Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Masalah Rubrik Kosong Pada Google News

Cara Mengatasi Rubrik Kosong Pada Google News - Halo sahabat pintu dunia, pada postingan ini kita akan mencoba sharing pengalaman tentang cara mendaftar google berita yang paling mudah dan trik diterima google news paling mudah. Kita tau jika google berita atau google news ini sangat penting sekali bagi perkembangan blog kita kedepannya. Yup dengan google news maka blog kita akan sangat mudah sekali diindeks oleh google.

Untuk cara mudah daftar google news mungkin sudah banyak sekali para blogger yang membuat tutorial step by step nya. Apalagi saat ini para imers juga mulai membuat Video di Youtube, tentu anda bisa dengan mudah menemukan trik mendaftar google berita pasti diterima

Maka dari itu pada postingan ini saya tidak akan membahas langkah langkah daftar google news, namun lebih ke permasalahan yang sering muncul saat kita mendaftar di google news. 

Artinya untuk langkah langkah biar ketrima google news dan cara mendaftar google news silahkan anda google sendiri ya.

Oke kita fokus ke masalah yang sering terjadi saat mendaftar google berita.

Secara umum ada 3 permasalahan yang sering muncul ketika kita mendaftar google berita ini.

Ke tiga permasalah yang sering terjadi saat daftar google news ini adalah sebagai berikut:

Masalah Rubrik Kosong Pada Google News

Masalah yang paling banyak terjadi pada saat kita mendaftar google berita adalah masalah Rubrik yang kosong padahal kita sudah mengisinya pada bagian rubrik di google berita atau google news. Jika hal ini terjadi tentu ada kesalahan dalam membuat rubrik tersebut dan ini harus segera di atasi.


gambar
Rubrik google news

 Mengatasi Masalah Rubrik Kosong Pada Google News

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah rubrik kosong pada google news/publiser padahal sudah kita isi lengkap ini? 

Kita lihat dulu dari segi mana kesalahannya. Rata rata kesalahan itu dari cara membuat rubrik nya.

 

Pada dasarnya ada beberapa cara membuat rubrik di google news. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. https :// nama domain anda/ feeds/ posts/ default ? alt= rss

2. https://nama domain anda/atom.xml ?redirect = false&start-index=1&max-results=500

3. https://nama domain anda/ feeds/posts / default? max- results=999999 & amp;alt= json-in-script & amp;callback= loadtoc

*Buang semua spasi di atas ya

 

Jadi anda bisa klik tambahkan rubik baru dan pilih feed lalu masuk kan salah satu dari ke 3 rubrik di atas.

Yang menjadi masalah baru adalah bagaimana jika setelah salah satu dari 3 rubik di atas sudah kita masuk kan namun masih ada kesalahan 1 rubrik kosong, misalnya?

Gampang sekali mengatasi ini, anda tinggal buat lagi rubrik baru dan buat feed lagi ambil kode yang berbeda. Jadi solusinya kita bisa membuat 2 rubrik feed dengan 2 kode yang berbeda.

Kuncinya adalah Anda bisa membuat kode rubrik google news di atas (yang saya kasih warna merah) dengan kode no 1 dan 3 atau no 2 dan 3. Jangan no 1 dan 2 ya......

Pasang ke dua nya dan pilih feed. Insyaallah masalah rubrik kosong sudah bisa kita atasi. anda bisa lihat gambar saya paling atas...di sana anda bisa melihat jika saya memasang 2 kode rubrik untuk feed dalam blog saya yang sudah di terima oleh google news.

Cara membuat logo google news

Kesalahan selanjutnya yang sering terjadi pada saat membuat google berita adalah dalam membuat logo google berita itu sendiri.

Pada setelan publikasi sering sekali kita salah pada menu gaya visual, dimana kita akan membuat logo untuk google news.

 

Logo pada google news ada 2 yaitu logo persegi dan logo persegi panjang

Format file logo nya bisa dalam format logo PNG bisa juga JPEG. Yang paling penting yang harus anda lihat di sini adalah format ukuran nya.

Untuk logo persegi ukuran nya adalah adalah minimal 512 x 512. Anda bisa membuat di atas itu sampai batas rekomendasi 1000x1000

Cara mudah merubah format ukuran logo google news ini bisa anda gunakan Microsoft Office Picture bawaan windows. Tinggal anda ubah saja dari sana ke 512 x 512 atau di atas itu. Kuncinya ukuran nya harus persegi ya....


Sedangkan untuk format logo persegi panjang google news ada 2 macam yaitu Logo Dengan latar terang dan gelap.

Ini mudah sekali kok...tinggal anda buat saja tulisan web mu dengan thema belakang terang dan gelap. 

Untuk ukuran nya pada logo persegi panjang adalah Minimum lebar 200 px dan tinggi 20 px. Anda bisa membuat di atas itu.

Rasio lebar terhadap tinggi tidak boleh lebih dari 10:1 (misalnya, jika lebar 2000 px, tinggi tidak boleh kurang dari 200 px)

Jadi semua ukuran logo bisa kita atur di Microsoft Office Picture bawaan windows. Mau pakai apk lainnya yang anda anggap lebih mudah juga banyak kok. Semua mudah pokok nya.

Cara login google news

Sekedar informasi, terkadang masih ada saja dari kita yang belum paham tentang google news ini.

Bahkan cara login google news saja masih ada yang bingung, sehingga dia mencari " google news login" di pencarian google. Namun tidak menemukan link login nya.

Apa ada yang salah?

Yup, Ingat.... web google berita dengan tombol google berita login tidak sama ya. Maka dari itu ini menyebabkan sebagian blogger pemula masih ada yang belum mengerti, hal ini terbukti kemarin ada yang bertanya pada saya begini:

" Mas saya mau login ke google news tapi kok gak ada kolom login nya ketika saya ketik google news atau google berita pada pencarian google? "

Yup jelas gak ada kolom login di google news lah, karena google news adalah suatu produk bro. Jadi jika anda ketik kan di google pencarian misalnya " Google berita login" atau "Goole news login" maka yang muncul adalah berita berita atau infomasi yang di sajikan oleh google news. 

Sedangkan untuk link login google news tidak ada di sana, karena sekali lagi google news adalah sebuah produk berita. Dimana dengan mendaftarkan blog kita di google news maka blog kita bisa masuk kedalam daftar berita/informasi yang disajikan oleh google news.

Lalu dimana jika kita ingin login kedalam google news?

Cukup mudah sobat, kita tinggal ketik kan saja di google dengan keyword " Publisher google".

Mengapa publisher google? Karena kita kan pada hakekat nya menjadi seorang publiser di google. Kita adalah penyedia berita di google. Jadi login nya dari login publisher

Link login google news

 

Nah gambar di atas adalah cara kita login google news, jangan salah lagi ya. Ingat mendaftar di google news adalah penting agar blog kita ter indeks dengan cepat.