Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Penyebaran Islam Di Indonesia

 
Makalah masuk nya Islam Di Indonesia

 

Makalah Penyebaran Islam Di Indonesia ini kami buat dalam rangka tugas dari guru untuk mempelajari secara detail Sejarah awal masuk nya agama islam di Indonesia ini. Makalah sejarah awal penyebaran islam di indonesia ini mengupas secara detail siapa saja yang membawa islam masuk ke negara kita indonesia. Sampai saat ini siapa yang menyebarkan islam ke indonesia dan apa fakta sejarah masuknya islam ke indonesia pertama kali masih banyak menjadi perbedaan pendapat. Semoga dengan membaca makalah lengkap tentang Penyebaran Islam Di Indonesia ini pembaca semua bisa sedikit lebih paham tentang pola penyebaran islam di indonesia dan bisa menjadi referensi untuk bisa di kembangkan lebih dalam lagi.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Walaupun memiliki jumlah umat islam terbesar di dunia namun Indonesia merupakan salah satu negara yang sejarah masuknya Islam ke nusantara melalui jalan damai dan bukan melalui penaklukan atau penjajahan dengan tujuan agama.

Penyebaran islam di Indoneisa secara damai ini yakni melalui beberapa jalur penyebaran diantaranya adalah jalur perdagangan, jalur perkawinan, Jalur dakwah, dan jalur seni budaya. Dakwah yang dilakukan secara simpatik, pelan, ramah dan damai ini sehingga mampu dengan cepat agama Islam tersebar dan diterima oleh rakyat, penguasa hingga raja-raja di nusantara.

Sejarah awal masuknya ajaran Islam di Nusantara ini ada yang mengatakan sudah terjadi sejak abad ke-7 Masehi. Hal ini karena sejak awal abad Masehi, kaum pedagang asing sudah mengunjungi beberapa pelabuhan di Nusantara, seperti Sumatera Barat, Aceh, Barus, Palembang, Sunda Kelapa, hingga Gresik.

Memang sulit untuk bisa mengetahui secara pasti perkembangan awal agama Islam di Negara kepulauan ini (karena kurangnya sumber informasi dan literatur), namun cukup jelas bahwa perdagangan intenasional merupakan faktor yang sangat penting dalam sejarah awal masuk nya Islam ke Indonesia. 

Sejak awal para pedagang Muslim dari berbagai negara telah ada di wilayah maritim Asia Tenggara sejak periode awal Islam. Sumber-sumber paling awal telah melaporkan bahwa sejumlah penduduk asli telah masuk agama Islam sejak awal abad ke-13.

Pertama kali penyebaran Islam di Indonesia dimulai dari bagian Barat wilayah Indonesia. Hal ini bisa di buktikan dengan peninggalan sejarah penyebaran agama Islam, berupa tulisan di batu nisan dan sejumlah kesaksian peziarah. Batu nisan yang paling pertama terbaca pada batu nisan tersebut terdapat tulisan tahun 475 H atau 1082 M. 

Masuk nya Islam pertama kali dari wilayah barat ini juga di kuatkan dari Bukti laporan Marco Polo dalam perjalanan pulang dari China pada tahun 1292. Dari laporan tersebut menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia pertama yang memeluk agama Islam berasal dari Sumatera Barat.

Perkembangan dan penyebaran Islam di Indonesia memunculkan beberapa teori antara lain teori gujarat, Mekah, dan Persia dan ada juga teori lain tentang perkembangan awal Islam di Indonesia.

Secara umum, perkembangan Islam di Indonesia meliputi banyak hal, baik dalam agama maupun tradisi, juga adat istiadat dan budaya. Perubahan dan penyebaran ini terjadi setelah bangsa Indonesia bergaul dengan berbagai bangsa yang ditandai dengan terjalinnya hubungan dagang antara kawasan Nusantara dan tetangganya, baik di Asia Tenggara, Asia Selatan, maupun negeri Arab dan china.

Selain para pedagang yang murni berdagang tersebut ada juga para mubaligh yang datang bersama pedagang dengan misi penyebaran agamanya. Penyebaran Islam melalui dakwah ini berjalan dengan cara para ulama mendatangi masyarakat objek dakwah, dengan menggunakan pendekatan sosial budaya dan dari pendekatan hati ke hati secara ramah, santun dan tanpa adanya paksaan apalagi pemberontakan.

