Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wirid Setelah Tarawih



Wirid Setelah Tarawih - Bacaan wirid lengkap setelah sholat tarawih atau tepat nya doa dan wirid setelah sholat witir ini masih banyak sekali di tanyakan oleh para nitizen. Pasal nya meskipun ini hanyalah amalan sunah namun wirid dan doa setelah sholat tarawih dan witir ini pasti di baca oleh para imam, mengingat sholat tarawih sekaligus witir biasa nya adalah sholat sunah malam dengan jamaah terbanyak sepanjang tahun.

Bagi yang bermazhab syafiiah doa setelah sholat tarawih 20 rakaat ini menjadi pencarian paling banyak di bulan suci ramadhan ini. Apalagi bagi kalangan imam yang baru pertama kali menjadi imam shalat tarawih dan witir pertama kali.

Jika anda sedang mencari wirid setelah tarawih nu maka doa setelah traweh pendek di bawah ini sangat kami rekomendasikan pasal nya wirid setelah tarawih singkat di bawah ini sangat banyak di amalkan oleh para kiai kiai, musholla dan masjid NU pada umum nya.

Selain warga NU wirid habis tarawih di bawah ini juga bisa di amalkan mengingat ini adalah bacaan sunah yang di baca di bulan bulan ramadhan ini. 

Simak bacaan wirid habis trawih di bawah ini:

 

bacaan Wirid Setelah Tarawih
Wirid Setelah Tarawih

 

Tata cara membaca doa dan wirid setelah tarawih dan witir di atas adalah :

Setelah selesai sholat tarawih sebanyak 20 kali, dengan 2 rokaat salam, artinya ada 10 kali salam ya....maka dilangsungkan dengan sholat witir. Bilangan atau jumlah sholat witir ini paling sedikit nya 1 rokaat dan paling banyak nya 11 rokaat.

Para ulamak indonesia biasa nya melakukan sholat witir sehabis sholat tarawih ini sebanyak 3 rokaat dengan 2 kali salam. Yaitu 2 rokaat salam lalu di tambah 1 rokaat salam

Mulai Pada malam 16 ramadhan ke atas, pada rokaat terakhir witir, yaitu  pada 1 rokaat paling akhir biasanya di tambah dengan amalam sunah yaitu membaca doa qunut

Begitu sholat tarawih selesai, dan witir pun selesai, setelah mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri lalu imam memimpin membaca doa dan wirid setelah tarawih seperti di atas, yang mana jika kita tulis dalam bahasa latin kurang lebih nya seperti di bawah ini:

Wirid habis sholat tarawih latin

Subhaaanal malikil kudduuuus di baca sebanyak 3 kali

Subbuuuhung kudduuusur robbuna wa robbul malaaaikati war ruuuh di baca sebanyak 3 kali

setelah membaca 2 wirid di atas kemudian dilanjutkan membaca :

Subhaaanallohi wal hamdulillahi wa laaa ilaa ha illahu wa llohu akbar

Wa laaa khaula walaa Quwwata illa billahil aliyyil adziim..

2 wirid habis witir di atas di baca cukup 2x saja....habis itu imam langsung membaca taawudz dan bismillah lalu doa akhir.....

Setelah selesai membaca doa plus al fatihah, lalu imam memimpin membaca Niat puasa...ini penting sekali. 

Niat puasa yang di baca imam sehabis sholat tarawih ini biasa nya di dikte kata perkata dan di ikuti semua jamaah. Cara membaca nya seperti ini:

Nawaitu....souma Ghodin.....ngan adaaai...fardis syahri.... ramadhona....haaazihissanati......fardol lillahi taala.....

Lalu di baca dalam versi bahasa masing masing, dan Jika di buat dalam bahasa jawa niat puasa ramadhan kurang lebih seperti di bawah ini

Niat ingsun poso...ing dino sesok...songko nekani...ferdune....romadhone iki tahun....ferdu krono allah taala......

jadi di dikte arab nya dulu, lalu makna nya juga....sehabis itu lalu tegak membaca sholawat sambil salam salaman....

Selesai

Demikian lah bacaan lengkap Wirid Setelah Tarawih, semoga bermanfaat bagi anda