Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Alternatif Ayam Petelur

Pakan Alternatif Ayam Petelur sebenar nya ada banyak sekali namun terkadang butuh proses panjang untuk bisa langsung di berikan pada ayam. Ada yang melakukan kombinasi pengadukan plus fermentasi pada pakan alternatif seperti tepung ikan, bungkil kedelai, ampas tahu, limbah pertanian dan lain sebagainya. Namun berdasarkan pengalaman kami selama memelihara ayam petelur semua itu kurang rekomended mengingat proses dan lain lain nya.

Ingat, pakan alternatif untuk ayam petelur sifat nya hanyalah pakan pembantu atau pakan penunjang saja, artinya bukan pakan utama. Pakan utama tetep sesuai nilai gizi dan energi yang telah sama sama kita pahami. 

 

Intinya pakan utama boleh pakan pabrikan atau pakan adukan sendiri dari konsentrat, jagung halus, dedak, dan bahan pembantu lain nya seperti tepung ikan, kapur (dolomit) dll. Artinya tinggal pilih untuk pakan utama ayam petelur, mau adukan sendiri atau pabrikan. Mana yang lebih bagus? Silahkan baca artikel kami tentang ini di Pakan Adukan Sendiri Atau Pakan Jadi?

Artinya pakan alternatif yang sering dituliskan orang orang di google seperti limbah gandum, sorgum, ubi yang di cincang halus, ampas tahu, ampas kedelai, bungkil kacang kedelai, tepung ikan dan tepung keong mas/siput hanyalah pakan pendukung.


Jadi adakah pakan alternatif terbaik ayam petelur? jawaban nya adalah ADA.

Simak penjelasan kami dibawah ini.

Sesuai judul diatas, Pakan alternatif ayam petelur yang bagus versi pintu dunia dan telah kami praktek kan adalah Azolla Microphylla

Tidak perlu proses panjang dalam pemberian nya pada ayam, diberikan dalam ke adaan segar juga baik, namun apabila anda mau di fermentasi dengan EM4 juga bagus.

Silahkan tonton video dibawah ini bukti kami menerapkan azolla microphylla sebagai pakan alternatif ayam petelur secara langsung, dan tentunya hemat pada pakan, ayam sehat dan mudah didapatkan serta di aplikasi kan. Ingat ini hanya sifat nya sebagai pakan tambahan atau pakan pelengkap ya, bukan pakan utama. Tapi bisa mengurangi jatah pakan utama karena telah kenyang makan azolla. Perlu diketahui juga aplikasi pemberian pakan pada ayam petelur usahakan siang hari agar ayam lahap karena mengandung air. Jadi aplikasi nya siang hari atau sebelum ayam makan sore


Azolla merupakan tumbuhan air yang mudah berkembang biak, hampir 30% pertumbuhan nya setiap hari nya. Sehingga Azolla bisa menjadi pakan tambahan ayam petelur yang efektif dan efesien. Azolla juga sangat digemari ayam, dan aneka unggas lain nya, bahkan ikan juga sangat suka. 

 

Demikian sharing singkat kami tentang Pakan alternatif pada ayam petelur, semoga mengispirasi dan apabila ada yang tidak anda pahami silahkan tinggalkan di kolom komentar agar dapat kami tindak lanjuti.