Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki No Bootable Device

Cara mengatasi no bootable device please restart system acer ini saya buat karena kemarin siang laptop acer teman saya kebetulan pas mau dipakai rusak, tidak bisa hidup. Pada menu layar ketika laptop acer punya teman ini dihidupkan muncul tulisan no bootable device

Maka dari itu pada postingan blog www.pintudunia.com ini saya akan berbagi cara memperbaiki no bootable device acer atau laptop lain nya lah sama saja, karena masalah no bootable device ini bisa menyerang laptop merek apa saja, tidak mesti acer saja.

Cara memperbaiki laptop no bootable device. Hit any key pada dasarnya sangat mudah sekali, terutama bagi anda yang memang hoby pada dunia IT. Namun bagi sebagian orang masalah ini sangat membingungkan, bahkan ada yang bilang laptop nya rusak. Padahal penyebab laptop muncul no bootable device hit any key ini sangat banyak, bukan berarti laptop nya yang rusak ya sobat.

Untuk itu bagi anda yang ingin tau penyebab no bootable device dan cara mengatasi no bootable device acer tidak ada legacy, bahkan cara menghidupkan laptop no bootable device windows 10 akan saya bahas secara gamblang dan mudah di bawah ini.

Cara mudah Memperbaiki No Bootable Device laptop itu berawal ketika kita menghidupkan laptop, yang biasanya lancar seperti biasanya, tiba tiba laptop kita tidak hidup/menyala, malah muncul blank warna hitam dengan tulisan warna biru seperti di bawah ini:


Pada gambar di atas anda bisa lihat, ketika kita hidupkan laptop malah muncul tulisan No bootable device. Hit any key yang mana kalau kita klik apapun tombol nya, tetap tidak akan beres masala ini.

Lalu bagaimana memperbaiki No bootable device. Hit any key pada laptop ini? 

Mudah banget sobat, yaitu silahkan matikan laptop atau komputer mu yang bermasalah No Bootable Device. Jika tidak bisa dimatikan secara resmi maka cabut saja kabel nya untuk komputer atau tekan tombol power lama lama untuk laptop.

Sudah mati?

Jika sudah mati laptop/pc mu maka siap siap kita hidupkan lagi tapi jangan lupa jari tangan mu siap siap menekan tombol F2 pada keyboard. Karena trik mudah mengatasi no Bootable Device laptop ini hanyalah masalah pada booting saja. 

Jadi kita hanya perlu merubah booting awal dengan cara menekan tombol F2. Tekan saja secara cepat sejak pertama di hidupkan. pencet pencet terus saja tombol F2 dari mulai pertama kita tekan tombol power. Nanti anda akan paham jika praktek langsung.

Oke jadi, ketika laptop mulai hidup dan kita tekan tekan F2 maka akan muncul seperti di bawah ini:

 


Lihat gambar di atas bukan?

Ketika menu di atas itu muncul anda tinggal geser geser saja pakai tombol panah pada keyboard dan geser sampai pada menu boot. Itu kan banyak menu ya? Kita hanya butuh menu boot saja. 

Intinya pada menu boot itu anda pindah dari UEFI ke Legacy atau sebalik nya. Silahkan coba saja. Aman kok. Untuk mengganti bot UEFI ke Legacy cukup tekan F5 atau F6 lalu enter saja.

Lebih jelas nya lihat gambar di bawah ini:


Jika sudah anda ganti menut boot nya silahkan pindahkan tab ke paling ujung yaitu exit


 Pada menu exit jangan lupa pilih save atau yess ya....maka otomatis laptop akan restar ulang.

Kemudian tunggu sebentar, laptop akan restar ulang. Maka ketika laptop menyala lagi saya pastikan masalah No Bootable Device tadi sudah tidak ada dan laptop sudah baik alias bisa anda pakai lagi.


Lihat gambar di atas? Itu laptop acer yang tadi nya rusak atau keluar No Bootable Device. Setelah saya gunakan cara seperti di atas laptop tersebut sudah bisa normal kembali.

Kesimpulan nya dari Cara mengatasi laptop No Bootable Device adalah anda cukup ganti menu booting pada menu F2 saja. Ganti saja booting nya pada pilihan yang ada. Anda bisa mencoba coba nya. Kemudian save dan exit. Lalu otomatis restar. 

Cara mengatasi no bootable device laptop acer ini bisa anda pakai pada semua merek laptop bahkan komputer/pc. Jadi tidak harus laptoc acer ya...kebetulan saja laptop yang saya perbaiki acer.

Demikian sharing kita hari ini tentang cara memperbaiki no bootable device laptop acer, semoga bermanfaat. Silahkan share jika dirasa berguna