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah 

  1. Bagaimana sejarah penyebaran islam di Indonesia
  2. Bagaimana peran ulama dalam penyebaran agama islam di Indonesia
  3. Bagaimana kaitan perdagangan dan perekonomian dalam penyebaran agama islam di indonesia
  4. Bagaimana peran Muslim China dan gujarat dalam penyebaran agama islam di indonesia



BAB II

PEMBAHASAN

Sejarah awal penyebaran islam di Indonesia

Sejarah penyebaran islam di indonesia telah ada sejak mulai dari abad ke 7 melalui berbagai jalur terutama adalah jalur perdagangan. Bangsa bangsa asing sejak mulai abad ke 7 tercatat telah mulai mengunjungi beberapa pelabuhan di Nusantara, seperti Sumatera Barat, Aceh, Barus, Palembang, Sunda Kelapa, hingga Gresik.

Kemudian dari perdagangan tersebut banyak para saudagar mancanegara yang tinggal lama di indonesia. Pada pedagang pedagang tersebut rata rata adalah beragama Islam. Dari sudut ekonomi, para pedagang muslim memiliki status sosial yang lebih baik daripada kebanyakan pribumi, sehingga penduduk pribumi, terutama putri-putri bangsawan, tertarik untuk menjadi istri saudagar.

Maka Saat menikah dengan saudagar Islam, proses sebelumnya adalah memeluk agama Islam terlebih dahulu. Berawal dari situ, kemudian banyak kampung kampung, daerah-daerah, dan kerajaan-kerajaan muslim yang dikawini oleh keturunan bangsawan dan para saudagar saudagar muslim yang kaya. Dari sini lah muncul penyebaran agama islam secara tidak sengaja dan berlangsung terus menerus dari generai ke generasi.

 Perkawinan Banyak pedagang asing muslim yang menyambangi Indonesia ini kemudian memutuskan untuk menetap. Mereka mendirikan perkampungan orang Islam yang biasa disebut dengan istilah pekojan. Dari pekojan ini juga menimbulkan interaksi dengan warga lokal. Tidak sedikit pedagang asing muslim yang menikahi penduduk setempat. Orang lokal yang belum beragama Islam kemudian menjadi mualaf dan beranak-pinak hingga turun-temurun. 

Selain dari pada perdagangan dan pernikahan penyebaran islam juga sangat di pengaruhi oleh kesenian dan kebudayaan. Para saudagar muslim dan para mubaligh yang telah datang ke indonesia selain berdagang mereka juga membawa misi ke agamaan. Masyakarat indonesia yang awal nya beragama hindu buda, dan sebagian animisme atau kepercayaan ini mulai di dekati dengan seni dan budaya.

Kesenian Kebudayaan lokal ternyata dapat digunakan sebagai cara menyebarkan Islam di Nusantara. Para pendakwah Islam awal di Jawa, terutama para Wali Songo, melakukan syiar Islam dengan cara memadukan ajaran agama dan tradisi lokal yang ada, seperti seni musik, tari, sastra, ukir, hingga bangunan. Beberapa strategi berkesenian dalam penyebaran Islam di Jawa di antaranya adalah pertunjukan wayang yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga dan permainan musik oleh Sunan Bonang. Tak diragukan lagi bahwa Sunan Kalijaga adalah tokoh yang paling mahir dalam mementaskan wayang ini.
Dalam permainan wayang nya Sunan Kalijaga tidak pernah meminta upah pertunjukan, tetapi ia meminta para penonton untuk mengikutinya untuk mengucapkan kalimat syahadat.

Dalam pementaran wayang juga di sisipkan nilai nilai islami, yang mana sebagian besar cerita wayang masih dipetik dari cerita Mahabharata dan Ramayana, tetapi di dalam cerita itu disisipkan ajaran dan nama-nama pahlawan Islam. Kesenian-kesenian lain juga dijadikan alat Islamisasi, seperti sastra (hikayat, babad, dan sebagainya), seni bangunan, dan seni ukir.

Pengaruh perdagangan dan perekonomian dalam penyebaran agama islam di indonesia

Perdagangan nusantara adalah pondasi awal penyebaran agama islam di nusantara. Tanpa perdagangan maka tidak ada warga asing yang masuk ke indonesia pada awal nya. Dengan di dukung oleh negeri maritim yang cukup bagus maka indonesia adalah salah satu negara tujuan perdagangan internasional yang paling banyak di gemari.

Teori penyebaran islam lewat perdagangan ini juga didukung oleh TW. Arnold yang menyatakan bahwa pada masa itu Bangsa Arab merupakan bangsa yang dominan dalam perdagangan di nusantara. Kemudian karena lama nya mereke berdagang maka sebagian dari mereka menikah dengan warga pribumi dan berdakwah di nusantara menyebarkan agama islam.

