Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar HP Bisa Muat Aplikasi Banyak

Cara Agar HP Muat Aplikasi Banyak - Saat ini banyak yang mengeluh tentang kapasitas memori penyimpanan HP, hal itu sangatlah wajar karena memang sebagian HP sebenarnya tidak di buat khusus untuk menyimpan aplikasi besar seperti photoshop di komputer. Kebanyakan HP hanya fokus pada kamera dan performa saja. Ini demi harga yang terjangkau namun tetap bisa menjadi perangkat yang responsif.

Oleh karena itu saya mencoba mengumpulkan beberapa cara yang kemudian saya tuliskan pada postingan kali ini. Semoga membantu Kamu agar tetap bisa menggunakan banyak aplikasi di HP. Meskipun tidak seluas atau tidak sebanyak di komputer pada umumnya. Saya berharap setidaknya Kamu dapat memasang semua kategori aplikasi seperti chat, game, belanja, edukasi, dan dompet digital di HP. Oke langsung saja kita masuk ke cara agar HP muat aplikasi banyak, semoga bermanfaat.

Cara Supaya HP Bisa Muat Banyak Aplikasi

Rutin Menghapus Cache

Setiap software atau aplikasi sangat memerlukan cache, ini adalah sebuah file yang membantu pengguna agar dapat mengakses suatu aplikasi atau software dengan cepat. Dalam contoh kasus adalah ketika Kamu pertama kali berkunjung ke website pintudunia ini. Secara otomatis browser Kamu akan menerima file cache. Jadi ketika ingin berkunjung ke website ini lagi, browser Kamu tidak perlu mendownload ulang file websitenya ke server saya. Browser akan menggunakan cache (file yang di simpan oleh browser waktu berkunjung ke sini). Sehingga proses untuk mengaksesnya jadi lebih cepat. Dengan demikian semakin banyak website yang Kamu buka, maka akan semakin banyak cache-nya, yang juga berarti browser Kamu akan memiliki ukuran yang semakin besar.

Hal tersebut bukan hanya terjadi pada browser yang Kamu gunakan saat ini, tetapi juga pada aplikasi lain seperti facebook, galeri, dan sebagiannya. Oleh karena itu apabila Kamu ingin mempunyai kapasitas penyimpanan yang luas maka Kamu perlu membersihkan cache secara rutin. 

Bagaimana cara membersihkan cache di HP ini? Caranya sangat mudah, Kamu dapat masuk ke tab pengaturan HP > aplikasi > pilih aplikasi yang ingin di hapus cache-nya > klik bersihkan cache. Itulah yang pertama tentang cara agar hp muat aplikasi banyak.

Tidak Memasang Banyak Game Besar

Jika Kamu bukan seorang gamers sejati, saya sangat menyarankan Kamu untuk tidak memasang banyak game yang mempunyai ukuran berkas yang sangat besar. Beberapa game seperti Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan yang lainnya bisa lebih besar dari pada game tersebut. Jadi sebaiknya pikirkan untuk memilih game yang mana seharusnya di mainkan dan mana yang sudah waktunya untuk di hapus, terutama jika HP Kamu tidak memiliki penyimpanan yang luas.

Mencopot Aplikasi Yang Tidak Penting

Yang berikutnya adalah mencopot aplikasi yang tidak penting, ini tidak jauh berbeda seperti tidak memasang game berukuran besar. Sebelumnya mungkin saja Kamu masih menyukai gamenya namun Kamu harus sedikit memaksakan untuk mencopotnya, nah yang berikutnya ini adalah mencopot aplikasi yang benar-benar tidak ada gunanya saat ini untuk Kamu. Periksa aplikasi yang kiranya tidak Kamu buka sejak beberapa bulan terakhir, misalnya aplikasi sosial media yang Kamu sendiri tidak aktif di sana. Karena Kamu tidak aktif lagi, lebih baik pilih untuk menghapusnya, dari pada memori Kamu terpakai untuk sesuatu yang tidak di pakai. Jika bingung tetap copot saja, karena Kamu dapat memasangnya lagi di kemudian hari.

Menggunakan Aplikasi Lite

Kita ketahui bersama saat ini perkembangan teknologi tidak hanya terjadi pada perangkat keras seperti kamera dan memori. Tapi perkembangan tersebut juga terjadi pada perangkat lunak seperti aplikasi pesan dan game. Berkat perkembangan perangkat lunak tersebut telah menghadirkan beberapa terobosan baru untuk membantu banyak orang agar dapat menggunakan suatu aplikasi meskipun hanya memiliki spesifikasi perangkat yang rendah.

