Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Internet Bagi Kaum Remaja

Makalah Internet Bagi Kaum Remaja ini kami sajikan karena beberapa minggu ini banyak permintaan dari teman teman group FB untuk kami membuat makalah sederhana tentang peranan internet bagi kaum remaja, dimana di dalam nya memuat dampak positif internet bagi kaum remaja sekaligus dampak negatif dari penggunaan internet untuk kaum remaja. Semoga makalah ini bermanfaat bagi anda.
 

 
 

Makalah Internet Bagi Kaum Remaja


BAB 1
PENDAHULUAN
 
 1.1 Latar Belakang
 
Zaman yang semakin maju membuat banyak sekali perubahan-perubahan yang signifikan terhadap perkembangan dan perubahan informasi di sekitar kita. 
 
Dulu informasi yang hanya disampaikan dari mulut ke mulut, kemudian lambat laun berkembang melalui surat atau teks dan saat ini informasi sudah bisa menyebar bagaikan wabah atau angin, karena sangat cepat nya. Penyebaran tercepat abad ini adalah melalui sesuatu yang bernama internet. 
 
Saat ini internet seakan akan adalah sebuah kebutuhan pokok. Hampir setiap individu di seluruh belahan dunia membutuhkan akan internet ini. Internet yang awal nya hanya bisa di akses di tempat tertentu dan melalui alat tertentu, misal nya computer perangkat keras, kini internet telah menjelma menjadi hal yang sangat mudah sekali. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan sedikit paket quota anda bisa mendapatkan informasi apapun di internet baik informasi positif bahkan yang negatif. 
 
Perkembangan Internet yang sangat pesat dan mudah digunakan baik anak-anak, kaum remaja hingga orang tua ini bisa memberikan sisi positif dan negatif tersendiri tergantung dari apa, siapa dan kemana di gunakan kemajuan teknologi ini. Internet yang mudah ini bisa di gunakan sebagai media informasi, mencari informasi, sebagai perkerjaan dan bahkan bisa menghasilkan uang atau parah nya juga bisa menyebabkan orang kehilangan akan uang. 
 
Mengacu kepada internet dan informasi, maka 90 % kaum remaja adalah sasaran yang sangat strategis akan internet ini. Mengingat kaum remaja adalah pengguna internet terbesar jika kita golongkan dari anak anak, remaja, dan orang tua. Jika tidak ada pengajaran sedini mungkin soal intenet ini, manfaat dan sisi negatif nya, di khawatir kan para remaja kita salah dalam membawa kemajuan zaman melalui media internet ini. 
 
1.2 Rumusan masalah
 
Dari latar belakang di atas maka kami rumuskan permasalahan nya yaitu : 
  1. Apa peranan Internet bagi kaum remaja 
  2. Apa dampak positif internet bagi kaum remaja 
  3. Apa dampak negatif internet bagi kaum remaja
 
1.3 Tujuan penulisan
 
  1. Untuk mengetahui peranan Internet bagi kaum remaja
  2. Untuk mengetahui dampak positif internet bagi kaum remaja
  3. Untuk mengetahui negatif internet bagi kaum remaja
 
1.4 Manfaat penulisan
 
Semoga dengan makalah internet bagi kaum remaja ini para pembaca semua bisa mengetahui manfaat positif dan dampak negatif internet bagi remaja dan bagaimana cara menggunakan media informasi yang di sajikan secara umum di internet ini
 
 
BAB II
PEMBAHASAN
 
A. Peranan internet bagi kaum remaja
 
Menurut kamus besar, pengertian Internet adalah singkatan dari Interconnected Network, yang maksud dari Interconnected Network adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Hubungan tersebut bisa intranet atau global dunia. Dengan adanya internet tersebut maka semua orang di manapun bisa terhubung selama memiliki jaringan internet, sehingga informasi pun juga demikian.

Menurut data dari (IWS), Internet World Stats pada tahun 2012 yang lalu dapat kiat ketahui penggunaan internet berjumlah 2,4 milyar, dan ini terus tumbuh setiap hari nya sampai hari ini. Dari data base IWS tersebut dari milayaran user pengguna internet itu orang dengan pengguna terbanyak internet berasal dari benua asia sebesar 44,8% atau sekitar 1,07 milyar orang. Menurut APJII jumlah user  internet di Indonesia tahun 2012 mencapai 24,23% atau 63 juta orang dari jumlah penduduk Indonesia. 
 