Awal mula dari para pedagang tersebut ada para saudagar dari Gujarat yang datang dari Malaka kemudian menjalin relasi dengan orang-orang di wilayah barat di Indonesia kemudian setelah itu terbentuklah sebuah kerajaan Islam yang bernama kerajaan Samudra Pasai. Dari kerajaan islam tersebut lah islam kemudian menyebar luas di bumi indonesia.

Banyak bukti yang menguatkan teori Gujarat ini, salah satunya adalah makam Malik As-Saleh yang merupakan salah satu pendiri kerajaan Samudra Pasai. Mengapa makam malik as saleh ini lebih ke teori gujarat? Karena Corak dari batu nisan Malik As-Saleh sangat mirip dengan batu nisan yang ada di Gujarat. Bahkan makam salah satu wali songo yakni makam Maulana Malik Ibrahim juga memiliki batu nisan khas Gujarat seperti makam Malik As-Saleh ini

Salah satu cara masuknya Islam ke Indonesia adalah melalui perdagangan yang dilakukan oleh beberapa pedagang. Masuknya Islam ke Indonesia melalui perdagangan dimulai pada abad ke-7 M sampai abad ke-16 M.

Perdaganan internasional yang menyebabkan banyak nya mubalig yang datang ke indonesia ini telah tercatat sejak abad ke-7 hingga ke-16 M, membuat pedagang pedagang Muslim (Arab, Persia, dan India. china) turut ambil bagian dalam perdagangan dari negeri-negeri Barat, Tenggara, dan Timur Benua Asia.

Media islamisasi melalui perdagangan ini dinilai sangat menguntungkan karena para raja dan bangsawan turut serta dalam kegiatan perdagangan secara langsung.

Kemudian juga diyakini bahwa Islam masuk Sumatra pada abad ke-7 Masehi, Provinsi Aceh menurut catatan sejarah merupakan awal penyebaran agama Islam. Para pedagang yang beragama Islam dan mengemban misi dakwah datang dari Semenanjung Arabia dan singgah dalam perjalanan mereka ke Tiongkok.

Teori ini juga ada beberapa referensi sejarah menyebutkan Islam masuk melalui para pedagang Gujarat. Sejarawan Belanda, seperti Jan Pijnappel, Snouck Hurgronje, dan Jean Piere dalam catatannya juga menyebutkan penyebaran Islam di Indonesia berasal dari Gujarat (India) antara abad ke-7 hingga abad ke-13 M.

Peran ulama dalam penyebaran agama islam di Indonesia

Dari jalur perdagangan internasional yang telah terbentuk itu didalam nya terdapat para mubaligh atau ulamak ulama’ yang rela datang ke Indonesia demi syiar agama islam. Mereka datang berdama para pedagang pedagan internasional dari arab dan negara negara islam lain nya.

Di indonesia para ulama’ yang terkenal dalam penyebaran islam pertama kali adalah para wali songo. Wali songo atau sembilan wali yang memiliki andil yang cukup besar dalam penyebaran Islam di Indonesia ini lah awal dari islam mulai membumi di indonesia.

Para Wali Songo tersebut menyebarkan agama Islam dengan cara berdakwah secara santun, dan banyak menggunakan berbagai metode dan pendekatan sehingga islam masuk ke dalam hati masyarakat indonesia. Tidak hanya pendekatan secara verbal mereka para wali songo bahkan hingga menyelipkan ajaran-ajaran Islam dalam pertunjukan kebudayaan seperti pertunjukan wayang.

Siapa saja wali songo awal peyebaran agama islam ini? 

Kesembilan wali tersebut adalah seperti berikut:

  1. Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim), menyiarkan Islam di sekitar Gresik.
  2. Sunan Ampel (Raden Rahmat), menyiarkan Islam di Ampel, Surabaya, Jawa Timur.
  3. Sunan Drajat (Syarifudin), menyiarkan agama di sekitar Surabaya
  4. Sunan Bonang (Makdum Ibrahim), menyiarkan Islam di Tuban, Lasem, dan Rembang.
  5. Sunan Kalijaga (Raden Mas Said/Jaka Said), menyiarkan Islam di Jawa Tengah.
  6. Sunan Giri (Raden Paku), menyiarkan Islam di luar Jawa, yaitu Madura, Bawean, Nusa Tenggara, dan Maluku.
  7. Sunan Kudus (Jafar Sodiq), menyiarkan Islam di Kudus, Jawa Tengah.
  8. Sunan Muria (Raden Umar Said), menyiarkan Islam di lereng Gunung Muria, terletak antara Jepara dan Kudus, Jawa Tengah.
  9. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah), menyiarkan Islam di Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon.

