Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dosis Pupuk Borat Untuk Kelapa Sawit

Unsur boron atau borate meski dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh kelapa sawit namun ini sangat penting. Adapun Dosis Pupuk Borat Untuk Kelapa Sawit bervariasi sesuai dengan usia dan kebutuhan pada tanaman kelapa sawit itu sendiri. Pada dasar nya tumbuhan kelapa sawit membutuhkan hanya dalam jumlah kecil akan pupuk borat ini. Sehingga Dosis Pupuk Borat Untuk Kelapa Sawit juga hanya sedikit. Akan tetapi walaupun kelapa sawit hanya butuh dalam jumlah kecil pada unsur boron ini tetapi ini tidak bisa ditinggalkan, artinya ini sangat penting. 

 

 
Mengapa borat penting untuk kelapa sawit? karena jika kekurangan unsur boron ini maka tumbuhan kelapa sawit akan mengalami defesiensi akan boron ini. Defesiensi / kekurangan unsur boron ini di tandai dengan dengan munculnya daun daun yang keriting dan ujung anak daun melipat seperti mata pancing pada ujung nya dan daun menjadi kaku, dan rapuh. Ujung daun juga sebagian akan keriput dan tidak mulus. Anda bisa cek di bagian ujung daun ....

 Mengapa unsur boron penting untuk tumbuhan? dan mengapa jika kekurangan unsur boron ini hal seperti di atas bisa terjadi?  Karena borat atau boron adalah termasuk unsur hara esensial bagi tumbuhan, dan unsur hara esensial ini berperan dalam pertumbuhan akar, sintesis asam nukleat, pembentukan dinding sel, hormon tanaman, dan pembentukan karbohidrat dan protein. Jadi keberadaan nya sangatlah penting.

 

Fungsi yang lain dari pupuk borat juga menambah daya kerja dari populasi atau pun juga aktivitas dari mikro organisme yang terdapat dalam tanah, mengembangkan pertumbuhan dan juga produktivitas sebuah tanaman terutama buah pada kelapa sawit, sangat ramah lingkungan dan mampu menjaga kondisi dari tanah, air dan juga menjaga dari setiap zat-zat berbahaya dan yang paling penting adalah sebagai unsur boron yang penting bagi tumbuhan.

 

Juga pada tanaman kelapa sawit gejala  kekurangan  Boron  yang  parah  ditunjukkan  dengan  daun  bengkok  dan keriting, terjadi infertilitas buah sehingga tidak mampu membentuk  tandan buah, dan  translokasi fotosintat dari  daun  ke  buah  terganggu  yang  mengakibatkan penurunan  produksi.  Kekurangan  Boron  pada  kelapa  sawit  dapat  mempengaruhi pertumbuhan  dan  produksi  buah  kelapa  secara  tidak  langsung bahkan bisa menyebabkan sawit tidak bisa berbuah sama sekali. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah kecil namun dampak nya sungguh besar.


Dosis pupuk borat untuk kelapa sawit sekitar 50 sampai 120 gr per batang per tahun. Sebenar nya Dosis Pupuk Borat Untuk Kelapa Sawit ini juga berlaku kondisional, artinya jika memang kondisi parah bisa di berikan sampai 200 gr per barang per tahun, atau jika kondisi tanah berpasir dan rusak parah bisa sampai 300 gram per batang per tahun.

 

Sebagai petani anda harus paham unsur mikro, atau boron ini sangat penting termasuk jangan melupakan pupuk yang lain. Intinya jika anda ingin kelapa sawit anda berbuah maksimal dan subur, maka pemupukan harus tepat sesuai kebutuhan.

 

Pertanyaan yang sering ditanyakan petani adalah apa pupuk yang wajib bagi kelapa sawit

 

Oke sebenar nya pupuk wajib bagi tanaman sawit ada banyak. Tiap petani satu dengan yang lain nya terkadang berbeda. Pernah kami wawancara dengan petani, bahwa ia hanya memupuk kebun sawit nya dengan pupuk MOP dan Phonska saja, dan hasil nya bagus, dan masih banyak pengalaman pengalaman petani di lapangan lain nya. Bahkan ada yang cuman di kasih pupuk kandang sama MOP saja dan bagus juga.


Intinya bagus dan sempurna itu dua hal yang berbeda. Maka pupuk lah sawit tepat guna dan tepat manfaat. Maka dari itu dari sekian banyak pupuk kelapa sawit yang ada maka  yang wajib ada 5 yang harus anda siapkan. 

5 pupuk wajib kelapa sawit itu adalah :

  1.  Urea atau Za
  2. KCL atau MOP
  3. Kieserite atau Dolomite
  4. RP atau SP atau TSP
  5. Borate atau boron

 

Kelima jenis pupuk diatas ini harus di berikan pada tanaman kelapa sawit lengkap setiap tahunnya baru dikatakan sempurna. Bisa saja sebagian orang tidak memakai salah satu nya, atau bahkan hanya memakai 2 dari 5 pupuk wajib di atas, tapi tetap tidak akan sempurna. Paham?


Terimakasih telah membaca Dosis Pupuk Borat Untuk Kelapa Sawit semoga postingan ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda di web pintu dunia.