Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Irit biaya Resepsi Nikah

Cara Irit biaya Resepsi Nikah - Saat ini dampak dari perekonomian negara kita yang belum stabil, karena berbagai faktor membuat orang orang mencari cara mempersiapkan pernikahan dengan budget minim namun hasil tidak mengecewakan. Banyak cara cara yang dilakukan orang agar resepsi nikah irit biaya, di antara nya adalah yang akan kami bahas di bawah ini.

Persiapan pernikahan sederhana namun terkesan tetep mewah mungkin adalah impian anda yang memang sedang memiliki dana paspasan. Cara membagi budget pernikahan salah satu hal yang perlu anda pahami di sini. Karena cara membuat anggaran pernikahan hemat harus anda lakukan di awal agar semua minimal 90% sesuai apa yang anda anggarkan. Baik lah di bawah ini adalah 8 cara membuat biaya nikah paling hemat versi pintudunia.com

Memilih Hari dan Waktu yang Tepat

Agar resepsi pernikahan menjadi irit Yang paling penting adalah anda harus Memilih Hari dan Waktu yang Tepat. Ingat di berbagai daerah resepsi pernikahan berarti kita juga berharap ada sumbangan dari para tamu dan tetangga. Konsep sumbangan/donatur yang berupa uang dalam amplop ini sudah lazim di hampir wilayah indonesia, tentunya dengan cara dan tradisi yang beraneka ragam. Nah untuk ini pilihlah hari dimana kira kira para tamu undangan bisa datang. Jadi pastikan cek waktu yang kira kira musim nya bukan musim penghujan dan cari lah hari dimana rata rata orang pada libur. Biasakan pada hari libur ya....paham kan

Menikah atau Resepsi yang penting?

Jika kita berbicara resepsi pernikahan maka ada proses akad nikah dan pesta nya. Nah yang perlu kita garis bawahi di sini adalah jika memang anda hanya butuh pesta pernikahan saja maka cara menghemat biaya nikah adalah menikah lah di KUA. Ini yang kemaren saya bahas biaya nikah sederhana 10 juta bahkan tidak sampai. Ini sudah biaya total ya

Perlu kamu pahami jika biaya akad nikah ini sebenarnya murah. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014, akad nikah yang diselenggarakan di balai nikah Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari dan jam kerja maka biayanya GRATIS. Sementara akad nikah yang diselenggarakan di luar KUA dan selain hari kerja dikenakan biaya Rp600 ribu. Uang ini dibayarkan melalui bank atau kantor pos oleh pemerintah. Jadi ingin cara membuat resepsi pernikahan super irit? Menikah lah di KUA.

Wah kalau menikah di KUA gak ramai dong? Jangan salah, di KUA kan hanya prosesi sakral Ijab dan Qobul saja. Setelah dari sana bahkan bisa di iring pulang kerumah dan baru lah mengadakan pesta resepsi pernikahan. Dengan cara ini setidak nya anda sudah berhemat lebih dari 1 juta lo sobat, karena menikah di rumah pasti banyak biaya DLL nya.

Perlukah seragam keluarga

Pada resepsi pernikahan kita pasti sering melihat seluruh keluarga besar memakai seragam yang sama. Sebenar nya ini juga tidak lah penting. Namun jika anda tetep ingin melakukan seragam/baju bersama ini maka cara menghemat nya bisa dengan membeli bahan saja. Bagikan hanya bahan saja dan biarkan menjahit sendiri sendiri sesuai model yang di inginkan, tidak mesti sama, hanya warna saja yang sama.

Mungkin hanya keluarga inti lah yang kita berikan sudah jadi, lain nya kasih bahan saja. Tidak perlu bahan yang mewah, yang penting nampak seragam saja cukup sich. Bahkan ada yang mengatakan yang penting pakai batik aja, terserah warna apa. Ini kan gratis sobat...dan ini sangat hemat biaya pernikahan.

Manfaatkan Koneksi Teman dan Kerabat

Cara mempersiapkan biaya pernikahan yang hemat selanjut nya adalah manfaatkan koneksi teman dan kerabat yang anda miliki. Saat resepsi pernikahan kita pasti butuh jasa WO, sewa gedung, sewa tukang sound system, sewa rias dan dekorasi dan lain sebagai nya. 

Nah pastikan anda cek dulu semua teman mu dan kerabat mu. Adakah yang memiliki jasa atau bisnis yang anda butuhkan di atas? Jika ada, kontak saja. Ingat harga teman dan keluarga pasti jauh lebih hemat di banding sama orang lain. Ibarat orang ambil untung, pasti hanya ala kadar nya. Selain itu dengan jasa teman atau kerabat anda bebas konsultasi dan tidak perlu ada rasa repot atau sungkan. Semua bisa di bicarakan. Paham?

