Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Budidaya Azolla Microphylla

Halo para peternak semua, siang ini mari kita bahas pakan alternatif perternakan dan perikanan yang lumayan membantu sekali. Selain mudah tumbuh, pakan alternatif ini juga mengandung protein yang lumayan tinggi sekitar 20 sampai 45 % sehingga cocok untuk pakan alternatif bagi ternak atau ikan anda.


Pakan alternatif peternakan dan perikanan yang kami maksud adalah tanaman Azolla Microphylla. Pada postingan beberapa waktu yang lalu kita telah membahas Azolla Microphylla untuk pakan alternatif ayam petelur, silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul Pakan alternatif ayam petelur

Pengertian Azolla Microphylla maupun devisi secara bilogi dan nama latin bisa anda cari saja di google, karena dalam postingan ini kami lebih membahas tentang cara pembiakan dan Panduan Lengkap Budidaya Azolla Microphylla. 


Mengapa Panduan Lengkap Budidaya Azolla Microphylla ini penting untuk kami bahas? 

Karena walaupun terlihat mudah dibudidayakan dan dikembang biak kan namun sebagian orang masih gagal dalam mengembang biak kan tanaman Azolla Microphylla ini.


Ada sebagian petani/peternak yang terjadi masalah bahkan gagal saat mengembangkan tumbuhan Azolla Microphylla ini. 

Diantara permasalahan saat budidaya Azolla Microphylla yang telah kami kumpulkan dari beberapa keluhan peternak dan petani, dan juga pertanyaan teman teman soal budidaya tanaman Azolla Microphylla akan kami bahas secara tuntas sebagai berikut :

  1. Apakah jika bududaya Azolla Microphylla dalam kolam terpal harus ganti air?
  2. Bagaimana cara pemupukan yang benar Azolla Microphylla?
  3. Hewan apa saja yang bisa dikasih makan Azolla Microphylla ini?
  4. Setelah tebar benih Azolla Microphylla kira kira 1 sampai 2 minggu tiba tiba Azolla Microphylla mati kering, di awali menguning pada ujung daun nya, lalu berubah  cokelat lama lama kering dan mati.
  5. Azolla Microphylla berubah kecil kecil, padahal waktu beli terlihat sangat besar dan tebal.
  6. Azolla Microphylla menyusut volume nya lama lama tinggal sedikit dan lama lama habis.
  7. Bagaimana agar Azolla Microphylla tumbuh lebat, tebal dan cepat menjadi banyak?
  8. Bagaimana mengatasi kolam azolla yang jadi sarang nyamuk?

 

Baiklah mari kita bahas satu persatu, siapa tau dari 7 pertanyaan umum di atas anda juga masih belum paham.

Apakah jika bududaya Azolla Microphylla dalam kolam terpal harus ganti air? Pada dasar nya yang dibutuhkan oleh azolla bukan lah air, akan tetapi nutrisi yang ada dalam air. Artinya selama pupuk tersedia, artinya nutrisi juga tersedia. Sampai berapa tahun pun tidak masalah dan tidak perlu ganti air, selama masih ada nutrisi atau pupuk. Solusinya adalah anda harus tau kapan menambah / mengganti pupuk, tentu bisa anda lihat dari pertumbuhan Azolla Microphylla seriap hari nya.

Bagaimana cara pemupukan yang benar Azolla Microphylla? Ini berhubungan erat dengan pertanyaan pertama. Ingat Azolla Microphylla adalah tumbuhan kecil dan masih mirip sama lumut atau ganggang. Maka Azolla Microphylla butuh pupuk yang mudah terurai dan dalam jumlah yang kecil. 

Lalu bagimana cara memupuk azolla yang benar? dan pupuk apa yang cocok untuk tanaman Azolla Microphylla? Kalau soal pupuk untuk azolla anda bisa memeberikan sedkit saja untuk pupuk kimia, misal nya TSP. Namun kami tidak menyarankan pupuk kimia, kenapa? Karena pupuk kandang saja sudah sangat bagus sekali dan murah, bahkan gratis. 

Cara pemupukan nya adalah anda cari pupuk kandang, baik kotoran sapi, atau kambing, atau kotoran ayam juga boleh dengan catatan yang sudah lama, atau yang sudah mendekati menjadi tanah. 

Paham? 

Anda bisa cari di bekas kandang atau di kandang yang sudah lama atau di tumpukan kotoran tapi cari saja yang sudah lama banget misal dah 1 tahun. 

 

Mengapa kok harus yang sudah lama? Jawaban nya adalah karena azolla tanaman kecil jadi akan panas jika pupuk nya masih baru, ketika panas maka dia akan mati. paham?

