Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Tempat Muncul Di Google Maps

Cara Agar Tempat Usaha Muncul Di Google Maps - Setiap orang pasti menginginkan tempat usahanya dapat di temukan dengan mudah, salah satunya bisa di cari melalui Google Maps dan Google Penelusuran. Tetapi untuk membuatnya menjadi seperti itu membutuhkan proses yang cukup panjang, Anda bisa mengikuti cara di halaman ini dengan langkah-langkah yang mudah lengkap dengan gambar ilustrasi.

Sebelum memulai, Anda harus mengetahui terlebih dahulu asal usul bagaimana tempat usaha bisa tampil di Google Maps, bahkan juga di Google Penelusuran. Bersama Google BisnisKu tempat bisnis Anda dapat tampil di Maps dan Penelusuran Google lengkap dengan deskripsi, foto, sampai dengan daftar produk.

Jadi saya disini tidak hanya memberitahukan Anda bagaimana cara agar tempat usaha Anda muncul di Google Maps saja, tetapi juga muncul di Google Penelusuran lengkap dengan fitur-fitur bisnisnya yang di sediakan oleh Google BisnisKu. Bahkan Anda akan menjadi pemilik terverifikasi di Google.

Cara Agar Tempat Usaha Muncul di Google Maps dan Terverifikasi

Google BisnisKu adalah layanan gratis dari Google untuk siapa saja agar dapat mempromosikan profil bisnis dan situs bisnis di mesin pencari Google dan Google maps. Dengan layanan tersebut kita dapat melihat dan menjangkau banyak orang, membagikan pembaruan, sampai dengan melihat interaksi pelanggan kepada bisnis kita.

Karena Google BisnisKu berbagai bisnis dapat berkembang dengan mudah, orang-orang dapat menemukan bisnis kita di Google penelusuran maupun Google maps dengan mengetikan kata kunci tertentu yang sesuai dengan bisnis kita. Di bawah ini adalah cara mendaftarnya, silakan di simak.

1. Buka halaman Google BisnisKu, kemudian login dengan akun Google atau Gmail.

Anda bisa mendaftar menggunakan akun pribadi maupun akun usaha Anda, ini sama saja.

2. Masukkan nama bisnis Anda dengan benar.

Sedikit tips dari saya, tambahkan kategori toko Anda di bagian depan, setelah itu baru nama usaha di belakangnya, contoh: Jasa pembuatan makalah gratis - Pintu dunia

3. Pilih kategori bisnis sesuai dengan jenisnya.

Anda harus benar-benar memilihnya dengan tepat, jika tidak tempat usaha Anda mungkin akan tampil di daftar kata kunci yang salah dan tidak relevan, hal tersebut dapat membuat akun Anda tidak mendapat interaksi.

4. Jika ingin tempat usaha tampil di Google Maps dan Penelusuran maka pilih Ya.

Ini adalah bagian utama yang banyak orang inginkan, jika Anda ingin menampilkannya maka pastikan Anda memilih Ya dalam proses ini.

5. Isi alamat bisnis dengan lengkap dan benar.

Untuk Anda yang memiliki tempat fisik pastikan alamatnya benar-benar sesuai, jika penunjuk arah di Google Maps sedang terganggu maka alamat yang Anda tulis dapat menjadi alternatif selanjutnya.

6. Sesuaikan penanda ke posisi yang seharusnya (tempat bisnis berada).

Ada beberapa orang yang sering lupa untuk menggeser kembali penanda di peta ke lokasi yang seharusnya, Anda harus menggesernya ke tempat yang sesuai dan se-akurat mungkin.

7. Jika bisnis Anda melayani pelanggan dari luar tempat bisnis maka pilih Ya.

Ini sangat penting, jika Anda melayani pesanan ke area seluruh bagian kota Anda atau bahkan seluruh Indonesia maka pilih Ya. Kemudian tambah areanya (opsional) / area dimana saja Anda dapat beroperasi, jika tidak maka ke langkah berikutnya.

