Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar HP Tidak Bisa Disadap Siapapun

Cara Agar HP Tidak Bisa Disadap - Saat ini jaman nya sudah sangat berkembang pesat. Era digital sungguh luar biasa berbahaya jika kita tidak bisa berhati hati. Karena kemajuan digital, kini privasi rasanya tidak lagi privasi. Segala aktivitas yang kita lakukan selalu saja ada jejaknya. Namun masalah itu saat ini sudah di toleransi banyak orang, karena sudah ada kebijakan tentang penggunaan data yang bersifat pribadi. Jadi sifatnya tidak memaksa, Kamu dapat menggunakan sesuatu secara anonim, sehingga data pribadi seperti nama, alamat, dan sebagiannya selalu aman.

Tapi ternyata ada cara paksa untuk mengetahui segala sesuatu tentang seseorang, yaitu dengan menyadap. Di mana hal tersebut adalah cara untuk mendapatkan informasi, baik itu teks, gambar, video, dan suara langsung dari HP yang di gunakan korban secara ilegal tentunya. Jadi bukan lagi soal jejak data di internet, ini adalah soal pembajakan dan peretasan yang di lakukan oleh orang profesional.

Ciri-ciri HP Disadap orang

Orang yang dapat menyadap HP dari jarak jauh biasanya di sebut hacker, ia akan memaksa untuk membongkar segala sesuatu yang ada di HP korban. Seperti yang saya bilang di atas, bukan hanya teks, tapi juga gambar dan video, jadi ini dapat di salah gunakan olehnya. 

Jika Kamu adalah salah satu korban penyadapan, maka kamu harus paham apa ciri ciri hp kita di sadap orang.

Sebelum kita bahas Cara Agar HP Tidak Bisa Disadap Siapapun kita bahas dulu ciri ciri jika hp sedang di sadap orang, seperti di bawah ini:

Terjadi Hal Aneh Saat Menelepon

Jika belakangan ini Kamu sering mengalami kejanggalan saat menelepon siapapun (bukan hanya pada satu orang), kemudian timbul suara bergema, tidak jelas, sangat bising, atau timbul suara-suara aneh yang tidak seharusnya itu merupakan tanda jika Kamu sedang di sadap. Tetapi terkadang hal tersebut juga dapat terjadi karena kerusakan hardware HP yang sedang di gunakan. maka jika timbul tersebut cek dengan cermat

Baterai Tidak Seperti Biasanya

Sebenarnya segala komponen elektronik memiliki masa, jadi bila baterainya sudah di gunakan dalam waktu lama (bertahun) maka saat ini kondisi baterainya pasti sudah tidak lagi baik atau sudah boros. Tapi beda lagi jika baterai Kamu yang biasanya normal tiba-tiba menjadi sangat boros, padahal penggunaannya sama saja. Jadi jika kemarin baterai tahan hingga 8 jam untuk chating, lalu hari ini hanya 4 jam untuk melakukan hal yang sama seperti kemarin, ini adalah tanda buat Kamu bahwa hari ini ada aktivitas yang tidak wajar pada HP Kamu. Cek dengan cermat, jangan sampai ada aplikasi lain yang berjalan tanpa kamu tau.

Pesan Terbaca Dengan Sendirinya

Sebenarnya ini mungkin saja di lakukan oleh orang yang tinggal serumah dengan Kamu, mungkin saja anak dan orang tua. Hal itu sangat mungkin terjadi, terutama jika Kamu memang membolehkan keluarga di rumah untuk menggunakan HP Kamu. Mungkin mereka tidak sengaja klik notifikasi yang muncul secara tiba-tiba, sehingga pesan yang Kamu terima sudah di baca padahal Kamu belum membacanya. Tapi apabila pesan terbaca sendiri ketika keluarga tidak ada yang menggunakan HP Kamu, bisa jadi ini penyadapan yang di lakukan oleh orang di luar rumah Kamu.

Maka saat nya kamu me riset HP mu dan ganti semua pasword sosmed dan logout dari semua perangkat yang ada. 

