Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jamu Herbal Untuk Ikan

Jamu Untuk Ikan - Pada postingan cara membuat jamu untuk unggas pada minggu yang lalu ada yang memberi komentar untuk membuatkan resep jamu untuk ikan lele, nila dan jenis ikan lain nya. Maka dari itu pada postingan ini saya akan memberikan tips cara membuat jamu untuk ikan agar selalu sehat dan aman dari segala penyakit. Ingat cara merawat ikan sangat menentukan keberhasilan anda. Pada peternak ikan gurame misal nya, sering sekali terserang penyakit jamur pada kulit ikan gurame sehingga berujung pada kematian. Padahal sudah pernah juga saya posting tentang obat jamur ikan gurame ini.

Oke tanpa panjang lebar mari kita bahas cara mudah  membuat Jamu Untuk Ikan ini, yang mana jamu untuk ikan ini bisa anda terapkan pada ikan apa saja. Jamu ini nanti nya bisa anda berikan pada ikan lele, ikan nila, ikan gurami dan jenis jenis ikan ternak lain nya.

Yang perlu saya infokan terlebih dahulu adalah jamu agar ikan sehat di bawah ini merupakan racikan yang ayah manjel ajarkan saat dulu saya bertanya tentang jamu penambah nafsu makan ikan alami. Dari sana akhir nya didapatlah resep jamu sehat untuk ikan di bawah ini yang bisa kita terapkan pada semua ikan ya... semoga ilmu beliau ayah manjel manfaat dan barokah dan semoga beliau senantiasa dipanjangkan umur nya. Amin 



Cara mudah membuat jamu untuk ikan

Pertama tama untuk membuat jamu pada ikan ini kita siapkan bahan bahan sebagai berikut:

  1. Jahe =   1 ons
  2. Kencur  = 1 ons
  3. Kunyit  = 1 ons
  4. Temu lawak = 1 ons
  5. 20 lembar Daun mengkudu
  6. 2 lembar Daun pepaya tapi ambil yang sudah tua
  7. Buah mengkudu yang sudah masak 2 buah
  8. YAKULT 2 botol
  9. Air ( paling bagus air matang) 10 liter
  10. Gula KELAPA 0,5 KG

Langkah langkah membuat jamu untuk ikan adalah :

  • Silahkan cuci bersih semua bahan dari no 1 sampai no 7 di atas
  • Setelah benar benar bersih lalu Haluskan semua bahan dengan di blender
  • Setelah itu Cairkan atau Didihkan gula dengan air secukupnya, asal mencair saja. Air untuk mencairkan ini ambil dari air yang 10 liter di atas
  • Jika sudah dingin maka campurkan semua bahan menjadi 1. Dan silahkan anda fermentasi selama 7 hari

Cara menggunakan jamu herbal untuk ikan ini adalah 

Untuk menjaga kesehatan ikan, untuk menambah nafsu makan pada ikan silahkan pakai Dosis 10 ml dari jamu di atas dan campurkan dengan 1 liter air putih dan berikan tiap 1 minggu 1x.

Perlu di pahami bahwa jamu untuk ikan di atas juga bisa anda masuk kan pada ikan di Aquarium ya...saya sering mencoba nya. Namun kita berikan 1 jam sebelum jadwal kuras Aquarium ya...

Misal nya tanggal 10 ini kita jadwal bersihkan dan kuras aquarium misal nya jam 5 sore. Nah berikan jamu agar ikan sehat di atas jam 4 sore. Jadi saat jam 5 sudah bersih. Bukan masalah apa apa sich tapi kalau di aquarium kan jadi kotor nanti kaca nya. Paham? Maka nya saya berikan 1 jam sebelum jadwal kuras aquarium. Al hasil sampai saat ini ikan arwana saya selalu sehat sehat saja karena memang begitu lah cara merawat ikan arwana yang baik dan benar. 

Demikian sharing kita tentang racikan Jamu Untuk Ikan supaya sehat selalu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Salam jumpa di pintu dunia dan silahkan search di web pintu dunia ini untuk artikel yang lain nya.