Salah satu contohnya adalah facebook, Kamu dapat menggunakan facebook hanya dengan memasang aplikasi lite mereka dengan ukuran berkas yang sangat kecil, yaitu 1mb. Ini sangat menghemat penyimpanan Kamu dari pada harus menggunakan aplikasi facebook biasanya yang berukuran 50mb lebih beserta messenger yang ukurannya sekitar 40mb. Saat ini bukan hanya facebook yang sudah merilis aplikasi versi lite, instagram dan tiktok juga sudah, Kamu dapat menggunakannya sekarang.

Nonaktifkan Fitur Download Media Otomatis di WhatsApp

Sebenarnya tidak semua media dari pesan whatsapp harus di simpan, Kamu bisa menyimpan beberapa media yang memang sekiranya cukup penting saja. Jadi jangan biarkan HP Kamu menyimpan media tidak berguna. Dengan demikian matikan saja fitur unduh otomatis untuk foto, video, audio, dan dokumen. Caranya gampang, buka whatsapp > klik ikon burger > pengaturan > penyimpan & data > hilangkan ceklis unduh otomatis. Dengan begitu kini Kamu dapat mengunduh media yang memang Kamu ingin unduh saja secara manual.

Simpan Media Hanya Di Memori Eksternal

Selanjutnya simpan media di memori eksternal, manfaatkanlah sd-card dengan baik. Percuma saja Kamu membeli HP yang bisa menggunakan memori eksternal terapi tidak Kamu gunakan. Simpan semua media seperti foto, musik, video, dan dokumen di penyimpanan eksternal. Dengan begitu memori internal akan tetap luas dan dapat menginstal aplikasi yang banyak. Bahkan beberapa HP saat ini sudah mendukung fitur penggabungan memori internal dengan memori eksternal. Jadi memori eksternal akan menjadi satu dengan memori internal dan dapat di gunakan layaknya memori internal umumnya untuk memasang aplikasi dan sebagiannya.

Beralih Ke Penyimpanan Cloud

Apakah Kamu pernah menjadikan penyimpanan cloud untuk menyimpan seluruh media Kamu? Jika belum maka waktunya beralih sekarang. Dengan hal tersebut kita dapat mengalihkan banyak file di HP ke suatu server di internet, misalnya Google Drive, DropBox, dan Mega. Bahkan ketika HP kita hilang, berkas yang ada cloud akan tetap ada. Jadi cloud bukan hanya sekedar penyimpanan biasa, ia juga melindungi kita dari kehilangan file.

Utamakan Streaming Dari Pada Mendownload

Selanjutnya utamakan streaming dari pada mendownload, emangnya kenapa? Karena dengan streaming file yang kita terima hanyalah sementara, kecil, dan akan terhapus otomatis dengan cepat. Berbeda dengan mendownload, file yang akan tersimpan secara permanen, berukuran besar, dan kita harus menghapusnya secara manual jika suatu hari nanti itu sudah tidak lagi di gunakan. Oleh karena itu ketika Kamu ingin menonton video atau mendengarkan lagu usahakan untuk tidak mendownloadnya, tetapi putar secara online. Misal nya jika kamu sedang membuka youtube dan memilih Konten youtube yg paling banyak diminati, maka cukup putar online saja, tak perlu di download. paham?

Menghapus Bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan dari suatu sistem operasi yang memang sengaja di sediakan oleh developer untuk memudahkan penggunanya. Coba periksa adakah aplikasi bloatware di HP Kamu? Kalo saya ada, yaitu aplikasi browser. Jadi di HP saya saat ini browser-nya ada dua, yaitu Google Chrome dan browser bawaan. Hal tersebut akan memakan banyak persediaan memori, karena terpasangnya lebih dari satu aplikasi sejenis dan salah satu darinya tidak di gunakan.

Saya hanya menyukai Google Chrome dan tidak ingin menggunakan browser bawaan. Tetapi sayangnya browser bawaan tidak dapat di copot begitu saja. Kita perlu memiliki akses root dan aplikasi pihak ketiga lainnya untuk dapat mencopot browser bawaan. Perlu di ketahui juga bahwa setiap HP akan berbeda. Ada yang memang semua pengguna memiliki hak untuk dapat menghapusnya, dan setiap HP juga terkadang memiliki bloatware yang berbeda.

Pasang Aplikasi Pembersih Otomatis

Yang terakhir cara agar hp muat aplikasi banyak adalah dengan memasang aplikasi pembersih otomatis. Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi pembersih otomatis yang dapat di gunakan secara gratis. HP Kamu dapat di bersihkan secara rutin berdasarkan waktu yang di tentukan secara otomatis. Bahkan beberapa di antaranya juga menyediakan fitur unggulan, misalnya game turbo, penyimpanan cloud, hingga keamanan advanced. Kamu bisa menjelajahi aplikasi tersebut di masing-masing store, temukan yang terbaik.

Dari semua Cara Agar HP Bisa Muat Aplikasi Banyak di atas, adakah yang perlu anda tambahkan? Silahkan cari di kolom pencarian web pintu dunia ini jika masih ada yang kurang menurut anda.