Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Puyuh Yang Baru Menetas

Gambar Puyuh Yang Baru Menetas di Mesin tetas terkadang juga sering ditanyakan para peternak yang baru memulai usaha ini, maka dari itu admin pintudunia.com akan memberikan beberapa gambar puyuh yang baru menetas yang kami miliki dipenetasan puyuh kami.

Perlu di pahami jika kami menggunakan mesin tetas manual, artinya pemutaran telur nya juga kami lakukan secara manual. Bagi anda yang baru atau akan memulai menetaskan puyuh sendiri mungkin bisa membaca artikel kami yang berjudul Cara Menetaskan Telur Puyuh Menggunakan Mesin Tetas Manual



Puyuh yang baru menetas sebagian




Gambar Puyuh Yang Baru Menetas

Bagaimana cara merawat puyuh yang baru menetas?

Yang perlu anda pahami adalah bagaimana langkah awal perawatan puyuh yang baru menetas pertama kali?

Ingat merawat puyuh yang baru menetas itu berbeda dengan perawatan puyuh pada umum nya. Ibarat bayi maka ini baru saja dilahirkan, belum bisa makan dan minum dan perlu perawatan ekstra.

Selain Gambar Puyuh Yang Baru Menetas  kami akan share pengalaman kami tentang perawatan awal ketika puyuh baru menetas atau perawatan puyuh saat menetas di mesin tetas. 

 

Langkah langkah perawatan puyuh yang baru menetas adalah :

1. saat telur sudah mulai menetas di mesin tetas, biarkan sampai semua pada menetas karena tidak serempak biasanya. Akan tetapi sesekali perlu anda buka dan ambil lah cangkang telur yang sudah kering sekali. Ingat jangan ambil cangkang telur yang belum kering  atau masih basah. Perhatikan.....terkadang anak puyuh yang baru menetas akan minum atau makan dari sisa sisa cangkang telur itu, jadi ambil lah yang benar benar sudah sangat kering sekali.

Mengapa cangkang telur yang sudah kering perlu di ambil? Karena supaya tempat tidak terlalu sempit dan agar telur yang akan menetas lain nya ada jarak ruang. Karena biasanya telur yang menetas nya lambat akan tertindih yang lain nya akibat cangkang yang tidak dibuang sehingga mengganggu penetasan yang lain nya.

2. Pasanglah kawat ram atau pembatas pada depan sisi mesin tetas. Pemasangan kawat ram ini bertujuan agar anak anak yang baru menetas tidak loncat kebawah atau keluar ketika anda sedang membersihkan sisa sisa cangkang yang kering. Kawat ram di pasang kira kira tinggi 5 jari saja, sekira anak puyuh yang baru menetas tidak bisa loncat. Ini penting ya...

Banyak kasus anak puyuh mati karena loncat ke bawah atau jatuh ke dalam bak air untuk kelembapan pada mesin tetas. Jadi wajib di kasih kawat ram ini.

3. Sembari anda membuang/mengambil sisa sisa cangkang yang sudah sangat kering maka puyuh yang sudah menetas duluan dan bulunya sudah kering dan sudah berlari lari bisa anda tangkap dan pindah kan ke box pembesaran.

Ingat box pembesaran awal kondisi nya sama kan dengan mesin tetas ya, artinya suhu harus tinggi / panas, pasang karton atau koran dan kain agar puyuh nyaman.

Mengapa anak puyuh yang sudah sangat sehat perlu di pindah sebagian alias tidak menunggu semua menetas? sama seperti keterangan di atas, adalah agar supaya ada cukup ruang bagi yang akan menetas lain nya. 

Jadi kalau ada yang bertanya kapan anak puyuh dalam mesin tetas bisa di pindah ke box? Jawaban nya adalah ketika sudah sangat kering bulunya dan sudah bisa berlari lari. 

Mungkin anda tertarik dengan :

4. Setelah dalam box pembesaran, langkah awal yang harus anda pahami adalah puyuh ketika baru pertama menetas dia tidak butuh makan, namun dia butuh minum. paham?

Apa minuman pertama puyuh yang baru menetas? 