Oke...pupuk yang sudah lama itu anda masuk kan dalam karung, lalu anda bisa lobangi halus pakai paku, ingat bukan berlobang ya..hanya di lubangi halus saja. Sehingga air nya bisa masuk tetapi kotoran nya tetep dalam karung.  Untuk ukuran 2 x10 meter seperti gambar saya di atas anda bisa kasih 2 karung ukurang 50kg. Setiap 1 minggu sekali anda balik kan karung nya sehingga sari pati pupuk kandang nya keluar tetapi kotoran nya tetep dalam karung. Setelah kurang lebih 6 bulan anda bisa ganti pupuk / karung nya. Tinggal anda angkat dan buang, lalu ganti yang baru. Sisa buangan pupuk tadi bisa anda gunakan untuk memupuk kelapa sawit dll... paham? Silahkan komentar jika masih ada yang belum di pahami

 

Hewan apa saja yang bisa dikasih makan Azolla Microphylla ini?

Pada dasarnya semua hewan bisa memakan azolla ini asalkan dia mau. Namun yang telah kami praktek kan adalah, ayam baik ayam petelur, ayam kampung dan ayam pedaging, puyuh, bebek, itik, entok, ikan lele, ikan nila dan mas, ikan hias koki oranda, ikan hias koi dll... 


Mengapa Azolla Microphylla mati kering, di awali menguning pada ujung daun nya, lalu berubah  cokelat lama lama kering dan mati?

 Azolla Microphylla sangat mudah sekali di kembangkan, apabila mati kering maka kemungkinan nya ada 3 yaitu, pertama panas karena pupuk. Mungkin terlalu banyak atau kondisi pupuk nya masih baru. cek point 2 untuk masalah ini. Ke dua ada hama ulat, cek baik baik setiap lipatan daun nya, jika ada ulat maka semprot saja sama obat insecta, murah kok dan aman untuk azolla. Ke tiga mungkin tempat nya terlalu panas full 24 jam. Ingat azolla butuh tempat teduh, tapi bukan gelap ya. Artinya azolla kurang baik jika di kembangkan di tengah lapangan bola dan kurang baik jika dalam ruangan. Sebagik nya pagi hari sampai jam 12 kena sinar dan jam 12 sampai jam 4 teduh, jam 4 ke atas baru kena sinar lagi atau yang mendekati lah. paham?


Mengapa Azolla Microphylla berubah kecil kecil, padahal waktu beli terlihat sangat besar dan tebal?

Masih berhubungan dengan point 2 ya, intinya pada pemupukan dan kondisi panas dingin nya tempat. Cek suhu air nya, terlalu panas sekali tidak bagus untuk pembesaran azolla


Mengapa Azolla Microphylla menyusut volume nya lama lama tinggal sedikit dan lama lama habis?

Apakah tempat atau kolam yang anda gunakan untuk pengembangan azolla bebas dari predator? Karena biasanya azolla lama lama habis karena dalam kolam ada ikan nya. Selama tidak ada ikan nya dan pemupukan dan kondisi teduh tetep bagus dan besar. Cek juga ada ulat nya tidak, jika ada sama perlakukan nya seperti yang telah kami jelaskan di atas.

 

Bagaimana agar Azolla Microphylla tumbuh lebat, tebal dan cepat menjadi banyak

Ini mirip sama postingan di atas, itninya pada pemupukan dan ketika lama tidak turun hujan anda bisa menyemprot nya dengan tangki, air putih saja. Tujuan nya adalah agar bibit atau biji cepat menyebar. atau anda bisa juga memukul mukul pelan dengan menggunakan sapu lidi, tujuan nya agar pecah koloni atau biji nya menyebar sehingga cepat menjadi banyak.

 

Bagaimana mengatasi kolam azolla yang menjadi sarang nyamuk

Mungkin sebagian teman yang budidaya azolla di terpal atau kolam kecil tanpa ikan ada yang mengalami masalah di atas. Bagaimana cara mengatasi nya? Gampang, tinggal kasih aja obat pembunuh jentik. Apakah masalah sama azolla nya? Tidak

Wah kolam kami besar mas, gak mempan obat pembunuh jentik. Gampang, kasih saja ikan yang jenis kecil, misal nya ikan tiger fish, atau bahasa kami ikan kupu kupu atau ikan gincu atau ikan sejenis nya. Kasih sepasang atau 2 pasang ikan tiger fish...  

 

Demikian lah Panduan Lengkap Budidaya Azolla Microphylla semoga bermanfaat bagi anda, apabila masih ada yang bingung bisa anda tanyakan pada kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda di web pintu dunia.