Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ikan Arwana

 

Cara perawatan Ikan Arwana

Panduan lengkap Merawat Ikan Arwana ini sangat penting anda pahami karena ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias yang harga nya cukup menguras kantong. Jadi akan sangat di sayangkan jika ikan kesayangan anda ini sampai sakit bahkan bisa bisa mati jika tidak paham cara perawatan ikan arwana ini.

Baca Juga : Cara mengatasi patah ekor ikan arwana

Cara Merawat Ikan Arwana yang baik dan benar sesuai yang kami lakukan selama ini akan kami sharingkan di bawah ini. Ada beberapa point penting dan Untuk tambahan yang lain lain nya bisa anda cari di google namun point point di bawah ini lah yang kami anggap penting dalam langkah langkah perawatan ikan arwana terlengkap ini.


1. Pemberian pakan ikan arwana

Pemberian pakan ikan arwana adalah point utama yang harus anda perhatikan. Cara memberi makan ikan arwana sebagian peternak terkadang berbeda namun saran kami sesuai yang telah kami praktek kan, maka ikan arwana di beri makan sehari 2 kali yaitu pada pagi hari sekitar pukul 5-10 pagi dan sore hari mulai pukul 5-10 malam.

Pada waktu mau memberi makan ikan arwana anda bisa memberi nya kode agar menjadi kebiasan dan tau jika waktu nya makan. Kami biasa nya mengetok ngetok kaca aquarium nya sebanyak 3 kali sebelum memberi makan. Jika ini anda lakukan dengan rutin maka ini akan menjadi kode kebiasan pada ikan.

Kode jadwal makan ikan arwana ini mempermudah anda jika sering berinteraksi dengan ikan arwana karena jika di ketok ketok kaca nya 3 kali maka dia pasti agresif liar siap menyantap makan. Tapi jika anda di dekat kaca namun tidak mengetok maka dia akan biasa saja dan tetap berenang gemulai dengan cantik. Kode Ini mempermudah anda berinteraksi dengan ikan apapun sebenar nya.

Berilah makan yang baik dan berkwalitas untuk ikan arwana. Anda bisa memberi nya pakan jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, dan sesekali bisa pakai lipan dan kodok.

Jika anda bertanya apa pakan terbaik ikan arwana? Maka menurut kami adalah ulat jerman. Anda bisa cek di google apa kelebihan pakan ulat jerman vs ulat hongkong dan jangkrik atau yang lain nya. Karena Selain protein yang tinggi ulat jerman juga simpel, tidak membuat air aquarium kotor karena ulat jerman tidak punya kaki tungkai dan sayap seperti jangkrik. Kemudian ulat jerman juga pakan yang murah di banding yang lain. Dari segi harga memang mahal dari pada jangkrik namun jangkrik mudah mati dan susah di pelihara dan cenderung kotor air nya karena punya kaki tungkai dan sayap dan sungut juga. Ulat jermat waktu beli agak kecil lama lama besar sendiri dan tidak pakai kabur atau hilang atau mati. rekomentasi pakan no 1 lah untuk ikan arwana jenis apapun.

Baca juga : Panduan lengkap budidaya ulat jerman

Kami menggunakan pakan ulat jerman full dari kecil sampai dewasa. Aman sampai saat ini dan tidak menyebabkan alergi. Ikan arwana tampak sehat dan gemuk dengan makan ulat jerman ini. Selain mudah dan awet ulat jerman juga mudah sekali di kembang biak kan sendiri. Anda bisa baca di web ini tentang cara budidaya atau beternak ulat jerman ini. Artinya anda cukup beli pakan ulat jerman ini sekali saja, selanjut nya anda bisa kembangkan sendiri dengan alat yang simpel dan pakan yang gratis juga.

Biasanya kami memberi makan ikan arwana pagi hari dengan 6 ulat jerman dan sore hari 7 ulat jerman untuk ikan arwana size Up 40 cm. Untuk ikan kecil menyesuaikan. Intinya kasih saja 1 dulu...habis kasih lagi, kasih lagi dan lagi sampai tau batas dia makan.

2. Waktu Pembersihan Aquarium arwana

Waktu Pembersihan Aquarium ikan arwana antara peternak satu dan lain nya terkadang berbeda, karena terkadang perbedaan jenis pakan nya mempengaruhi kotor tidak nya air pada aquarium. Namun berdasarkan pengalaman kami biasa nya membersihkan Aquarium ikan arwana sebaik nya di bersihkan setiap 15 hari sekali. Silahkan bersihkan dengan kapas setiap sisi kaca aquarium sambil air di buang pakai selang sampai tersisa 5 jari saja, atau sekira ikan masih bisa nyaman saja.

Jadi jika ada yang bertanya kapan akurium ikan arwana di bersihkan? kondisional jawaban nya. Terkadang baru 1 minggu sudah kita bersihkan jika sudah tampak kotor dan ada lumut di kaca nya.

Faktor makanan juga mempengaruhi cepat kotor tidak nya aquarium ikan arwana ini. Pakan jangkrik dan kodok lebih cepat membuat air kotor bila di banding dengan pakan ulat jerman.

