Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Paling Ampuh Membunuh Benalu Di Pohon Sawit

Apa pengertian benalu? Benalu merupakan tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan lain yang bersifat merugikan pada tumbuhan utama (pokok). Pada perkebunan kelapa sawit, pada daerah yang kurang perawatan kadang benalu ini tumbuh dan merupakan hal yang sangat menjengkelkan karena benalu ini mudah sekali menular pada pokok sawit yang lain nya. Penularan benalu pada pokok kelapa sawit ini melalui biji yang di bawa tikus atau burung. sehingga jika tidak cepat di atasi maka akan ada beberapa yang mulai tertular. Benalu di perkebunan kelapa sawit ini biasanya jenis beringin, dan jenis jenis pohon sulur panjang. Lalu bagaimana cara paling efektif membunuh benalu di pohon sawit ini?

cara paling ampuh membunuh benalu
Benalu jenis beringin di Pokok Sawit

Ada beberapa metode paling efektif membunuh benalu yang akan kami share secara detail pada postingan kali ini.

Metode paling ampuh dalam membunuh benalu ini kami sajikan dalam 3 tahap atau 3 cara memabunuh benalu paling cepat dan akurat.

Cara Pertama membunuh benalu paling ampuh

Cara pertama ini bisa kita terapkan jika pokok sawit masih pendek atau masih dalam jangkauan kita. Bisa juga kita terapkan walaupun sawit sudah tinggi namun posisi benalu berada pada jangkauan kita. Jadi cara pertama ini adalah, benalu kita bersihkan manual dengan alat sabit atau parang. 

Kita harus bersihkan sampai tuntas ke akar akar nya. Ada salah satu bagian akar saja yang tertinggal biasanya jenis benalu ini bisa tumbuh kembali.

Cara pertama membunuh benalu ini bisa anda terapkan hanya jika letak benalu pendek dan masih kecil karena jika sudah sangat besar maka akan sangat merepotkan dan tidak efektif. Cara pertama juga tidak bisa anda pakai ketika benalu jauh tinggi meskipun kecil, sehingga cara pertama ini jarang sekali di lakukan kecuali bagi petani yang masih berbuah pasir atau masih di bawah 3 meter lah tinggi pokok sawit nya.

Cara ke dua membunuh benalu paling tepat

Cara ke dua ini menggunakan sistem impus. Cara ke dua ini kurang lebih mirip cara ke tiga namun cara pemberian nya saja yang berbeda. cara kedua ini bisa anda terapkan dengan kondisi benalu tinggi atau rendah. Baik kecil atau besar benalu nya bisa anda terapkan.

Cara Pemberian impus ini menggunakan alat sebagai berikut :

  1. Obat racun untuk impus misal nya Gramaxone atau roundap atau bisa yang lain nya
  2. Tali rapia dan sejenis nya
  3. Plastik untuk tempat racun
  4. Parang

Caranya adalah bersihkan sekitar pokok sawit yang ada benalunya, kemudian cari akar nya yang paling besar. Lalu potong akar tersebut dan impus lah dengan menggunakan plastik tadi plus racun murni sekitar 200 cc atau 1 tutup saja cukup. Ikat dan tunggu sampai mati. Pastikan ujung akar yang anda potong tadi berada pada racun dalam plastik tersebut. Tujuan nya adalah agar racun tersebut habis di sedot oleh benalu. (konsep impus)

Mungkin anda tertarik membaca OBAT HERBISIDA PALING AMPUH

Cara ke Tiga membunuh benalu.

Cara ini mirip cara ke dua namun sedikit berbeda. Kalau cara kedua adalah dengan memberikan impus dengan racun tanaman (Obat semprot) dengan cara potong akar, maka cara ke tiga adalah hanya di oles saja akar nya dengan obat GARLON (obat anak kayu).

Hanya di oles saja ya, akar jangan sampai di potong. Ini kunci cara ke tiga ini.

Cara ketiga ini caranya adlah dengan mencari akar dari benalu yang ingin kita bunuh itu di sekitaran pokok sawit kita. Cari akan yang paling besar satu atau dua akar sudah cukup. Setinggi apapun benalu itu maka pasti ada akar nya yang sampai kebawah. Bongkar saja bekas bekas pelepah yang menempel di batang, biasanya akan ada akar tersebut.

 

cari akar yang akan kita kerik

 Bersihkan akar tersebut agar mudah ketika kita kerik nanti, kalau bisa carilah akar yang paling mendekati dengan tanah agar maksimal dalam proses ini.

Kita bersihkan
 

Kerik akar tersebut dengan kaca, atau batu atau apapun yang bisa untuk membuang kulit ari akar benalu tersebut. Hanya di kerik saja, bukan di kelupas seperti hal nya pada proses pencangkok an ya. kerik berlahan saja sampai warna cokelat hilang.

ketik kulit ari nya pakai kaca

 

Setelah di kerik kita kira 10 cm atau sesuai keinginan maka tinggal oleskan saja akar tersebut dengan obat garlon yang telah kita siapkan.

oleskan dengan Garlon

 

Oleskan merata dengan menggunakan kuas atau ranting kayu atau apapun. Bisa kita gunakan kayu kecil yang kita pukul pukul ujung nya menyerupai kuas. Yang penting bisa rata untuk oles saja.

Setelah di oles , selesai tinggal nunggu mati

 

Jika sudah selesai di oles dengan obat garlon pada bagian akar yang di kerik tadi maka biarkan sampai kering dan pastikan tidak hujan. Jika hujan maka besok nya bisa d oles kembali.

Nanti amati perubahan nya, maka lambat laun daun daun akan menguning dan pada akhir nya akan gugur mati kering.

Cara ke tiga ini yang paling efektif selama ini digunakan banyak orang. Karena mudah dan hemat biaya. 1 botol garlon bisa untuk ratusan pohon benalu karena memang hanya di oles saja. Sebagian orang ada yang di impuskan garlon plus solar, ini juga bagus. Namun cara cara di atas ini sudah terbukti ampuh dalam membunuh benalu. silahkan anda praktek kan.

Begitulah Cara Paling Ampuh Membunuh Benalu Di Pohon Sawit, yang mana cara ini bisa anda pakai untuk membunuh benalu di pohon apapun sebenar nya. Semoa bermanfaat.