Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat-Sholat Malam Lailatul Qadar

Dzikir malam lailatul qadar merupakah salah satu hal yang sangat luar biasa kita lakukan, karena pada malam lailatul qadar semua perbuatan yang kita lakukan sekali saja akan sama dengan 1000 bulan dilakukan di malam selain lailatul qadar.


 

Selain zikir pada malam lailatul Qadar maka semua pahala apapun akan di kalikan dengan 1000 bulan, termasuk juga amalan baca Al Quran dan juga shalat malam. Keren bukan? Ini kesempatan bagi kita semua untuk mengejar amal kita yang mungkin sebelum ini tertinggal sobat pintudunia.com.

Lalu Sholat malam lailatul qadar apa saja yang bisa kita kerjakan? dan sholat malam lailatul qadar apakah harus tidur dulu? Dua pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh para pembaca semua.

Ingat, Tidak ada kewajiban jika harus tidur dulu untuk bisa mengerjakan semua amaliah malam ganjil atau malam lailatul Qadar ini. Artinya siapapun dan bagaimana pun kondisinya bisa mengerjakan sholat malam lailatul qadar ini. 

Lalu sholat lailatul qadar dulu atau tahajud dulu?

Sebenar nya tidak ada keharusan atau kewajiban mana yang lebih dulu antara sholat tahajud dulu atau sholat lailatul qadar dulu karena ini sama sama sunah ya....

Oke agar anda paham dan jelas dengan hal hal di atas maka akan saya jelaskan langkah langkah amaliah malam ganjil ramadhan atau urutan sholat malam lailatul qadar yang dilaksanakan di pesantren Sulthon Fattah, yang kebetulan admin pintudunia.com ikuti.

Sebelumnya mungkin anda mencari amalan malam lailatul qadar nu online karena hal ini sering sekali di jadikan patokan oleh beberapa umat muslim NU karena memang situs nu online ini sangat lengkap sekali membahas tentang agama. Jadi bisa jadi rujukan anda juga amaliah malam lailatul qadar di pesantren kami ini dapat kami urutkan sebagai berikut:

 

1. Waktu sholat malam ganjil ramadhan 

Waktu sholat malam ganjil 21 ramadhan, 23, 25, 27, 29 atau sering juga kita sebut sebagai sholat malam lailatul Qadar ini di pesantren kami di mulai jam 1 malam. Ada juga di pesantren sebelah jam 00.00.

Jadi di pesantren kami ini waktu mulai sholat malam ganjil ramadhan adalah jam 1 malam. Persiapan sholat atau jamaah datang mulai pukul 12 malam. Star sholat jam 1 teng. 

 

2. Tata cara pelaksanaan sholat malam lailatul Qadar

Untuk cara melaksanakan sholat malam ganjil ramadhan ini adalah sebagai berikut:

Para jamaah kan di suruh datang sebelum jam 1 malam tadi ya, bisa saja datang jam 00.00 atau jam 00.30 malam.

Nah dari jam 00.00 sampai jam 1 malam ini para jamaah di anjurkan memperbanyak amalan sunah dan sholat sunah secara sendiri sendiri. 

Bisa melakukan sholat tahajud, sholat hajat, sholat taubat dan bisa juga berzikir. Intinya dari jam jamaah datang sampai jam 1 malam ini semua jamaah khusuk melakukan amaliah sunah secara sendiri sendiri ya, sambil menunggu sholat malam di mulai.

Begitu jam 1 malam teng, maka salah satu jamaah langsung teriak " Assolaaatu jaaaaamiah". Artinya sholat malam lailatul Qadar akan di mulai secara berjamaah.

Apa sholat yang di lakukan pertama kali? 

Untuk sholat malam ganjil ramadhan ini pertama kali yang kita lakukan adalah sholat tasbih sebanyak 4 rokaat dengan 2 kali salam.

Untuk cara sholat tasbih malam lailatul Qadar ini dengan malam biasa sama saja, anda bisa googling ya sobat pintudunia.com.

Intinya sholat tasbih ini kami lakukan 2 rokaat salam sebanyak 2x, jadi total 4 rokaat. Setiap rokaat membaca tasbih tiap gerakan/posisi sholat sebanyak 10 kali kecuali pas berdiri setelah membaca surah sebanyak 15 kali. Tentu anda sudah paham soal ini ya? bisa anda googling.

Setelah selesai sholat tasbih sebanyak 4 rokaat lalu imam tegak lagi untuk sama sama melakukan sholat malam lailatul qadar. Untuk niat sholat lailatul qadar 2 rakaat arab bisa anda googling juga ya. Intinya adalah Usolli sunnatal lailatul Qodri rok'ataini mustakbilal qiblati makmuman lillahi taala, Udah cukup seperti ini

Tata cara sholat lailatul Qadar 2 rokaat ini sama dengan sholat sunah lain nya, namun biasanya kami membaca surah nya adalah al Ikhlas sebanyak 7x tiap rokaat nya. Jadi 2 rokaat kami baca Surah AL Ikhlas total 14 kali. Paham? Sholat sunah 2 rokaat biasa kok, hanya niat nya yang beda dan surah nya Al ikhlas 7x ya.....bisa juga sudah biasa,,,,tidak mesti ini....sunah kok.

 

3. Doa setelah sholat malam lailatul Qadar

Doa setelah sholat lailatul qadar atau wirid wirid setelah melaksanakan sholat malam lailatul qadar ini ada banyak sekali, terserah anda masing masing. Namun yang jumhur ulamak dan para pendahulu NU yang terpenting adalah setelah salam dari sholat lailatul qadar ini membaca istighfar minimal 70x

Jadi setelah salam....imam langsung memimpin membaca istighfar sebanyak minimal 70 kali seperti istighfar di bawah ini:

"astagfirullahaladzim alladzi lailaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih"

atau

"astaghfirullah wa atubu ilaih"

Setelah selesai 70x minimal, imam langsung membaca doa dan selesai.

Setelah selesai, acara bebas, ada yang terus lanjut istighfar, ada yang pulang, ada yang tadarus dll...intinya sudah selesai sholat malam ganjil nya ya

PENTING:

Karena tata cara lengkap sholat malam lailatul Qadar ini masih jarang yang belum paham, maka sebaik nya imam selalu memberikan jabaran atau tata cara nya dulu setiap mau sholat. Baik pas sholat tasbih maupun sholat lailatul qadar nya. Jadi pas tegak imam sedikit ceramah dulu memberikan tutorial mengenai sholat ini dari niat nya dan tata caranya.

Jadi bagaimana? Sudah paham bukan langkah langkah sholat lailatul qadar ini? Monggo sama sama dilaksanakan karena fadilah dan sunah nya luar biasa. Semoga kita semua termasuk orang orang yang beruntung dunia dan akhirat. Amin

Demikian ulasan www.pintudunia.com tentang amalan sholat Malam Lailatul Qadar, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan semoga anda semua mendapat kesempatan berjumpa dengan malam lailatul qadar ini. Amiiin....