Kita semua tau bahwa internet memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat pengguna internet termasuk remaja pada umumnya khususnya di masa sekolah. Dengan adanya internet ini mereka dengan cepat bisa mendapatkan informasi, membuat jurnal, artikel, mencari bahan bahan untuk makalah dan lain sebagainya.
 
Dengan internet pula para remaja dan kaula muda lebih luas dalam bergaul.  Mereka menggunakan jaringan Sosial media untuk memperluas pergaulan nya. Facebook dan instagram adalah salah satu aplikasi yang saat ini paling banyak di gunakan.
 
Dengan internet juga saat ini kita, para remaja khusus nya bisa bersilaturrohmi dengan teman teman yang jauh, atau alumni sekolah misal nya. Dengan menggunakan aplikasi Whatsap para remaja kita bisa saling membuat group alumni sekolah bahkan melakukan panggilan video baik pribadi maupun conferensi. Dengan iinternet ini memungkinkan kita berkomunikasi jarak jauh, tanpa harus mendatangi orangnya. Bagi siswa dan mahasiswa bisa mengerjalan tugas di sekolah dengan mudah dan cepat. Dengan mengakses internet kita bisa lebih tahu tentang dunia, memudahkankan mencari informasi dan lebih mudah untuk memasarkan produk yang ingin dijual bahkan kita bisa menjual jasa apapun dengan melalui internet.
 
Saat ini internet bahkan telah masuk sampai ke pelosok desa. Hampir semua desa di indonesia saat ini telah masuk jaringan internet. Tidak hanya 3G namun sudah banyak yang 4G bahkan saat ini pun sudah rilis jaringan 5G yang tentunya jauh lebih cepat.
 

 
 
B. Dampak positif dan negatif ada nya internet bagi remaja
 
Dalam kehidupan sehari hari, para remaja pada khusus nya tidak pernah lepas dari smartphone. Suka tidak suka ini adalah sebuah perubahan zaman yang menuntut akan hal ini. Smartphone bagi remaja pada khusus nya adalah sebuah kebutuhan pokok dimana hampir semua aktivitas saat ini menggunakan smartphone, yang tentunya di dukung oleh jaringan internet.

Adapun dampak positif dari adanya internet sebenarnya ada banyak sekali, beberapa diantara nya yaitu :

1. Bentuk mengekspresikan diri

Banyak orang yang tidak memiliki kepercayaan diri di dunia nyata, namun tampil hebat di sosial media dan forum forum online. Internet telah menjelma menjadi sebuah teman sekaligus guru. Dari smartphone yang terhubung dengan jaringan internet, ada sebagian orang yang belajar dan mengekpresikan diri melalui media online. 

Banyak dari anak anak remaja kita yang mengikuti lomba pidato secara online, bahkan ada yang ikut teater monolog drama di youtube dan media lain nya, padahal jika secara nyata mereka mungkin tidak memiliki mental. Jadi internet bisa menjadi guru sekaligus sebagai ajang memperbaiki mental dan karakter secara bertahap melalui media media pendidikan dan kontes kontes atau perlombaan secara online.

2. Sebagai sumber mencari Informasi

Fungsi nternet bagi remaja, khusus nya pelajar yang pertama tentu saja untuk mencari segala informasi dan ilmu pengetahuan. Pada waktu proses belajar, pasti akan menemukan berbagai jenis tugas. Supaya pengerjaan tugas bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan bagus, Pasti setiap remaja yang memiliki internet akan browsing dan mencari beberapa referensi dan informasi. ini akan sangat membantu sekali.

Apalagi saat ini masih masa pandemi covid 19, hampir semua pembelajaran, ujian dan lain sebagai nya di lakukan secara online. Saat pandemi ini tentu peranan internet sangat besar lagi bagi para remaja, khusus nya yang masih usia sekolah.