Puyuh yang baru menetas dalam ilmu yang kami terapkan cukup kasih minum dengan gula pasir. Takaran nya adalah asal manis saja. Air gula merah juga bagus. Mana yang mudah menurut anda saja.

Yang penting adalah tempat minum puyuh yang pertama kali menetas harus di kasih kerikil, jadi puyuh hanya minum dari sela sela kerikil. Karena kalau tidak di kasih kerikil maka puyuh akan berenang di tempat minum bahkan ada yang terinjak bahkan ada yang kedinginan dan mati. Maka batu kerikil ini wajib ya..paham? Kasih di sekeliling bibir tempat minum nya.

5. Makanan halus

Setelah kurang lebih 12 jam maka puyuh mulai bisa di coba kasih makan, yaitu pur BR1 atau yang lain nya gpp. Makanan puyuh pertama kali ini harus di blender atau di lembut kan, karena puyuh masih kecil sekali

Cara memberikan pakan puyuh yang baru menetas adalah kasih dikit saja, kira kira 1 sendok makan, dan liat reaksinya. Apakah habis? Jika habis kasih lagi. 

Puyuh kecil tidak butuh tempat makan. Kasihkan secara di tebar di atas karton di dekat lampu saja. Jangan sampai memberikan makan kebanyak ya. Konsep nya ketika sudah habis baru bisa anda kasih lagi

Cara kasih makan puyuh yang baru menetas ini cukup taburkan saja di lantai yang telah anda lapisi karton, koran atau kertas itu. Usahakan dekat dengan lampu agar nampak. Baru lah ketika sudah pada giat makan ke depan nya bisa kasih tempat / nampan pakan

6. Cek suhu secara berkala

Anda harus cek kondisi suhu box pembesaran secara berkala. Jika anak puyuh kumpul di bawah lampu artinya kurang panas, jika anak puyuh kumpul di pinggir box artinya kepanasan, jika anak puyuh tersebar merata artinya pas suhunya. Ini adalah rumus atau cara melihat suhu yang pas pada puyuh.

Kasih 2 atau 3 lampu dengan watt 100 untuk ukuran 1 meter x 60 cm adalah pas. Anda harus stock lampu kuning (lampu kandang ukuran 100, 80, 50, 25 watt). Jadi anda bisa ganti ganti sesuai kondisi yang ada dalam box. Karena saat hujan dan panas akan berbeda, jadi sifat nya adalah kondisional.

Ingat lampu dalam box ON 24 jam ya...karena jika mati maka anak puyuh yang baru menetas akan takut dan akan menumpuk di pinggir kadang sehingga banyak yang mati. Ini sekaligus menjawab jika ada yang bertanya mengapa anak puyuh mati ketika mati lampu.

Lalu bagaimana jika mati lampu? Anda harus siapkan lampu cadangan yang putih saja cukup, bukan bermaksud sebagai pemanas, akan tetapi sebagai cahaya agar puyuh tidak saling himpit. akan tetapi lebih baik jika anda bisnis penetasan adalah anda siapkan diesel cadangan jika mati lampu.

7. Taruh makanan dalam nampan.

Jika puyuh sudah mulai bisa makan, maka agar hemat dan tidak di hambur hambur kan maka taruh lah makan yang telah di haluskan dalam nampan yang telah di kasih kawat ram. Kawat ram ini gunanya agar tidak di ceker atau di buang buang. Makanan harus tetap di haluskan sampai anak puyuh siap makan yang agak kasar.

8. Ganti alas

Ganti lah alas lantai dengan melihat kondisi, misal nya sudah basah, kotor sekali dll. Ini adalah kondisional. anda harus pantau terus kondisi box pembesaran.

9. Pindah

Ketika kondisi sudah terlihat tidak nyaman, maka puyuh harus sudah di pindah jadi 2 bagian. jangan sampai puyuh kebanyakan dalam box dan tidak nyaman. Jangan sampai pengap dan panas.

Jika semua bulu sudah tumbuh maka panas segera di kurangi. Penyebab puyuh kerdil yang sering terjadi adalah karena suhu terlalu panas.