Menentukan Jumlah Undangan dan tamu

Untuk trik biaya nikah super hemat selanjut nya adalah anda harus menentukan dan mensortir Jumlah Undangan dan tamu. Ingat semua butuh biaya ya, artinya makin kecil anda mengundang maka makin kecil biaya nya. 

Jika saya tanya, anda mengundang 2000 orang, dan yang datang 1000, dengan mengundang 1500 orang dan yang datang 1000 juga, maka anda pilih yang mana? Yup jelas bukan. Maka nya sortir lah setiap tamu yang akan anda undang.

Anda tidak perlu mengundang orang orang yang sekira dia tidak akan datang atau sudah kesulitan untuk datang, misal nya janda sudah tua yang tidak memungkinkan dia tidak datang. Intinya soal ini anda lah yang bisa menentukan kriteria nya. Jadi pastikan anda mengundang orang orang yang memang anda pandang dia pasti datang.

Meminimalisasi Biaya Suvenir

Souvenir se akan sudah tradisi disetiap resepsi pernikahan. Namun sekali lagi ini sebenar nya bukan hal yang penting, jadi bukan masalah besar jika anda tidak menggunakan souvenir untuk resepsi pernikahan mu

Pesan serba paket

Cara menghemat biaya resepsi pernikahan yang paling penting adalah apapun yang anda pesan, maka pesan lah serba paket. Jadi begini...menikah kan antara 2 keluarga kan? Ada pihak pria dan pihak wanita. Biasanya acara nya juga tidak terlalu jauh jarak nya. Nah, jika calon mu adalah orang yang rumah nya dekat atau masih dalam kota yang sama maka pesan lah semua nya serba paket. Saya jamin pasti irit. 

Misal nya Sewa baju pengantin sepaket dengan jasa rias dan sepaket juga pihak wanita dan pria. Jadi kamu dan calon mu menggunakan jasa orang yang sama. ini pasti bisa menekan harga sangat jauh.

Terus agar nikah irit biaya juga pastikan kamu tahan keinginan membuat baju pengantin khusus sesuai impianmu. Manfaatkan jasa sewa baju pengantin yang kini makin beragam pilihannya. Kalau memungkinkan, cari persewaan busana yang sepaket dengan jasa rias.

Dengan cara pesan serba paket tentu ini lebih murah dan anda bisa nego sampai puas. Ingat tujuan pernikahan adalah kesakralan acara dan kehidupanmu setelah pernikahan, bukan mewah mewahan saat acara ya

Dekorasi super mewah

Ingat kunci yang harus anda pegang adalah mau mewah atau tidak dekorasi pernikahan mu ini tidak akan mempengaruhi jumlah tamu yang datang. Maka dekorasi sederhana saja yang penting tampak rapi.

Coba anda pikirkan ulang, seberapa penting dekorasi mewah dalam acara pernikahan? Yup tidak penting sama sekali..yang penting ijab Qobul, tamu banyak, semua happy kan?

nah jika memang anda butuh gedung resepsi maka manfaatkan saja balai atau aula milik lembaga pemerintah. Beberapa ada yang disewakan untuk umum dengan harga sangat terjangkau. Intinya apa yang bisa kita tekan biaya nya maka lakukan. Jangan ada gengsi ya...ingat yang nikah itu kamu, bukan orang lain. Saat acara sudah berjalan dan happy, orang tidak akan pernah lagi membahas hal hal remeh seperti dekorasi dll...kalaupun di bahas hanya sesaat saja. Enjoy saja

Jamuan makan dan minum

Trik mengatur jamuan makan agar hemat saat nikah ini penting anda pahami. Konsep nya besarkan lauk nya tapi gunakan 1 jenis saja. Misal anda pakai rendang sapi, ya sudah rendang sapi saja sama saur mayur lain nya. Tidak perlu ada rendang sapi, gulai kambing, ayam, telor, dll

Kalau ada daging tidak perlu ada lagi telor. Ingat terkadang orang sudah ambil daging, masih ambil lagi telor. Paham? Jadi jika anda ingin hemat tentu anda bisa memikirkan ini. Bukan soal pelit ya..namun lebih melihat ke adaan dana kita. Jika anda punya dana banyak tidak masalah anda gelar se mewah mungkin. Ingat semua kembali kepada dana yang kita miliki

Dan ingat biaya masak sendiri untuk pernikahan ini pasti jauh lebih murah dibanding catering ya...maka jika bisa masak sendiri bersama keluarga dan tetangga maka lakukan saja, tidak perlu catering.

Dengan memperhatikan 8 Cara Irit biaya Resepsi Nikah ini maka saya pastikan resepsi pernikahan mu pasti hemat biaya.