Kuota Internet Cepat Habis

Ciri berikutnya adalah kuota internet cepat habis, bahkan dua kali lipat dari biasanya. Seolah-olah data yang Kamu kirim tidak hanya terkirim kepada orang yang Kamu tuju, tetapi juga Kamu kirim ke pelaku penyadapan. Begitupun ketika saat menerima data, seolah data yang Kamu terima juga di terima oleh orang selain Kamu. Sehingga penggunaan kuota internet akan sangat banyak dan tidak wajar.

Namun ini mungkin tidak termasuk jika Kamu mengaktifkan mode pembaruan otomatis pada aplikasi maupun sistem operasi. Jadi hal ini perlu kamu perhatikan dengan cermat.

Ada Aplikasi Yang Terpasang Sendiri

Memang ketika kita memperbarui sistem operasi terkadang ada aplikasi baru di HP kita. Hal ini terjadi karena developer-nya sengaja memberikan tambahan aplikasi pada sistem operasi terbarunya, dan itu sangat wajar. Namun apabila ada sebuah aplikasi terpasang dengan sendirinya, meski Kamu tidak memperbarui sistem operasi dan tidak melalukan apapun, ini tanda adanya penyadapan. Maka segera hapus aplikasi tersebut. Matikan data, dan restar HP. 

Hapus juga aplikasi yang aneh atau tidak kamu gunakan...karena untuk apa ada aplikasi jika tidak di pakai. paham?

Nah setelah anda paham ciri ciri jika HP mu di sadap orang maka mari kita bahas sesuai judul di atas.

Cara Agar HP Tidak Bisa Disadap orang

Lalu bagaimana cara agar hp tidak bisa disadap oleh siapapun? Oke di sini saya akan berbagi tips yang di lakukan orang pada umumnya untuk mencegah penyadapan. Bahkan ini juga saya terapkan untuk HP saya, sudah bertahun-tahun saya menggunakan satu HP dan tidak pernah ada indikasi penyadapan berkat cara yang akan di bahas kali. Silakan di simak, semoga bermanfaat.

Gunakan Password Berlapis

Langkah awal yang saya lakukan adalah dengan menggunakan password berlapis, dan setiap lapisannya juga memiliki password yang berbeda. Di lapisan pertama saya adalah kunci layar, pola / pin / atau kata sandi untuk mengakses menu utama di HP. Kemudian lapisan kedua yaitu memberikan password untuk membuka aplikasi tertentu, dan di bagian ini password-nya berbeda dengan yang layar / menu utama. Untuk aplikasi penting seperti chating, bank / dompet digital, dan aplikasi belanja saya tambahkan juga metode verifikasi wajah.

Matikan GPS dan Bluetooth Jika Sudah Tidak Digunakan

Saya selalu membiasakan untuk menggunakan GPS hanya ketika menggunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps, saat sudah tidak menggunakannya lagi maka GPS akan saya matikan. Begitupun juga bluetooth, saya akan mengaktifkannya hanya ketika mentransfer berkas. Dengan demikian privasi dan keamanan akan terjaga, bahkan juga dapat menghemat baterai.

Kenali Jenis Penipuan

Saat ini sudah banyak kasus penipuan terjadi, sangat bergaram juga cara penipu untuk mengelabui kita. Berkat data masyarakat yang bocor di website besar, kini telah menjadikan hal tersebut sebagai ladang penipu untuk dapat menghubungi kita. Data yang bocor tersebut berisi nomor telepon, nama, tempat tinggal, email, hingga username untuk login ke website atau aplikasi tertentu.

Dari sana penipu bisa menghubungi kita, entah dengan apa caranya nanti ia akan meminta kita sebuah kode verifikasi, nah kode verifikasi tersebut adalah sebuah syarat untuk penipu dapat menggunakan akun kita. Jadi ketika ada seseorang meminta sebuah kode verifikasi, jangan pernah untuk memberikannya. Ketika mereka dapat kode verifikasi berarti mereka dapat mengakses akun kita, biasanya kita akan di iming-iming dengan sebuah hadiah agar kita mengirim kode verifikasi kepadanya.

