Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Laptop Desain Grafis Terbaik 2023

Mencari laptop desain grafis memang agak susah. Meski tidak semahal laptop gaming, dan tidak semurah laptop biasa. Laptop desain grafis harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan dalam dunia desain grafis.

Beberapa spesifikasi yang menjadi kunci utama laptop desain adalah layar yang jernih dan akurasi warna yang bagus. Selain itu usahakan untuk menggunakan M.2 NVMe SSD, dan yang terakhir pilih RAM sesuai dengan kebutuhan.

7 Rekomendasi Laptop Desain Grafis Terbaik 2023

Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih laptop desain grafis. Berikut 7 laptop desain grafis terbaik 2023, yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Laptop MSI Creator Z17 A12UGST


 

Rekomendasi laptop desain grafis pertama yang bisa Anda pertimbangkan yaitu MSI Creator Z17 A12UGST. Laptop dari brand MSI ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para desain grafis. 

MSI Creator Z17 A12UGST didukung dengan beberapa fitur yang dapat meningkatkan produktivitas desain grafis. Laptop seri ini memiliki spesifikasi layar sentuh 17 inci, dengan tingkat akurasi warna yang tinggi.

Selain itu laptop ini juga dibekali dengan MSI Pen. Hadirnya MSI Pen, akan mempermudah Anda untuk melakukan navigasi atau menggambarkan objek.  Dengan semua spesifikasi yang memadai untuk desain grafis, laptop ini dijual dengan harga sekitar Rp 50 jutaan.

 

2. ASUS Vivobook Pro 16X OLED N7601ZM

Asus menghadirkan seri baru laptop Vivobook Pro 16X OLED N7601ZM untuk memenuhi kebutuhan para kreator. Laptop seri ini telah dilengkapi dengan pengaturan gamut warna.

Laptop dari Asus ini telah dilengkapi dengan screen to body ratio 90%. Sehingga aktivitas untuk membuat ilustrasi, vektor, dan gambar tiga dimensi menjadi lebih mudah. 

Selain itu, laptop desain grafis ini telah dibekali dengan dua kipas pendingin dan enam heatpipe, untuk menjaga performa laptop agar tetap stabil. Laptop Vivobook Pro 16X OLED  dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 jutaan.

 

3. ASUS ROG Zephyrus Duo 16 GX650RM

Kembali Asus menghadirkan laptop dengan series spesifikasi terlengkap. ASUS ROG Zephyrus Duo 16 GX650RM  hadir dengan prosesor AMD Ryzen 9 HX 6000 yang bisa di overclock. Sejatinya laptop ini dirancang khusus untuk kebutuhan gaming yang cukup berat.

Namun, laptop seri ini juga sering dijadikan sebagai andalan bagi para desain grafis karena dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Mulai dari ScreenPad Plus, GPU RTX 3060 serta keyboard full size dengan touchpad yang cukup luas.

Selain itu, panel IPS yang digunakan bukan IPS biasa.  Layar IPS laptop seri ini menggunakan lampu latar mini LED yang membuat kontras dengan cakupan warna yang meningkat. Laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 16 GX650RM bisa Anda peroleh dengan harga sekitar Rp 40 jutaan.

 

4. Acer ConceptD 3 Ezel Pro

Tak hanya Asus yang menghadirkan laptop desain grafis, Acer juga mengeluarkan series ConceptD 3 Ezel Pro. Pada versi terbarunya, laptop seri ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7 generasi 11 Tiger Lake. Laptop ini dirancang khusus untuk aktivitas desain grafis.

Dilengkapi dengan resolusi full HD, laptop dengan ukuran 15,6 inci ini hadir dengan akurasi warna Delta E di bawah 2 yang membuat warna seolah seperti nyata.

Selain itu desain versatile nya dapat dijadikan mode tablet, atau kanvas, disertai dengan layar PANTONE Validated yang dapat menampilkan full colour sesuai standar Pantone Matching System (PMS). Anda bisa memiliki laptop seri ini dengan budget sekitar Rp 28 jutaan.

 

5. HP Spectre X360 14-ef0003TU

Disarankan bagi para desain grafis agar menggunakan laptop yang telah disematkan GPU diskret. Namun, bagi Anda desain grafis konten media sosial, tentu kebutuhannya akan berbeda.

Anda bisa mengandalkan HP Spectre X360 14-ef0003TU untuk menangani berbagai desain grafis baik 2D hingga 3D. Dilengkapi dengan GPU Iris Xe yang pada prosesor Core i7 membuat kinerja laptop cukup kencang.

Anda bisa mendapatkan laptop desain grafis ini dengan harga yang relatif terjangkau di kelasnya yaitu sekitar Rp 25 jutaan.

 

6. Apple Macbook Pro 13 M2 

Ringan, cantik, dan kencang adalah merupakan kesan pertama saat melihat laptop dari Apple. Memiliki ukuran 13.3 inci merupakan salah satu keunggulan yang sulit dikalahkan dari berbagai merek laptop lainnya.

Dari segi performa Apple Macbook Pro 13 M2 dirancang khusus dengan teknologi True Tone dan P3 yang menjadikan akurasi warna sangat baik untuk mendukung kinerja Anda di dunia kreatif.

Selain itu, laptop series ini dikenal lebih hemat daya, hingga mampu bertahan selama 8-9 jam tanpa charge. Apple Macbook Pro 13 M2 bisa Anda peroleh dengan harga sekitar Rp 25 jutaan.

 

7. Dell XPS 17 9710

Rekomendasi terakhir laptop desain grafis terbaik 2023 yaitu DELL XPS 17 9710.  Laptop seri XPS 17 9710 dari Dell ini memiliki performa dan kualitas layar yang menakjubkan.

Dari segi performa laptop ini menggunakan kombinasi Intel Core i9 generasi 11 dan RTX 3060 yang tak perlu diragukan lagi. Selain itu akurasi warna laptop ini tergolong tinggi yaitu 100% of Adobe RGB dan 95.9% of DCI-P3 (Delta E 0.75). Anda bisa memperoleh laptop desain grafis tersebut dengan harga sekitar Rp 25 jutaan.

Itulah tujuh rekomendasi laptop desain grafik terbaik 2023, yang bisa Anda jadikan referensi. Semua jenis laptop desain grafis memiliki keunggulan masing-masing, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.