Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cangkok Lebah Trigona

Cara Cangkok Lebah Trigona terkadang susah bagi para peternak pemula lebah trigona. Untuk media informasi dan ilmu pengetahuan bersama maka pintu dunia akan mengulas tentang Cara Cangkok Lebah Trigona, Cara Cangkok Trigona Di Dinding Semen, Cara Cangkok Trigona di kayu dan lain lain.

Mengapa lebah trigona perlu pencangkok an ini? Karena terkadang kita menemukan koloni trigona atau sarang trigona yang tidak memungkin kan untuk di bawa pulang atau di ambil. Misal nya trigona pada dinding semen, atau trgiona pada dinding rumah, atau trigona pada tiang rumah, trigona pada jendela rumah dll. Semua tempat diatas tidak mungkin kita ambil, atau kita rusak. Nah, dalam hal ini maka perlu pencangkokan untuk memindah koloni tersebut.

Apa itu cangkok trigona? Secara sederhana cangkok trigona adalah mengambil koloni atau memindahkan trigona pada kotak buatan tanpa merusak tempat asli nya, sehingga tempat aslinya masih utuh.

Peralatan untuk cara cangkok lebah trigona dan tahapan nya adalah :

1. Kotak buatan, bisa dibuat sederhana panjang dan lebar menyesuaikan saja. Biasa kami membuat dengan lebar dan tinggi 5 jari tangan dan panjang 1 jengkal setengah. Kasih 2 lubang. Depan sebagai pintu masuk lebah dan belakang untuk penghubung selang ke pintu masuk asli dan kotak.

2. Selang kecil, bisa juga pipet es dll....dikira kira saja sekira trigona bisa lewat. makin pendek selang makin bagus.

3. Tanah liat atau lilin cair.

Mencangkok trigona di dinding semen

 Baik lah kami akan praktek kan Cara Cangkok Trigona Di Dinding Semen seperti gambar di atas

Persiapan Alat dan media cangkok

 

Dari hal di atas anda tinggal cari pintu masuk lebah trigona tersebut, letak kan kotak buatan tadi di dekat nya. Bisa anda paku atau gantung. Hubungkan selang / pipet yang salah satu ujung nya masuk ke dalam kotak dan satu nya masuk kan ke lobang pintu masuk lebah. Tambal serapat mungkin dengan tanah liat atau lilin cair agar trigona hanya keluar masuk melalui kotak buatan. Maka lama lama lebah akan malas kembali ke asal nya karena lama atau panjang nya perjalanan, maka dia akan menempati kotak buatan.

Tunggu sampai kotak buatan full lebah, nampak dengan sedikit nya aktivitas ke tempat asal (selang bening, jadi bisa di cek aktivitas nya)

Setelah di rasa pindah ke kotak buatan, tinggal ambil dan bawa pulang. 

Demikian lah postingan kami tentang Cara Cangkok Lebah Trigona semoga bermanfaat.