Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Anggur Kerdil dan Stagnan


Memiliki tanaman anggur yang tumbuh sehat atau vigor adalah harapan kita semua. Namun terkadang ada beberapa masalah yang muncul pada tanaman anggur sehingga pertumbuhan nya terganggu dan menyebabkan tanaman anggur menjadi kerdil / stagnan.

Penyebab pertumbuhan tanaman anggur yang terhenti ini ada banyak sekali faktor nya, namun secara umum cara mengatasi nya kurang lebih sama. Artinya jika anda terapkan 5 cara mengatasi anggur yang stagnan di bawah ini, Insyaallah anggur mu akan kembali vigor.


5 Cara Ampuh Mengatasi Anggur Kerdil dan Stagnan


1. Kondisi batang anggur


Penyebab anggur menjadi kerdil yang pertama kali biasanya karena kondisi batang yang tidak sehat. Kondisi tidak sehat ini bisa anda lihat dari batang nya secara menyeluruh. Cek apakah ada yang busuk, ada yang patah, atau kah ada kutu perisai


2. Tambah atau ganti media


Penyebab pohon anggur menjadi stagnan selanjut nya karena media yang tidak tepat. Mungkin terlalu padat atau bisa juga karena terlalu asam atau bisa jadi karena memakai fermentasi yang belum matang sempurna.

Untuk anda yang menanam anggur di polybag jika memungkin kan bisa membongkar media dan mengganti dengan yang baru dan untuk anda yang tanam langsung di tanah maka perlu menambah dan menyampur media yang baru.

Yang wajib anda pahami dalam hal media anggur ini adalah media anggur wajib porous. Hal ini telah saya jelaskan pada postingan Cara Merawat Anggur Dari Pertama yang merupakan ilmu dasar berkebun anggur.


3. Potong total


Solusi mengatasi anggur kerdil dan stagnan selanjut nya adalah dengan potong batang anggur total.

Perlakuan ini biasanya di lakukan karena batang anggur belum begitu tinggi, karena jika sudah tinggi tentu sayang sekali bukan?

Cara mengatasi anggur stag dengan potong total ini adalah dengan memotong batang utama dan menyisakan bud yang di anggap potensial. 

Sekali lagi ini biasanya untuk anggur yang baru setinggi 1 meteran lah, namun meskipun sudah tinggi jika anda rela ya silahkan.

Contoh nyata anggur saya di bawah ini awal nya ngacir alias vigor sampai tinggi 2 meter. Lalu 1 minggu full hujan, dan saya awal nya tidak begitu memahami bagaimana Cara Merawat Anggur Saat Musim Hujan. Akhirnya aggur jenis ninel ini stagnan sampai usia 2 bulan lebih.

Lalu saya potong total sampai tinggal 2 jengkal dari tanah. Sisa potongan nya saya buat ownroot dan hasil sisa nya seperti gambar di bawah ini:


anggur stag


Alhamdulilah setelah tak potong total anggur ninel yang stagnan kembali sprut dan vigor kembali. 

Jadi jika anda tidak sayang pada batang, silahkan potong total dan sisakan beberapa BUD saja. Saya pastikan sprut dan ngacir lagi


4. Potes pucuk


Solusi anggur yang stagnan selanjutnya adalah dengan cara potes pucuk. Potes pucuk ini biasa dilakukan untuk anggur yang sudah besar. Karena untuk di potong total pasti sayang bukan? Nah solusi nya adalah potes pucuk.

Bagaimana cara potes pucuk anggur stagnan?

Silahkan potes semua pucuk yang ada baik batang primer, sekunder, maupun tersier. Semua pucung nya potes.


5. Pruning daun


Trik mengatasi anggur kerdil dengan pruning daun ini mirip dengan potes pucuk, beda nya kalau pruning ini semua daun nya di gunduli dan hanya di sisa kan 1 atau 2 daun saja. Ujung nya juga di potes.


Bagaimana? Paham cara mengatasi anggur yang stagnan bukan saat ini? 

Namun semua perlakuan di atas wajib melakukan hal hal di bawah ini :

Hentikan pupuk kimia

Jika anggur kondisi stagnan maka pastikan jangan di pupuk kimia dulu. 

Pastikan juga terkena sinar matahari dan pastikan kondisi media jangan basah.

Lalu silahkan tabut dolomit dulu agar PH kembali membaik


Apakah anda paham dengan penjelasan saya di atas? Mohon share web www.pintudunia.com jika dirasa ini bermanfaat. Salam sukses