Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Awal Dan Akhir Tahun Islam

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Islam - Tidak terasa saat ini kita telah berada di penghujung tahun hijriyah ya... Maka tidak lama lagi kita akan memasuki tahun baru hijriyah. Berbicara tahun baru islam tentu kita sudah paham sekali dengan amalan amalan menjelang tahun baru islam, salah satunya adalah membaca doa akhir tahun dan awal tahun hijriyah ini.

Perlu diketahui bahwa doa akhir tahun hijriyah maupun doa awal tahun hijriyah jika anda cari di internet ada banyak sekali, dan terkadang juga berbeda beda. Walaupun tujuannya sama namun terkadang masih ada yang mencari Doa awal tahun nu maupun doa akhir tahun dan awal tahun nu. 

Mengapa NU? Karena biasanya yang mengadakan rutinan doa awal tahun bahasa arab adalah jamiyah Nahdlatul Ulama'. Meskipun Jamiyah lainnya ada juga yang mengadakan rutinan doa akhir dan awal tahun islam ini.

Lalu yang sering ditanyakan oleh kebanyakan orang salah satunya adalah apakah ada doa akhir tahun dan doa awal tahun yang diajarkan oleh Nabi Muhammad? Yup tentu ada sobat...di bawah ini akan kami berikan doa akhir tahun dan awal tahun beserta artinya yang mana Doa Awal Dan Akhir Tahun hijriyah dari Nabi Muhamaad Saw ini kami berikan lengkap ya..

Doa warid yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca di akhir dan awal tahun ini merupakan Doa yang dimasukkan  Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar.

Doa akhir tahun dan awal tahun dari nabi ini juga bisa anda temukan dalam kita maulid diba' atau kitab al barzanji pada bagian belakang ya, karena doa awal dan akhir tahun yang ini sudah sangat masyhur diamalkan oleh para ulama' dan para salafus Shalih.

Doa akhir tahun Hijriyah

Doa Akhir Tahun islam di bawah ini merupakan doa wirid akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW seperti yang telah kami terangkan di atas.

Adapun tata cara membaca doa akhir tahun hijriyah di bawah ini sebaiknya dibaca sebanyak 3 kali sebelum maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah atau kebanyakan orang melakukan nya setelah sholat Asar. Yang penting batas waktu membaca doa akhir tahun islam adalah sebelum masuk waktu sholat maghrib.

 

Doa Akhir Tahun Islam Bahasa arab

Doa Akhir Tahun islam
Doa Akhir Tahun Hijriyah

 

Doa Akhir Tahun Islam latin dan artinya

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Wa shallallaahu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

Alloohum-ma maa amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitanii 'anhu falam atub minhu wa lam tardhohu, wa lam tansahu wa halimta 'alayya, ba'da qudratika 'alaa uquubatii wa da'watii ilattaubati minhu ba'da jaroo-atii alaa ma'siyatika.

Allaahumma Innii astaghfiruka faghfirlii.. wa maa 'amiltuhu fiihaa mim-maa tardhoohu wa wa'adtanii 'alaihits-tsawaaba fas'aluka. Allahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram.

An tataqobbalahuu minnii wa laa taqtha' rajaaii minka yaa kariim

Wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihii wa sahbihii wa sallam.

Walhamdulillah hirobbil alamin...Aaaamiiin....

Artinya:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-Mu, maka sungguh aku mohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-Mu ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku (doaku) dan janganlah Engkau putus harapanku dari-Mu, Ya allah yang maha mulia.

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Dan segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta Alam....Aamiiin.....

 

Doa awal tahun Hijriyah

Doa Awal Tahun islam di bawah ini juga merupakan doa awal tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW

Adapun tata cara membaca doa awal tahun hijriyah di bawah juga dibaca sebanyak 3 kali setelah masuk waktu maghrib atau dibaca setelah sholat maghrib

Silahkan dibaca sendiri sendiri atau secara berjamaah dengan imam. Bisa di Bimbing oleh imam bisa juga makmum hanya meng amin kan saja. Namun kebiasaan orang NU dibaca sama sama dengan dipandu oleh seorang imam.

 

Doa Awal Tahun Islam Bahasa arab

Doa awal tahun
Doa awal tahun hijriyah


Doa Awal Tahun Islam teks latin dan artinya

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Wa shallallaahu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam

Allohumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhiimi wa juudikal mu‘awwal. Haadzaa aamun jadiidun qad aqbal. Nasalukal ‘ishmata fiihi minas syaithooni wa auliyaaihi Wa junuudihi wal ‘auni ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’I, wal isytighoola bimaa yuqorribunii-ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikroom. 

Wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihii wa sahbihii wa sallam.

Artinya:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah, engkau yang Abadi, Yang Qadim, dan yang Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. 

Kesimpulan

  • Doa Akhir Tahun Islam dan Doa Awal tahun islam ini di baca sebanyak 3x
  • Doa Akhir Tahun dan Doa Awal tahun ini bisa di baca sendiri maupun berjamaah dengan di pimpin oleh imam
  • Untuk doa Doa Akhir Tahun di baca setelah sholat ashar (sebelum masuk waktu sholat maghrib)
  • Untuk doa awal tahun di baca ketika masuk waktu Maghrib atau setelah sholat maghrib