Bagaimana peran Muslim China dalam penyebaran agama islam di indonesia

Jika kita membahas penyebaran islam di indonesia oleh muslim cina maka Teori cina sendiri merupakan teori yang menyebutkan bahwa ajaran agama Islam masuk ke Indonesia berasal dari Cina, agama Islam sendiri berkembang di Cina pada masa Dinasti Tang (618-905 Masehi). 

Dalam sejarah cina Islam masuk ke Cina sendiri dibawa oleh panglima Muslim yang bernama Saad bin Waqash yang berasal dari Madinah pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan. Bahkan salah satu kota di Cina pada masa itu yakni kota Kanton pernah menjadi pusat dakwah muslim di Cina.

Teori penyebaran islam oleh waga muslim cina ini juga di kuatkan menurut buku "Sejarah Indonesia Periode Islam" oleh Ricu Sidiq dan kawan-kawan, sejarah mencatat bahwa sejak awal Masehi, pedagang-pedagang dari India dan China sudah memiliki hubungan dagang dengan penduduk Indonesia.

Dalam buku Islam in Cina yang ditulis oleh Jean A. Berlie (2004) menyebutkan bahwa relasi antara orang-orang Islam dari Arab dengan orang-orang di Cina terjadi pada tahun 713 Masehi. Pada tahun tersebut banyak warga cina terutama para pedagang china yang telah masuk islam. Masuknya Islam ke nusantara juga diyakini bersamaan dengan banyaknya migrasi orang-orang Cina muslim ke Asia Tenggara terutama wilayah nusantara yang kebanyakan memasuki wilayah Sumatera bagian selatan pada tahun 879 Masehi atau abad ke-9 Masehi.

Bukti lain dari teori cina ini adalah banyaknya pendakwah yang berasal dari keturunan Cina yang mempunyai pengaruh sangat besar pada masa kerajaan Demak. Seperti kita ketahui, kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di pulau Jawa.

Banyak yang meyakini bahwa Islam masuk ke Indonesia pada tahun 700 Masehi atau pada abad ke-7, hal ini dikarenakan dari catatan Cina kuno menerangkan bahwa pada masa itu terdapat perkampungan Arab atau pemukiman Arab di daerah pesisir barat pulau Sumatera hingga ke sekitar selat Malaka.

Meski dari segala uraian di atas terdapat beberapa teori mengenai kedatangan agama Islam di Indonesia, banyak ahli percaya bahwa masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-7 berdasarkan Berita China pada zaman Dinasti Tang.



BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Dari pembahasan yang telah dilakukan maka dapat kami simpulkan bahwa:

  1. Islam masuk ke indonesia di mulai abad ke 7
  2. Masuk nya islam ke indonesia pertama kali melalui jalur perdagangan dan juga pernikahan.
  3. Para pedagang yang masuk ke indonesia yang terkenal salah satu nya adalah pedagang gujarat.
  4. Para ulama’ terkenal yang pertama menyebarkan agama islam di nusantara terkenal dengan istilah wali songo atau wali sembilan.
  5. Ada salah satu teori penyebaran islam di indonesia adalah dengan masuk nya pada pedagang muslim dari cina, hal ini pada zaman dinasti tang.

2. Saran

Kami sebagai penulis menyarankan kepada para pembaca semua bahwa teori teori masuk nya islam ke indonesia ini memiliki banyak perbedaan karena catatan catatan yang berbeda dan dari banyak sumber yang ada. Maka kami harapkan pada pembaca semua untuk tidak bosan nya mencari banyak referensi guna memperlengkap kazanah dan kajian tentang teori teori masuk nya islam ke indonesia ini.

DAFTAR PUSTAKA

yatim, badri Ma. 1993. Sejarah peradaban islam. Jakarta : Raja Grafindo

Sunanto, Musyrifah. 2005. Sejarah Peradaban Islam Indoensia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Terimakasih telah membaca Makalah Penyebaran Islam Di Indonesia, semoga makalah ini bisa bermanfaat. Jika anda membutuhkan makalah yang lain nya, atau arikel, jurnal, juga skripsi kami dari gudang makalah dan artikel gratis siap membantu, silahkan kontak no wa kami di bagian bawah web ini. Salam hormat