Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susunan Istighosah Pesantren

Bacaan Istighosah versi Pesantren ini adalah apa yang telah biasanya diamalkan di Pondok Pesantren dan juga biasa diamalkan di majelis majelis zikir. Sebenar nya Susunan Istighosah lengkap ala Pesantren ini hampir mirip dengan Bacaan Istighosah lengkap dengan doa yang seperti yang biasa diamalkan oleh sebagian besar orang pada umum nya. Bacaan Istighosah NU lebih familier dan terkenal di lapisan masyarakat sebenar nya, karena istighosah ini pada dasarnya hanya orang orang Nahdhotul Ulama' (NU) yang mengamalkan nya.

Perlu kami jelaskan juga bahwa Susunan lengkap Istighosah ala Pesantren di bawah ini juga merupakan Kitab atau buku Istighosah yang selalu diamalkan dan dijadikan amalan rutin sebagai kegiatan bulanan oleh salah satu perguruan Silat di Indonesia. 

Salah satu perguruan silat di indonesia yang selalu rutin tiap bulannya melakukan amaliah kegiatan Istighosah dengan Panduan Buku Susunan Istighosah Pesantren seperti di bawah ini adalah Perguruan ilmu seni bela diri pencak silat Bintang Surya Cabang Jambi, yang beralamat di Desa Tambang Emas, Kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Perguruan silat BS ini rutin mengamalkan amaliah Istighosah ini setiap bulan nya.

Oke sekarang sebelum kita ke Istighosah lengkap nya mari kita tau dulu apa pengertian Istighosah ini?

 

Pengertian Istighosah secara sederhana adalah meminta pertolongan kepada Allah lewat doa doa dan amaliah yang sudah mashur di baca oleh para ulama' dan para salafus shalih. Lafad Istighosah sebenar nya bisa apa saja asal yang memiliki arti baik dan ungkapan doa kepada Allah Swt. Para kiai NU, para santri dan lapisan masyarakat biasanya melakukan Istighosah  ini dengan lafad lafad yang telah turun temurun dari pada ulama' sebelum nya yang mana semua lafad tersebut bermakna baik dan sanjungan kepada Sang Pemilik alam ini.

Nah pada postingan ini saya akan berbagi bacaan Istighosah versi Pesantren, yang mana Susunan Istighosah Pesantren ini mungkin ada sedikit tambahan dari susunan Istighosah yang biasanya. Jika memungkinkan Anda juga bisa menambahkan doa doa dan lafad yang lain pada Istighosah yang ada selama itu baik dan mengagungkan Allah. Karena Istighosah adalah amalan sunah yang berisi doa kepada ALlah yang harus selalu kita lestarikan.

Berikut adalah Susunan Istighosah Pesantren, semoga ada manfaat nya

Sebelum memulai membaca istighosah maka Imam memimpin acara ini dengan membaca Tawasul kepada Para Nabi, Para wali Allah dan orang orang sholih, serta memintakan doa kepada seluruh arwah saudara saudara muslimin muslimat dimanapun berada atau membaca arwah arwah sohibul hajat atau menyebut hajat yang sedang dilaksanakan. Jika anda ingin tata cara tawasul yang lengkap versi pesantren anda bisa membaca di bacaan tahlil lengkap dengan doa yang telah kami posting, di dalam nya ada bacaan tawasul lengkap ala pesantren yang telah kami susun.

Setelah selesai membaca tawasul, dilanjutkan dengan bacaan Istighosah versi Pesantren seperti dibawah ini. Silahkan anda klik pada setiap gambar bacaan Istighosah lengkap di bawah ini.

 

Memimpin bacaan Istighosah Pesantren secara berjamaah sebaik nya imam menggunakan nada nada yang indah dan santun. Anda bisa cek di Youtube akan nada nada bacaan istighotsah ini.

 

Untuk jumlah bacaan nya sang imam juga bisa menyesuaikan dengan kondisi, waktu dan keadaan jamaah yang sedang di pimpin nya. Artinya tidak mutlak harus ikut dengan jumlah bacaan yang telah kami tulis di Susunan Istighosah Pesantren ini.

 

Susunan Istighosah Pesantren Bagian penutup cukup alfatikhah saja...karena DOA Inti dibaca nanti pada akhir setelah selesai semua.

 

Susunan Istighosah Pesantren paling lengkap ini setelah selesai Istighosah biasa nya kami langsung melantunkan asmaul husna secara bersama sama. Sang imam mengucapkan " Astaghfirullah....hal adziiiiimmmmm" pakai nada yang indah....cek di Youtube Cara membaca asmaul husna ini. Kemudian baru membaca asmaul husna pakai nada indah seperti biasanya.....

Setelah Asmaul husna dilanjutkan membaca sholawat badar

Istighotsah ini saya sebut Bacaan Istighosah Pesantren lengkap karena setelah membaca Istighosah secara bersama sama, lalu membaca Asmaul Husna secara bersama sama, kemudian dilanjutkan membaca sholawat nabi secara bersama sama dengan nada yang indah. 

Jika waktu sempit maka cukup 1 lembar saja, tidak usah sampai selesai sholawat badar nya di baca. Namun tetap ini sesuai kondisional yang ada saat itu. Berikut adalah sholawat badar nya:

Sholawat badar

 

Setelah sholawat badar dilanjutkan dengan DOA akhir, namun Sebelum doa akhir, maka hadirin diminta untuk konsentrasi dan membaca AL i'tirof secara bersama sama dengan nada yang indah. Perlu diketahui bahwa AL i'tirof ini adalah doa yang diciptakan oleh ulama' besar yang mashur dengan nama ABU NAWAS. AL i'tirof artinya pengakuan atas dosa dosa kita kepada ALLAH. Memohon ampunan dan pasrah secara totalitas kepada ALLAH. Berikut bacaan Al i'tirof nya:


Setelah selesai membaca AL i'tirof baru lah imam melakukan doa akhir. Jadi bacaan Istighosah Pesantren di atas merupakan sudah lengkap ya....terdiri dari 4 rangkaian yang menjadi satu Istighosah. Empat rangkaian itu adalah :

  • Istighosah
  • Asmaul Husna
  • Sholawat
  • Al i'tirof

Jadi dari 4 itu berkumpul jadi 1. Ini yang biasanya kami amalkan...Demikianlah susunan Istighosah Pesantren yang telah kami buat, semoga ada manfaat nya. Mohon maaf bila banyak kesalahan dan kehilafan dan mohon share nya agar semakin bermanfaat buat semua orang islam.