Tidak Pasang Aplikasi Sembarangan

Berikutnya saya selalu menghindari untuk memasang aplikasi sembarangan, karena saya pengguna android maka saya hanya memang aplikasi melalui google play store saja. Dari pada harus mengunduh di website lain, lalu memasang aplikasi manual dengan berkas apk, saya memilih lebih baik untuk tidak memasangnya.

Karena saya tidak akan pernah mengetahui apa isi kode atau script di dalamnya yang mungkin saja dapat membahayakan saya dan HP saya. Jadi pasanglah aplikasi di sumber terpercaya saja, misalnya di google play store untuk pengguna android, karena di sana ada fitur play protect yang dapat mencegah Kamu untuk memasang aplikasi berbahaya.

Matikan Jaringan Sebelum Tidur

Dengan mematikan jaringan saat ingin tidur, ini akan membuat HP kita tidak dapat di sadap saat ketika kita terlelap. Para pelaku tidak akan punya akses menuju HP kita, karena tidak terhubung ke jaringan manapun. Bahkan dengan mematikan jaringan sebelum tidur dapat membantu kita agar tidur dengan nyenyak, tidak ada suara yang dapat mengganggu, hingga terhindar dari radiasi.

Hindari Akun Login Di Banyak Perangkat

Beberapa akun yang Kamu gunakan di perangkat lain tidak dapat keluar / log-out dengan sendirinya. Jadi saat Kamu selesai untuk mengakses akun di perangkat lain, segeralah untuk log-out / keluarkan akun dari perangkat tersebut. Dalam contoh kasus adalah saat kita login Facebook di komputer.Orang yang menggunakan komputer tersebut dapat memakai Facebook kita kapan saja, sampai kita mengeluarkannya.

Minta Bantuan Provider Jaringan

Provider jaringan seharusnya bisa menolong untuk mencegah penyadapan, terutama yang terjadi di dalam jaringan mereka. Apabila ada indikasi penyadapan silakan hubungi masing-masing provider yang di gunakan, saya harap ini bisa menolong. Tetapi Kamu harus mengerti tentang rating provider Kamu seperti apa, jangan terlalu berharap dengan provider yang ratingnya rendah.

Pastikan Perangkat Kamu Pribadi Sepenuhnya

Sebisa mungkin jangan pernah menjual HP yang Kamu gunakan, karena bisa saja ada beberapa akun yang masih login di browser, aplikasi, ataupun game. Sehingga pengguna HP Kamu selanjutnya dapat menggunakan akun yang masih ada di sana. Seolah-olah bahwa ia adalah pemilik akun aslinya dan salah dalam menggunakannya.

Contoh kasus bisa Kamu coba pasang game Mobile Legends, login dan mainkan, setelah itu copot / uninstall game tersebut. Jika sudah, pasang / install kembali Mobile Legends, pasti secara otomatis Kamu akan login sendirinya ke akun yang pernah di gunakan sebelumnya. Jadi tidak tereset / tidak dari awal.

Hal itu terjadi karena beberapa aplikasi menggunakan pencatatan device ID untuk login ke aplikasinya. Jika device ID-nya tidak berubah, maka akun aplikasi di perangkatnya juga tidak berubah. Meskipun aplikasinya sudah pernah di copot sebelumnya. Ini adalah pengalaman saya, bukan hanya Mobile Legends, tetapi juga PUBG Mobile. Ada juga misal HP mu terkait gmail penting, yang ternyata ada akun youtube nya juga, maka akan sangat bahaya jika kamu jual HP itu. Kecuali mungkin HP nya telah kamu instal ulang dan sudah login dengan akun yang lain.

Pasang Aplikasi Keamanan

Yang terakhir adalah menggunakan aplikasi keamanan, saat ini sudah tersedia sangat banyak. Kamu bebas untuk memilih yang mana, yang terpenting pilihlah aplikasi yang tidak hanya melindungi Kamu dari virus. Tetapi juga dapat mencegah HP dari penyadapan. Beberapa jenis HP sudah memiliki aplikasi keamanan bawaan, saya rasa itu lebih cocok untuk HP Kamu. Namun untuk versi bawaan hanyalah sebuah standar, mungkin Kamu perlu dari pihak ketiga untuk versi advanced.