Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meracik Jamu Herbal Pada Unggas

Cara Meracik Jamu Herbal Pada Unggas atau dalam hal ini adalah cara membuat jamu herbal pada puyuh akan saya bahas pada postingan kali ini, dan ini adalah apa yang telah saya praktek kan, dan tentunya dengan hasil yang luar biasa.
 
Saya telah melakukan pemberian jamu herbal pada unggas ini pada puyuh, ayam petelur, ayam joper, ayam KUB, bebek pedaging dan juga ayam kampung saya. Semua hasil nya mantap. Selain ayam sehat, ayam juga tidak pernah ada yang terkena penyakit cacingan.

Cara meracik jamu pada unggas sangat sederhana, karena hanya menyediakan bahan bahan alami yang ada disekitar kita. Bahan bahan tersebut juga dapat secara GRATIS kita dapat kan di lingkungan kita.
 
Yang penting anda pahami adalah jamu unggas herbal yang akan kita racik ini sifat nya umum ya...bisa jamu herbal untuk ayam petelur, bisa jamu herbal untuk ayam broiler, bisa jamu herbal untuk puyuh, bisa jamu herbal untuk bebek dan aneka unggas lain nya.
 
 
Paham?

Oke sekarang saya tanya, Kenapa unggas kita butuh jamu?
Jamu itu penting sekali, karena dengan jamu yang teratur, minimal 1 bulan sekali, maka unggas kita akan sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit. Tentunya dengan kondisi kandang yang bersih dan sehat, serta sirkulasi udara yang cukup lancar. Malah saya sering melakukan jamu herbal ini pada ayam petelur dan rutin saya berikan 1 minggu sekali....Hasil nya ALhamdulilah, tanpa pernah kenal sakit seperti yang di alami peternak lain nya. 

Ingat unggas sama seperti manusia, juga butuh makan, vitamin, dan kondisi yang mengenak kan...kenapa ini penting? karena ini sangat erat berhubungan dengan drop produksi pada telur. Maka pemberian jamu menjadi sangat penting selain faktor lain nya. 
 
Pemberian jamu herbal ini pada unggas sifat nya adalah suplement, sama seperti kita kasih vitamin seperti vita stess, atau vitacit atau yang lain nya, beda nya ini herbal bro..alias alami. Jadi efek samping nya gak ada sama sekali, efek samping nya ya unggas jadi sehat jangka panjang. Paham? 
 
Saat ini kita jangan 100% mengandal kan obat obatan kimia, apalagi saat ini harga obat kimia naik 100%. Ingat, alam telah menyediakan banyak obat herbal untuk manusia dan kebutuhan nya. Dan yang paling penting adalah obat herbal untuk unggas ini murah pakai banget, bahkan saya bilang GRATIS. Semua bahan nya mudah di dapat, dan bisa kita tanam sendiri di lingkungan kandang. Selain sebagai stock obat herbal unggas juga bisa jadi Jamu untuk kita sendiri, bahkan bisa di jual lo....


Bagi anda yang belum paham bagaimana cara menjaga agar produksi tidak drop mungkin perlu membaca artikel kami yang berjudul Penyebab Produksi Telur Turun pada Puyuh dan unggas.




Oke dari penjelasan di atas mari sekarang kita bahas bagaimana Cara Meracik Jamu Herbal Pada Unggas ini?
 
Ingat, Terkadang Tiap orang memiliki cara meracik jamu herbal pada unggas yang berbeda beda namun kurang lebih sama.
 
Oke langsung saja Cara membuat jamu herbal untuk puyuh dan unggas lain nya adalah:
Bahan :
3 buah kunir (Kira kira 1 jempol tangan kita aja cukup)
2 buah jahe (Kira kira 1 jempol tangan kita aja cukup)
2 buah temu lawak (Kira kira 1 jempol tangan kita aja cukup)
2 siung bawang putih
2 buah laos/lengkuas
1/2 bundaran gula jawa merah
 
Semua bahan di atas di blender dengan 1 gelas air putih, setelah itu di sharing air nya. Untuk aplikasi maka 1 gelas hasil asli saringan tadi kita tambahkan dengan 10 liter air putih dan siap di sajikan, untuk volume lebih besar tinggal dikalikan saja ya.
 

Cara pemberian Jamu Herbal Pada Unggas

  1. Larutan jamu herbal tadi kasih kan sama unggas sebagai air minum nya
  2. Jika ada gejala seperti pilek atau ngorok dosis bisa kita tambahakan sesuai kebutuhan
  3. Jika sudah hampir habis bisa kita tambah air putih, mau habis lagi tambah air putih lagi, sampai jadi air putih semua.
  4. Pemberian wajib 1 bulan 1 kali, tapi saran saya 1 minggu 1 kali jika tidak merepotkan bisa kita kasih kan
  5. Buatlah perbandingan antara unggas yang pakai jamu herbal dengan unggas yang tidak pakai jamu herbal. Lihat perbedaan pada halus nya bulu, bentuk feses (kotoran) dan lihat perbedaan dari cara lahap nya dia makan. Jarak 2 bulan ke depan anda akan dapat membedakan nya secara nyata.
  6. Jamu herbal pada unggas ini juga bisa kita awet kan di kulkas agar tidak basi misal kita buat dalam jumlah banyak. Taruh pada kulkas dalam bentuk asli nya ya...artinya belum kita larut kan dengan air putih. Jadi misal kita butuh tinggal ambil dalam kulkas 1 gelas dan tambahkan 10 liter air dan berikan pada unggas. Simpel banget.
  7. Pada saat cuaca dingin atau musim penghujan jamu herbal pada unggas ini wajib kita berikan, karena saat cuaca dingin penyakit mudah datang dan unggas butuh sesuatu yang hangat

Nah itu adalah cara membuat jamu herbal unggas versi kami, cukup simpel bukan?
Kemudian ada yang bertanya " Cara membuat jamu herbal pada ayam " itu apa sama dengan Cara meracik jamu pada puyuh mas? Nah untuk menjawab nya cukup baca judul post ini, Cara Meracik Jamu Herbal Pada Unggas, artinya tidak fokus pada puyuh, bisa juga pada ayam, bebek dan lain nya. Semua unggas bisa.
 
Kesimpulan dari Cara Meracik Jamu Herbal Pada Unggas
 
  • Untuk pencegahan penyakit dan untuk kekebalan tubuh maka unggas apapun butuh jamu herbal ini.
  • Pemberian Jamu herbal secara rutin terbukti mampu menjaga kesehatan unggas untuk jangka panjang.
  • Jamu herbal pada unggas ini juga bisa buat secara banyak dan masuk kan dalam kulkas dalam bentuk masih asli/hasil saringan murni (belum di tambah air putih)
  • Untuk bebek, ayam joper, ayam kampung dan ayam KUB ampas hasil saringan jamu herbal tadi bisa di campur di pakan, hasil nya luar biasa. silahkan praktek kan sendiri


Cukup sekian Cara Meracik Jamu Herbal Pada Unggas semoga tips ini bermanfaat untuk kesehatan dan stamina unggas anda.