Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Islam dan Peradaban Melayu

Contoh Soal Dan Jawaban Mata Kuliah Islam dan Peradaban Melayu

1. Jelaskan dengan singkat sejarah awal Islam di Arab?

Sejarah awal islam di arab dapat kita golongkan menjadi 2 bagian yaitu:

a. Sebelum Islam berkembang di Arab

Pada saat itu arab dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Bagian Selatan

  1. Adanya kaum Qathaniyun (Keturunan Qathan)
  2. Mendirikan Saba’ (Pusat Perdagangan)
  3. Adanya kerajaan Himyar

2. Bagian Utara

  1. Adanya kaum Qathaniyun (keturunan Qathan) dan juga adanya kaum Adananiyun (keturunan Ibrahim dan Ismail)
  2. Adanya kerajaan Persia pada abad ke-3
  3. Berdirinya kerajaan Gassan

3. Adanya kerajaan Hijaz

  1. Dimana merupakan sebuah kerajaan yang tidak pernah dijajah, daerah padang tandus dan juga kota yang paling terkenal di mekkah.

Adapun beberapa alasan mengapa islam belum berkembang di daerah Arab, yaitu:

  • Karena negara arab belum maju
  • Keadaan masih lah sangat kacau
  •  Raja-rajanya pun masih menyembah berhala
  • Aran masih beragama Yahudi dan Kristen
  • Masih berkelakuan atau bertingkah sekehendak atau semaunya sendiri
  • Masih banyaknya keributan dan peperangan dimana-mana

b. Perkembangan awal Islam

Pada awalnya islam diperkenalkan di kota Mekkah pada abad ke-7 akan tetapi tetap saja pada saat pertama kali islam datang, raja Qurais sangat menentang dan tidak setuju adanya agama islam. Mengapa terjadi seperti itu, karena raja Qurais ini masih percaya akan aninisme dan dinanisme yang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Adapun beberapa khalifah dengan perkembangannya yang berkaitan dengan awal mula perkembangan islam, yaitu:

1)    Abu Bakar As Sidik 

Yang mana pada saat kekhalifahan Abu Bakar adanya sebuah pemalsuan nabi-nabi dan banyak ajaran baru yang muncul

2)    Umar bin Khattab 

Yang mana pada saat kekhalifahan Umar bin Khattab mulailah melakukan beberapa perkembangan, yaitu:

  • Banyaknya melakukan sebuah pengembangan di bidang industri
  • Percetakan uang logam
  • Tumbuhnya sebuah perkantoran-perkantoran
  • Adanya kalender hijriah

3)    Usman bin Affan 

Yang mana pada saat kekhalifahan Usman bin Affan mulailah melakukan beberapa perkembangan, yaitu:

  • Membukukan Al-qur’an, sehingga di kenal dengan nama Quran usmani
  • Mulainya melakukan sebuah pembangunan-pembangunan
  • Meluasnya masjid yang ada di Madinah

4)    Ali bin Abi Thalib 

Yang mana pada saat kekhalifahan Ali bin Abi Thalib mulailah melakukan perkembangan didalam melakukan sebuah peperangan dan perluasan wilayah islam

5)    Khalifah Ummayah 

Pada masa khalifah Umayyah mulailah melakukan beberapa perkembangan, yaitu:

  • Tidak lagi menggunakan sistem demokrasi akan tetapi menggunakan sistem pemerintahan, seperti halnya ketika pemimpin sudah wafat maka digantikan oleh anaknya ataupun oleh saudara sekandungnya.

6)    Khalifah Abbasiyah 

Pada masa khalifah Abbasiyah mulailah muncul beberapa perkembangan, yaitu:

  • Sudah adanya pelabuhan perdagangan yang ketat (Bagdad)
  • Sudah banyaknya kaum muslim
  • Sudah banyaknya buku-buku filsafat dengan menggunakan Bahasa Arab
  • Terjadinya persahabatan dengan negara lain agar tidak terjadinya sebuah peperangan.

2. Anda telah mempelajari masuknya Islam di kawasan Melayu dan Proses terbentuknya Entitas Politik di kawasan Melayu. Silahkan simpulkan dengan menggunakan sebuah Skema!


 

Proses terbentuknya Entitas Politik di kawasan Melayu

1. Perkawinan dengan wanita Pribumi

Awalnya mereka ini bertemu dan menikah karena melalui jalur perdagangan. Yang mana para wanita pribumi berbelanja pada para pedagang, kemudian banyak mendengar cerita tentang Islam sehingga mereka memiliki ketertarikan terhadap Islam dan  juga kepada  lawan jenisnya (si pedagang itu). Setelah menikah perempuan itu harus ikut menganut agama Islam mengikuti suaminya. Dari perkawinan tersebut lahir lah generasi generasi islami

2. Dakwah

Dakwah ini mulai berjalan dengan cara melakukan mengajak dengan berceramah dari satu majelis ke majelis lain, ataupun dari satu kampung ke kampung lain. Dan itupun tidak langsung diterima oleh para kaum-kaum yahudi dan kristen, tetapi dengan cara pelan-pelan didalam mengajaknya tidak langsung dengan cara memaksa. Dakwah juga berjalan se iring dengan ikatan perkawinan dan dakwah antar keluarga.

