seperti aktivitas ekonomi pada objek wisata yang berpengaruh juga terhadap perekonomian masyarakat sekitar. 

Sedangkan eksternalitas negative adalah suatu dampak aktivitas ekonomi yang dapat merugikan pihak lain, contohnya aktivitas produksi pada pabrik yang menyebabkan polusi udara.

 

4. Paparkan yang anda ketahui tentang preferensi ekonomi sertakan contohnya ?

Jawab : preferensi ekonomi adalah mengacu pada kecenderungan untuk menyukai atau lebih menyukai sesuatu daripada alternatif lain nya. Contohnya seperti  Anda membeli iPhone daripada Galaxy Smartphones, berarti anda memiliki preferensi untuk iPhone. 

 

5. Apa pengertian dari kesejahteraan ?

Jawab : 

Menurut  Sunarti  (2012),  Kesejahteraan  adalah  suatu  tata kehidupan  dan  penghidupan  sosial,  material,  maupun  spiritual  yang  diliputi  rasa  keselamatan,  kesusilaan  dan  ketentraman  lahir  batin  yang  memungkinkan  setiap  warga  negara  untuk  mengadakan  usaha-usaha  pemenuhan  kebutuhan  jasmani,  rohani dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, rumah tangga serta masyarakat.  


6. Sebutkan indikator dari kesejahteraan?

Jawab : Indikator indikator kesejahteraan ada banyak sekali, di antara nya adalah:

(1) adanya kenaikan penghasilan  secara  kuantitatif;  (2)  adanya  kesehatan  keluarga  yang  lebih  baik  secara  kualitatif;  dan  (3)  adanya  investasi  ekonomis  keluarga  berupa  tabungan.

 

7. Sebutkan jenis jenis pendapatan keluarga dalam kaitannya dengan kesejahteraan?

Jawab : 

Pengertian dari Pendapatan keluarga adalah seluruh pendapatan dan penerimaan yang  diterima oleh seluruh anggota rumah tangga ekonomi. 

Adapun jenis jenis Pendapatan itu sendiri terdiri atas: 

a. Pendapatan yang di dapat dari  upah  atau  gaji,  yang  mencakup  upah  atau  gaji  yang  diterima  seluruh  rumah  tangga  ekonomi  yang  bekerja  sebagai  buruh  dan  imbalan  bagi  pekerjaan  yang  dilakukan  untuk  suatu  perusahaan  atau  majikan  atau  instansi  tersebut, baik uang maupun barang atau jasa. 

b. Pendapatan yang di dapat dari hasil usaha seluruh anggota rumah tangga yang berupa pendapatan  kotor,  yaitu  selisih  nilai  jual  barang  dan  jasa  yang  diproduksi dengan biaya produksinya.  

c. Pendapatan lainnya, yaitu pendapatan di  luar upah atau gaji yang menyangkut usaha dari : 

1. Perkiraan sewa rumah milik sendiri atau kios

2. Bunga, deviden atau royalti, sewa atau kontrak, gedung, bangunan, peralatan dan sebagainya;

3. Buah hasil usaha (hasil usaha sampingan yang dijual)

4.  Pensiunan dan klaim asuransi jiwa

5. Kiriman  famili  atau  pihak  lain  secara  rutin,  ikatan  dinas,  beasiswa,  dan  sebagainya.

Semua hal hal di atas termasuk ke dalam jenis pendapatan


Terimakasih telah membaca Contoh Soal Ekonomi Kesejahteraan semoga soal soal yang kami berikan bisa membantu belajar anda.