Baca juga : Contoh soal ujian ekonomi syariah

3. Internet sebagai tempat belajar Baru

Kemajuan teknologi tidak hanya membuat kamu bisa mencari informasi, tapi juga mampu membuat internet sebagai tempat belajar baru. Ingin mencari tahu tentang topik-topik yang menarik sesuai dengan materi di sekolah atau kuliah? gampang, karena Internet adalah tempat paling tepat. Kamu tidak perlu menunggu topik tersebut diajarkan oleh guru atau dosen karena Kamu bisa langsung mencari tahu lebih dalam di internet dengan cepat. walaupun tidak mesti tepat 100% namun setidak nya kamu telah belajar kisi kisi atau minimal telah terbuka akan ilmu yang nanti nya akan di ajarkan.

4. Sebagai tempat paling Mudah Mencari Referensi

Kita pasti tau bahwa mesin pencari, google pada khusus nya menjadi salah satu teknologi penunjang yang sangat membantu kamu. Dengan memasukkan kata kunci tertentu di kolom pencarian, maka kamu sudah bisa mendapatkan informasi yang terkait atau relevan dengan cepat. Referensi kamu akan semakin luas seiring menelusuri mesin pencari lebih dalam.

Apapun yang kita cari tentu mbah google telah menghubungkan dengan ratusan bahkan jutaan informasi yang anda cari. Ketika anda sedang kuliah dan bingung ingin mengerjakan sekripsi tentang apa, maka anda cukup ketik kan saja di google Contoh skripsi, maka google pasti akan memberikan contoh contoh skripsi sesuai yang anda inginkan

5. Menunjang Proses Belajar mengajar

Proses belajar tidak selamanya harus di dalam kelas. Internet bisa menjadi penunjang proses belajar yang jauh lebih memberikan dampak besar. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti hari ini. Kamu bisa mencari, mendapatkan, dan menemukan informasi yang mungkin saja tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Internet memang menyimpan berbagai “harta karun” informasi yang terkadang membuat kamu menjadi lebih tertarik untuk belajar lebih dalam.

6. Mengoptimalkan Penggunaan Bahasa Asing dan pergaulan

Di dalam dunia maya, bahasa yang paling banyak digunakan adalah Inggris. Bagi kamu yang ingin menguasai bahasa Inggris lebih baik, maka internet menjadi tempat paling tepat. Dengan membiasakan diri untuk menggunakan bahasa asing tersebut di beragam website dengan membaca artikel serta menulis Inggris, maka kemampuan berbahasa asing kamu akan lebih lagi. Intinya adalah jangan pernah ragu untuk menggunakan bahasa Inggris karena kamu bisa merasakan manfaatnya.

7. Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Di tengah kondisi pandemi saat ini, keberadaan internet membawa berkah tersendiri. Kamu tidak perlu mengambil risiko untuk datang ke institusi pendidikan setiap hari karena sudah bisa belajar di rumah saja. Internet memang mampu menjadi sarana pendidikan jarak jauh yang ampuh. Tanpa internet, maka masa-masa seperti sekarang ini pasti menjadi lebih sulit untuk dijalankan.

 Selain dampak positif peranan internet bagi remaja di atas, tentunya dampak negatif juga tidak bisa terbantahkan.

 
 
BAB III
PENUTUP
 
A. KESIMPULAN
 
Dari uraian di atas maka dapat kami simpulkan bahwa internet sangat memiliki peran penting dalam tumbuh dan berkembang nya remaja. Para remaja sangat butuh dengan adanya internet guna menggali segala informasi dalam menghadapi kemajuan jaman saat ini. 
 
Akan tetapi perlu juga diberikan wawasan dan pemahaman dari sekolah sekolah akan dampak negatif ada nya internet ini sehingga para remaja yang menggunakan nya bisa berhati hati dan waspada serta paham akan segala dampak yang ditimbulkan dengan ada nya internet tersebut.
 
B. SARAN 
 
Kami berharap kepada orang tua khusus nya, para guru dan masyarakat pada umum nya untuk bisa memantau anak anak remaja kita dalam menggunakan internet. Jangan sampai berlebihan bahkan sampai berhari hari tidak terlepas dari smartphone nya. 
 
Mari sama sama menjaga para remaja kita untuk masa depan Indonesia yang lebih baik lagi.
 
DAFTAR PUSTAKA 
 
Wikipedia, internet untuk remaja, di akses pada tanggal 7/09/2021
 
Terimakasih telah membaca Makalah Internet Bagi Kaum Remaja semoga makalah ini bermanfaat bagi anda, silahkan share ke yang lain ya...