Berdasarkan pengalaman, Kami walaupun menggunakan pakan ulat jerman namun setiap 15 hari sekali pasti kami bersihkan sambil ganti air hingga 70% lebih. Hal ini sangat baik untuk berinteraksi dengan ikan dan membuat ikan jinak.

Ingat...sambil membersihkan kaca sekali kali pegang lah ikan atau senggol senggol saja. Jika setiap 15 hari anda lakukan ini maka ikan akan terbiasa dan yakin lah ini asik lo.....silahkan anda coba.

Kesimpulan nya, Aquarium harus segera di bersihkan jika tampak kotor atau ada lumut di dinding kaca nya atau jika masih bersih setiap 15 hari bersihkan saja untuk kenyamanan ikan dan kesehatan juga


3. Program Lampu ikan arwana

Program Lampu ikan arwana menyesuaikan sesuai dengan jenis dan usia ikan. Lampu ada banyak jenis. Ada lampu tanning dan ada lampu biasa/penerangan. Lampu tanning sesuai porgam nya saja, bisa anda cek di google atau group group ikan arwana.

Untuk lampu tanning hanya pada ikan arwana SR saja. Untuk ikan arwana selain SR kami biasa nya hanya pakai lampu penerangan saja sesuai selera warna.

Jika lampu penerang sifat nya maka lampu bisa anda hidupkan full 24 jam ya...kami biasa menggunakan berbagai jenis merek lampu. Asal sifat nya hanya penerang tidak masalah jenis apapun. Lampu penerang kita letak kan di atas aquarium atau pada bagian depan agak ke atas.

4. Pemberian obat dan vitamin pada ikan arwana

Pemberian obat dan vitamin pada ikan arwana sifat nya kondisional. Jika ada masalah baru kita kasih kan. Pada dasar nya ikan arwana adalah salah satu jenis ikan predator yang kuat sekali. Ia tahan terhadap segala macam jenis penyakit. Kuncinya cuman pada kwalitas pakan dan kwalitas air yang bersih dan jadwal pengurasan aquarium yang baik saja. Ini sudah kami jelaskan pada point no 2 di atas.

5. Penyakit pada ikan arwana dan masalah yang timbul

Sebenar nya ikan arwana ini anti penyakit lo...sudah lama kami bergelut di bidang ikan arwana ini dan hampir tidak pernah ada penyakit. Kalau punya teman dulu pernah ada jamuran. Tapi dari pengalaman pengalaman peternak ada 2 penyakit yang sering timbul yaitu:

Jamuran pada ikan arwana

Ikan arwana bisa terkena jamur kulit. Biasa nya ikan terkena jamur ini karena anda tidak paham dengan point no 2 di atas. Yup kunci nya adalah kwalitas air. Jika air bersih, saringan filter berjalan baik, oksigen cukup, maka saya rasa tidak pernah ada penyakit ini. 

Jika ikan anda jamuran cek aja di google atau shoppe, banyak kok obat jamur pada ikan arwana ini.

Kutil pada ikan arwana

Sama seperti kasus jamuran di atas, ini juga di sebabkan kwalitas air yang jelek dan filter yang tidak berjalan baik dan jadwal kuras dan bersihkan aquarium yang telat. Jika semua dilaksanakan dengan baik maka penyakit tidak akan datang.

Satu lagi untuk terhindar dari segala penyakit, kasih lah pakan ulat jerman. Terbukti daya tahan tubuh naik dan gemuk serta sehat. Juga tidak mengotori air.

Ikan arwana Lompat keluar dari aquarium

Ini adalah masalah yang sering terjadi pada ikan arwana. Ingat ikan arwana adalah predator yang sangat kuat dan agresif. Ia rela meloncat tinggi guna menangkap mangsa. Terkadang di atas akuarium ada laron yang terbang atau capung, maka ikan arwana akan lompat tinggi dan jatuh di lantai, pada akhir nya akan mati. Ini adalah 99% penyebab utama kematian ikan arwana hehehehe

Jadi pasang tutup pada bagian atas aquarium ikan arwana, ini adalah wajib. Jangan sampai kejadian baru anda paham ya? hehehehe ingat harga arwana mahal lo....

7. Pakan tambahan Ikan arwana

Pakan tambahan pada ikan arwana sesekali perlu anda kasih. Sama seperti kita, sesekali perlu lah makan sate atau rendang, hehehehe

Pakan tambahan bisa anda berikan minimal 1 minggu sekali saja. Pakan tambahan ini bisa anda kasih kodok, atau udang basah segar, atau lipan. 

Biasanya kami tiap hari minggu pagi kasih pakan tambahan arwana dengan pakan kodok air atau lipan. Semua pakan tambahan di berikan dalam keadaan segar dan hidup. Nanti ikan nya di gigit lipan? Aman saja, ikan lebih hebat kok hehehehe 


Terimakasih telah membaca Cara Merawat Ikan Arwana semoga ini bermanfaat bagi anda dan tambah semangat memelihara ikan arwana karena ikan arwana selain cantik juga di percaya mendatangkan kebaikan hehehehe