8. Masukkan detail kontak bisnis dan alamat situs jika ada.

Masukkan kontak yang selalu dapat dihubungi kapanpun dan di manapun, jika usaha Anda mempunyai situs maka Anda bisa memasukkannya di sana, Anda juga bisa membuat situs gratis sederhana dari Google BisnisKu jika belum punya.

9. Pilih Ya untuk mendapatkan rekomendasi, informasi dan tips dari Google, ini akan bermanfaat.

Jangan Anda pikir bahwa ini tidak penting, segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi akan sangat cepat berkembang dan Anda harus terus mengetahuinya.

10. Pilih cara verifikasi, biasanya hanya tersedia menggunakan surat.

Silakan masukkan nama penerima suratnya.

11. Anda akan menerima surat setidaknya dalam waktu 4 hari, pastikan alamat, kontak, dan nama sudah sepenuhnya benar.

Setelah itu tekan tombol lanjutkan untuk ke langkah berikutnya.

12. Selanjutnya lengkapi profil bisnis Anda, masukkan kategorinya lebih mendetail.

Sebenarnya tidak terlalu mendetail juga tidak apa-apa, Anda tetap bisa melanjutkan dengan kategori yang sudah Anda buat sebelumnya.

13. Beritahu jam operasional bisnis Anda dengan benar, sesuai dengan aslinya.

Jangan sampai membohongi calon pelanggan seperti bisnis-bisnis jahat, jika tutup waktu sore maka jangan menampilkan buka 24 jam

14. Tambahkan fitur pesan untuk bisnis Anda, ini akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi usaha Anda.

Ketika email lambat untuk membalas dan telepon sedang sibuk maka fitur pesanlah yang akan menolong usaha Anda untuk tetap bisa berinteraksi dengan pelanggan.

15. Ketik deskripsi secara lengkap, singkat, dan padat (maksimal hingga 750 karakter).

Sebenarnya tidak perlu menulisnya hingga batas maksimal / 750 karakter, Anda bisa menulis secukupnya asalkan telah menjelaskan semuanya.

16. Unggah foto tentang bisnis Anda seperti bangunan, produk, dan sebagiannya.

Foto-foto ketika pegawai sedang bekerja juga dapat di tampilkan di profil Bisnis Anda, ini akan tampil di Google. Pastikan unggah foto-foto terbaik agar orang-orang tertarik.

17. Jika ingin beriklan di Google, Anda bisa menyiapkannya dari sekarang, jika tidak maka klik lewati.

Jika tempat usaha Anda masih baru, saya sarankan Anda untuk beriklan hingga tempat Anda telah mendapatkan banyak review.

18. Setelah profil sudah hampir siap klik lanjutkan dan Anda akan dialihkan ke halaman dashboard.

Sampai disini Anda hanya perlu menunggu surat verifikasi sampai ke alamat Anda.

19. Saat sudah menerima surat verifikasi, kini saatnya membuka kembali dashboard, kemudian klik verifikasi yang berada di tab menu pojok kiri.

20. Yang terakhir masukkan kode yang terlampir pada surat verifikasinya, silakan masukkan kodenya dengan benar, jangan sampai salah.

Ketika selsai memverifikasi akun maka kini telah membuka fitur yang terkunci sebelumnya dan profil akan segera tampil di hasil penelusuran. Apabila ingin mengedit atau mengubah informasi kini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Selain itu memasukkan katalog produk di akun profil, beri foto, nama, deskripsi, dan harga dari setiap katalog yang akan dibuat. Langkah terakhir dianjurkan untuk terus mengupdate postingan profil, setiap postingan akan tampil di Google untuk dapat diketahui oleh calon pelanggan.

Demikian lah Cara Agar Tempat Muncul Di Google Maps terutama Cara Agar Tempat usaha Muncul Di Google bisnisku Maps semoga bermanfaat.