Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Adukan Sendiri Atau Pakan Jadi?

Pakan Adukan Sendiri Atau Pakan Jadi yang terbaik buat puyuh? Pertanyaan ini sering sekali muncul bagi peternak puyuh, apalagi yang baru mulai. Ada juga yang bertanya bagus mana pakan adukan atau pakan jadi untuk ayam petelur? Semua pertanyaan tersebut kami anggap mirip, maka kami akan buat ulasan mengenai Pakan Adukan Sendiri Atau Pakan Jadi yang lebih bagus untuk puyuh dan ayam petelur juga bebek petelur.



Sebenar nya untuk masalah pakan kembali ke masing masing peternak, karena mau menggunakan pakan jadi atau pakan adukan sendiri asal kebutuhan gizi puyuh terpenuhi tidak begitu penting.
Secara sederhana pakan puyuh baik pakan jadi maupun pakan adukan sendiri harus memenuhi standar gizi puyuh seperti di bawah ini : 
  1. Lemak 5%
  2. Calsium 3 – 3.5%
  3. Protein min 20%
  4. Phosphor 0.5 – 0.7% dengan EM 2600-2700 kkal/kg.
  5. Serat max 6%

Dari kandungan gizi di atas sekarang tinggal jenis bahan bakunya yang dipakai, hal ini lah sangat menentukan terhadap jumlah produksi telur yang dihasilkan. Tiap perusahaan menggunakan bahan baku yang berbeda-beda, makanya peternak sering gonta ganti pakan makanya produksi telurnya turun naik yaitu puyuh perlu adaptasi metabolisme pada tubuhnya terhadap pakan yang diberikan oleh pemilik ternaknya. Hal ini disebabkan setiap bahan baku pakan mempunyai nilai kecernaan (digestiblity), antinutrisi, defisiensi zat tertentu

Secara umum dapat disimpulkan bahwa jumlah produksi dan besar kecilnya telur puyuh sangat ditentukan oleh jumlah asupan nutrisi (Protein, Lemak, Energi Metabolis, Air), Breed/strain, umur. 

Jadi dengan memahami ini anda tidak perlu lagi bertanya mana yang labih bagus pakan adukan sendiri atau pakan jadi, karena itu tergantung nilai gizi nya. 
 
Jika anda menggunakan pakan adukan sendiri atau biasa di sebut dengan mix self maka yang perlu anda perhatikan adalah kwalitas jagung dan dedak. Jagung dan dedak tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, apalagi tempat nya lembab. Maka jika anda menggunakan self mix maka pastikan rute putaran pakan harus anda perhatikan.
 
Pakan adukan sendiri selain menggunakan jagung juga menggunakan dedak pagi, jadi harap perhatikan kwalitas dedak pagi ini karena banyak pedagang yang menjual dedak kasar dan bahkan kulit ari padi yang digiling. Saran kami jika anda menggunakan self mix maka buatlah mitra dedak atau langganan dedak sehingga dengan kerja sama jangka panjang ini kawalitas akan terjaga.

Secara umum Pakan Adukan Sendiri Atau Pakan Jadi sama saja asal gizi terpenuhi namun pakan adukan sendiri biasanya lebih murah terutama bagi anda yang dekat dengan pertanian dan perkebunan.