Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Jamur Ikan Gurame

Obat jamur pada ikan akhri-akhir banyak sekali yang mencari, karena setelah kemarau panjang dan musim penghujan biasanya banyak ikan yang mati karena jamuran. Ikan yang terkena penyakit jamur ini akan mati satu persatu tiap hari. Dalam kasus yang parah bisa sampai 10 ekor per hari. Jamuran pada ikan juga terjadi karena banyak hal, misal nya kuwalitas air yang buruk. Penyakit jamur ini biasanya di tandai dengan ekor yang patah, lapuk dan ada luka luka pada badan dan sisik.

Penyakit Jamur pada ikan ini bisa menyerang jenis apa saja. Minggu lalu ada yang bertanya tentang obat jamur pada ikan patin, ada juga yang email kami menanyakan obat jamur ampuh untuk ikan lele, maka nya pada postingan kali ini saya akan share tentang Obat Jamur untuk Ikan Gurame dan ikan ikan lain nya. Satu resep obat jamur untuk ikan di bawah ini bisa anda aplikasi kan untuk semua jenis ikan.


 

Obat Jamur Ikan Gurame yang akan kami share ini adalah Obat Jamur herbal untuk ikan ya, jadi jenis ikan nya apa saja sama saja bisa di berikan, tidak mesti harus ikan gurami.

Silahkan simak cara membuat jamu penangkal jamur pada ikan di bawah ini

Alat dan bahan Obat Jamur Ikan Gurame

  1. Blender
  2. 3 ruas Jahe
  3. 3 ruas kunir
  4. 1 Siung bawah putih 
  5. Gula merah sebesar kuku aja, atau se cuil bahasa kita. hehehe
  6. Pakan ikan 1 Kg
  7. Air secukup nya ( sekitar 3 gelas)


Cara meracik obat herbal jamur pada ikan

  1. Bersihkan jahe dan kunir nya sampai bersih. untuk kulit nya tidak perlu di buang ya...hanya bersihkan saja dari tanah-tanah dan kotoran yang menempel sampai benar benar bersih. 
  2. Potong potong kecil Jahe dan kunir agar mudah di blender, tidak di potong juga tidak apa apa yang penting bisa lembut pas di blender.
  3. Kupas bawang putih nya.
  4. Masuk kan ke blender semua bahan tadi, yang terdiri dari jahe, kunir, bawang putih, dan gula merah
  5. Tambahkan dengan air secukupnya, bisa 2 gelas atau 1 gelas saja cukup, yang penting bisa lembut
  6. Blender semua bahan itu sampai benar benar lembut.
  7. Taruh di wadah misal nya baskom hasil bleder tadi, tambahkan air sampai 3 gelas total air nya ya, misal tadi blender 1 gelas, maka tambahkan lagi 2 gelas, total 3 gelas.
  8. Langkah yang paling penting adalah, masuk kan pakan 1 Kg tadi ke dalam baskom yang berisi racikan tadi, aduk aduk sampai merata.
  9. Diamkan pakan dalam baskom tadi sampai kira-kira air hasil blender telah di serap oleh pakan. Pakan akan tampak lebih besar nanti (mengembang)
  10. Kasih pakan pada ikan yang sedang sakit jamuran atau untuk penangkal jamur. 
  11. Selesai.

Catatan penting tentang obat herbal untuk jamur ikan di atas

Obat Jamur Ikan ini intinya adalah pakan / pur nya kita rendam dengan air blender racikan herbal tadi, lalu kita kasih ke ikan untuk 1 hari ya.

Misal, anda dalam 1 hari memberi makan 5 kilo, maka bahan di atas kalikan aja 5 paham?

Atau misal nya anda dalam 1 hari kasih pakan cuman 1/2 Kg, maka kurangi saja bahan di atas menjadi setengah nya. Paham?

Intinya pakan hasil rendaman racikan herbal penangkal jamur pada ikan tadi hanya bertahan untuk 1 hari saja. Pakan yang sudah di rendam racikan herbal tadi jangan di kasihkan ikan untuk besok nya, karena sudah basi. Kalau mau untuk besok ya rendam besok lagi...artinya sekali pakan di rendam maka hanya untuk 1 hari atau 24 jam. Biasanya kami rendam pagi, untuk makan pagi dan sore.

Berikan perlakukan di atas dalam waktu 3 hari berturut turut pada ikan jika telah ada penyakit jamur nya, atau berikan sehari saja untuk penangkal jamur pada ikan yang masih sehat.

Lalu bagaimana agar sekali buat bisa di pakai dalam waktu 3 hari? Gampang, misal nya anda memberi pakan per hari 1 kg, sedangkan perlakukan 3 hari. Artinya 3 kg. Maka buat saja blenderan nya untuk 3 Kg, namun setelah jadi air blender nya anda bagi 3. Paham?

Anda bagi 3, yang air blender 2  anda simpan dalam kulkas. Hari ini rendam 1 Kg, besok lagi 1 kg besok lagi 1 kg. paham? Jadi anda bisa membuat langsung untuk 3 hari, namun cara nya teteap per hari. kARENA pakan air rendaman hanya berlaku 1x24 jam. Paham?

Kesimpulan nya obat herbal untuk jamur pada ikan di atas untuk pengobatan jamur yang sudah ada maka anda berikan 3 hari berturut turut dan untuk pencegahan anda berikan 1 hari saja. Racikan herbal di atas juga sangat penting anda berikan meski ikan dalam keadaan sehat, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Selain mengobati jamur pada ikan, racikan di atas juga bisa menambah nafsu makan pada ikan dan menjadi kan ikan lebih segar dan lincah.

Demikian sharing kami tentang Obat Jamur untuk Ikan Gurame silahkan share jika dirasa ini bermanfaat.