Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Business Intelligence

Makalah bisnis intelijen atau lebih di kenal dengan Makalah business intelligence di bawah ini kami buat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah aplikasi komputer. Pada makalah ini kami di beri tugas untuk mengupas tentang tujuan business intelligence dan contoh aplikasi berbasis business intelligence.

Semoga dengan membaca makalah lengkap tentang konsep inteligensi bisnis di bawah ini anda semakin paham tentang penting nya Business Intelligence bagi pelaku bisnis dan perusahaan. Semoga makalah di bawah ini bermanfaat.


 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang masalah

Saat ini kemajuan dan perkembangan zaman telah meningkat dengan pesat. Hal ini sejalan pula dengan perkembangan bisnis yang semakin pesat pula. Dengan perkembangan bisnis dan zaman ini telah membuat banyak orang ingin membangun bisnisnya sendiri. Membangun bisnis sendiri tentu memiliki pengalaman dan nilai yang kita capai sendiri. Untuk membangun bisnis sendiri inilah saat ini banyak yang rela meninggalkan pekerjaan tetapnya sebagai karyawan kantor demi membangun bisnis. 

Dengan kemajuan zaman dan tekonologi ini muncul banyak strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis, salah satunya dengan menggunakan kecanggihan teknologi modern. 

Di era digital seperti saat ini, banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam membuat atau mempertahankan strategi bisnisnya. Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah business intelligence atau intelijensi bisnis. 

Secara sederhana Business intelligence dapat kita artikan sekumpulan teknik dan alat yang digunakan untuk mentransformasi data mentah menjadi sebuah informasi valid yang dapat berguna dalam proses pengambilan keputusan. Nah data yang akurat ini sangat penting bagi bisnis yang sedang kita kerjakan.
Selain itu Business intelligence ini sangat membantu perusahaan untuk membuat keputusan manajemen yang lebih baik berdasarkan data pada saat ini atau data pada periode lalu dalam konteks bisnisnya. 

Seorang analis baik sekala kecil maupun besar akan memanfaatkan business intelligence ini untuk memberikan suatu gambaran dari kinerja dan tolak ukur pesaing untuk membuat perusahaan berjalan lebih lancar dan lebih efisien.  Dari data pada BI ini sang Analis juga dapat lebih mudah melihat tren pasar untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan perusahaan. Pada konsep nyata maka BI ini sangat penting sekali bagi pelaku bisnis dan perusahaan.

1.2 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dari makalah ini adalah :

  1. Mengetahui Manfaat business intelligence bagi pelaku bisnis dan perusahaan
  2. Mengetahui peran dari business intelligence bagi pelaku bisnis dan perusahaan
  3. Mengetahui Konsep Business Intelligence
  4. Mengetahui Analisa Model Business Intelligence 

1.3 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah

  1. Untuk mengetahui Manfaat business intelligence bagi pelaku bisnis dan perusahaan
  2. Untuk mengetahui peran dari business intelligence bagi pelaku bisnis dan perusahaan
  3. Untuk mengetahui Konsep Business Intelligence
  4. Untuk mengetahui Analisa Model Business Intelligence

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian business intelligence

Para pelaku bisnis dan perusahaan tentu sudah sangat tidak asing lagi dengan business Inteligent karena hal ini merupakan kegiatan untuk mengumpulkan dan menganalisis data sehingga dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan yang lebih baik agar dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan bisnis.

Sehingga secara tidak langsung BI atau Business Intelligence adalah sebuah profesi yang bertugas mengolah dan menganalisis data yang berkaitan dengan bisnis sehingga dapat membantu perusahaan menghasilkan keputusan yang tepat. Hasil akhir dari proses tersebut meliputi kebutuhan industri, gambaran keuntungan, strategi pemasaran yang tepat dan pengambil ketetapan lainnya. 

B. Pengertian business intelligence menurut para ahli

Business intelligence menjadi hal yang menarik perhatian para ahli untuk mempelajarinya secara lebih detail dan mendalam. Agar lebih mudah dalam memahami apa itu business intelligence, di bawah ini adalah penjelasan dan pengertian business intelligence menurut para ahli. 