3. Pendidikan

Awalnya yaitu dengan melakukan pertemuan antara pedagang dan penduduk pribumi yang mana disitulah pendidikan Islam berlangsung. Yang awalnya kita melalui keluarga kemudian berkembang ke masjid, madrasah dan pada akhirnya masuk kedalam rumah bangsawan. Yang mana penyebaran Islam melalui pendidikan itu dilakukan oleh walisongo dan generasi para kiai.

4. Kesenian

Awal mula penyebaran Islam melalui kesenian yaitu tidak lepas dari walisanga yang dimulai dari Sunan Bonang dengan menciptakan permainan anak seperti Cublak Suwen. kemudian juga sunan kalijaga yang penyebaran dengan kesenian ini menggunakan wayang dan gamelan.

3. Jelaskan dengan singkat menggunakan bahasa Anda, bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara?

Proses masuknya Islam ke Nusantara awalnya dengan melakukan perdagangan, yang mana pada saat itu tempat perdagangan berada di wilayah benua Asia terutama di daerah Sriwijaya, pulau Sumatra. Mulai sejak saat itulah banyak orang-orang dari berbagai daerah singgah untuk berbelanja dan juga untuk mengikuti berdagang di daerah tersebut. 

Dari perdagangan tersebut pada akhirnya lama-kelamaan mereka mulai bergaul satu sama lain dengan penduduk lokal yang pada saat itu masih beragama Hindu. Dan mereka pun pelan-pelan mulai menceritakan tentang agama Islam. Dan masyarakat lokal itupun merasa memiliki  ketertarikan kepada agama Islam. Kemudian warga lokal itupun sebagian besar sudah berpindah memeluk agama Islam. Karena selain melalui perdagangan tadi ada juga karena ketertarikan antara lawan jenis, sehingga mereka melakukan sebuah pernikahan. 

Penyebaran islam melalui pernikahan ini sangat cepat dan akurat karena  wanita yang dinikahinya itupun ikut menganut agama Islam. Islam datang dengan penuh kedamaian dan tauladan yang baik. Mereka memberi contoh dengan perbuatan yang baik dan perkataan yang lembut sehingga banyak orang tertarik dengan islam.

Peyebab jalur pedagangan ini sangat diminati karena warga asing sedang mencari rempah-rempah di Nusantara yang mana sangat amat berlimpah dan yang pada akhirmya merekapun berdagang dan memeluk agama Islam. Sebenarnya penyebaran tadi itu tidaklah sebentar, tetapi amat lama dimulai dari abad ke-7 sampai abad ke-13 Masehi.  Yang awal mulanya para pedagang itu berasal dari Arab, Gujarat dan Persia yang makin intensif terhadap penyebaran agama Islam melalui jalur perdagangan dan akhirnya melaui jalur pernikahan juga. 

4. Anda telah belajar tokoh dan ulama yang berperan dalam penyebaran Islam di Nusantara, beliau dikenal karena karya-karyanya. Sebagai generasi penerus beliau, apa motivasi yang Anda dapatkan dari tokoh dan ulama tersebut? Sampaikan presepsi anda dengan singkat!

Jika menurut saya, motivasi yang saya dapat adalah beliau-beliau ini merupakan ulama-ulama yang sangat luar biasa. Dimana beliau-beliau ini mampu untuk menyebarkan agama Islam di Nusantara dengan melalui beberapa karya beliau. Yang dimana proses di dalam menyebarkan nya pun cukup lama dan juga harus banyak memiliki kesabaran di dalam mengajak orang-orang untuk menganut agama Islam. Tetapi, karena beliau-beliau ini luar biasa yaitu memiliki beberapa kaya yang mana karya-karya itu menceritakan tentang sejarah Islam, tentang awalnya islam menyebar di Nusantara dengan di dalam karya tersebut menceritakan melalui jalur perdagangan, kesenian ataupun perkawinan. Yang sehingga membuat mereka orang-orang Yahudi dan Kristen tertarik untuk memeluk agama Islam. 

Jadi yang sangat memotivasi itu karena beliau-beliau ini mampu membuat karya-karya yang menarik dan bersejarah yang banyak membuat orang-orang non muslim tertarik untuk memeluk agama Islam. Dan sayapun ingin bisa seperti beliau-beliau yang mampu menciptakan karya-karya bersejarah dan menarik.