1. Vercellis

Menurut Vercellis, Business Intelligence adalah set model matematika dan metodologi analisis yang mengeksploitasi data yang berguna untuk proses pengambilan informasi serta keputusan kompleks. 

2. Robert Half 

Menurut Robert Half, business intelligence adalah peran yang membuat hasil analisa pada sebuah bisnis agar dapat dijadikan rujukan perusahaan dalam bekerja sama dengan staf lainnya.

3. Howard Dresner

Menurut Howard Dresner, Business intelligence adalah konsep dan metode untuk meningkatkan cara membuat keputusan akhir menggunakan bantuan sistem mengenai fakta yang terjadi.

C. Jenis business inteligent

Menurut para ahli, teknologi Business intelligence ini dapat dibagi menjadi lima jenis. 

1. Enterprise Reporting

Enterprise Reporting ini digunakan untuk menghasilkan laporan-laporan statis yang didistribusikan ke banyak orang.  Sehingga Enterprise Reporting ini sangat sesuai untuk laporan operasional dan dashboard.

2. Cube Analysis

Cube Analysis ini merupakan jenis business intelligence yang  menyediakan analisis OLTP multidimensional yang ditujukan untuk manajer bisnis dalam lingkungan terbatas. 

3. Ad Hoc Query and Analysis

Ad Hoc Query and Analysis adalah untuk memberikan akses kepada user agar dapat melakukan query pada database, dan menggali informasi sampai pada tingkat paling dasar dari informasi transaksional. Query ini berfungsi untuk mengeksplor informasi yang dilakukan oleh user.

4. Statistical Analysis and Data Mining

Statistical Analysis and Data Mining ini dapat digunakan untuk melakukan analisis prediksi atau menentukan korelasi sebab akibat diantara dua matrik. 

5. Delivery Report and Alert

Delivery Report and Alert ini digunakan secara proaktif untuk mengirimkan laporan secara lengkap atau memberikan peringatan kepada populasi user yang besar atau banyak.

D. Mengapa bisnis Business Intelligence ini penting?

Business Intelligence ini menjadi penting karena Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi data-data operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah data warehouse. Selanjutnya data di data warehouse diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses data mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari data. Sehingga hasil penyederhanaan dan peringkasan ini disajikan kepada end user yang biasanya merupakan pengambil keputusan bisnis. Dengan demikian manajemen dapat mengambil keputusan berdasarkan fakta-fakta aktual, dan tidak hanya mengandalkan intuisi dan pengalaman kuantitatif saja. 

Business Intelligence Software (BI) secara singkat juga dikenal sebagai dashboard. Ini karena secara umum BI berfungsi seperti halnya dashboard pada kendaraan, dan dashboard ini hal yang sangat penting sekali.  Business intelligence ini mampu memberikan  rambu rambu atau ukuran-ukuran yang menentukan performa kendaraan (organisasi).

Sama seperti konsep dashboar pada mobil maka Business intelligence juga memberikan informasi kondisi internal, seperti halnya suhu pada kendaraan. Business intelligence juga memberikan sinyal-sinyal pada pengemudi bila terjadi kesalahan pada kendaraan, seperti bila bahan bakar akan habis pada kendaraan. Semuanya berguna bagi pengemudi agar mampu mengendalikan kendaraannya dengan lebih baik dan mampu membuat keputusan yang tepat dengan lebih cepat.

Dari paparan di atas jelas betapa penting nya Business intelligence ini bagi pelaku bisnis karena Business intelligence berfungsi sebagai analis, penghitung scorecard, sekaligus memberikan rekomendasi pada user terhadap tindakan yang sebaiknya diambil. Dengan menjalankan fungsi dashboard, user BI akan mengenali potensi ketidak beresan pada perusahaan sekaligus dengan penyebabnya sebelum hal tersebut berkembang menjadi masalah yang besar.

Business intelligence ini akan berfungsi untuk membantu dalam membuat keputusan perusahaan atau bisnis secara cepat dan akurat.

Sehingga jelaslah mengapa Keberadaan dan manfaat business intelligence ini sangat penting di sebuah perusahaan Karena Seorang inteligen bisnis akan bertugas merencanakan, mengelola data dan memberikan hasil akhir berupa informasi yang mudah dipahami untuk seluruh stake holder pada bisnis. Hal ini bisa terlaksana dengan sempurna jika kita menggunakan business intelligence.

Lalu, apa saja tugas dan contoh penerapan business intelligence dalam perusahaan? 

Berikut adalah beberapa peran dari business intelligence bagi perusahaan:

  1. Mengidentifikasi cara untuk meningkatkan hasil pada perusahaan
  2. Menganalisis perilaku seluruh konsumen dan perubahan nya
  3. Membandingkan data dengan para pesaing
  4. Track performance atau melacak kinerja
  5. Mengoptimasi proses operasional dan data perusahaan
  6. Memprediksi tingkat kesuksesan perusahaan
  7. Melihat perkembangan dan kemajuan tren pasar
  8. Menemukan masalah atau isu-isu terkini.
Berdasarkan hal tersebut, dapat dibayangkan betapa besar manfaat dari business intelligence bagi perusahaan dan bisnis. Keberhasilan dan kesuksesan sebuah bisnis utamanya sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen, tren pasar, kompetitor serta isu atau masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Sehingga, apabila perusahaan atau seorang pelaku bisnis dapat menggunakan dan mengolah data yang ada hingga menjadi sebuah informasi yang sangat berguna, maka perusahaan ataupun pelaku bisnis akan lebih mudah mencari peluang serta mempertahankan keberhasilan dan kesuksesannya.

Menerapkan inteligen bisnis dapat mendatangkan beberapa keuntungan bagi pelaku bisnis perusahaan. Beberapa manfaat business intelligence bagi perusahaan dan pelaku bisnis ada banyak sekali, diantaranya adalah :

  1. Berfungsi Membaca data untuk membantu menentukan keputusan perusahaan
  2. Berfungsi  sebagai proyeksi yang lebih terencana untuk jangka panjang
  3. Berfungsi  untuk menentukan metode pemasaran yang sesuai dengan bisnis perusahaan
  4. Menganalisa semua masalah, keuntungan dan hal hal terkait perusahaan
  5. Di gunakan untuk membantu perusahaan dalam menentukan perencanaan
  6. Sebagai analis untuk kebutuhan pasar dan memperhitungkan dari segi bisnis
  7. Mengevaluasi data tren pasar secara real time
  8. Penentuan target atau KPI (Indikator Kinerja Utama) sesuai dengan data

Setelah tau akan betapa penting nya business intelligence ini maka perlu dipertimbangkan dalam perusahaan akan penggunaan business intelligence ini. Apalagi sebagian keputusan company akan lebih optimal ketika didasari oleh data dan kondisi pasar. Disinilah tugas seorang business intelligence bekerja menganalisis dan mengolah data menjadi sebuah strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan. 

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari makalah di atas dapat kami simpulkan bahwa:

1. Business intelligence ini sangat penting sekali bagi pelaku bisnis dan perusahaan

2. Peranan atau fungsi dari business intelligence bagi perusahaan adalah :

  • Mengidentifikasi cara untuk meningkatkan profit
  • Menganalisis perilaku konsumen
  • Membandingkan data dengan pesaing
  • Track performance atau melacak kinerja
  • Mengoptimasi proses operasional perusahaan
  • Memprediksi kesuksesan perusahaan
  • Melihat tren pasar
  • Menemukan isu-isu atau masalah

3. Menurut para ahli, business intelligence dapat dibagi menjadi lima jenis yaitu :

  • Enterprise Reporting
  • Cube Analysis
  • Ad Hoc Query and Analysis
  • Statistical Analysis and Data Mining
  • Delivery Report and Alert,


B. Saran

Dari paparan makalah di atas maka kami menyarankan kepada semua pelaku bisnis dan perusahaan jangan sampai meninggalkan atau tidak menggunakan business intelligence dalam menganalisis bisnisnya karena dengan menggunakan business intelligence sebagai tolak ukur dan acuan analisis maka kita bisa mendapatkan data yang mendekati akurat dan kita bisa mencari stategi yang bagus dan efesian yang bisa kita gunakan dalam menggembangkan bisnis kita.