Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menetaskan Telur Puyuh Dengan Mesin Tetas Manual

Cara Menetaskan Puyuh Menggunakan Mesin Tetas Manual sedikit berbeda dengan menetaskan puyuh dengan mesin tetas otomatis. Perbedaan mesin tetas manual dengan mesin tetas otomatis adalah jika mesin tetas manual maka pemutaran telur dilakukan secara manual pakai tangan satu persatu. Berbeda dengan mesin tetas otomatis yang mana tidak perlu di putar secara manual telur nya karena tinggal tekan sudah mutar sendiri.

 

Yang sering menjadi pertanyaan sahabat semua adalah bagus mana antara mesin tetas manual dan mesin tetas otomatis? Atau mana yang lebih bagus mesin tetas manual atau otomatis? maka nya ada yang membuat artikel mesin tetas otomatis vs mesin tetas manual.

Untuk bisa menjawab pertanyaan di atas butuh beberapa sudut pandang, karena setiap orang punya pandangan masing masing mengenai cara penetasan telur ini. Baiklah kami akan menjawab berdasarkan pengalaman yang telah kami lakukan selama ini.


Pada saat anda menggunakan mesin tetas otomatis maka anda tidak perlu lagi memutar manual pada telur tetas, anda tinggal tekan saja maka telur sudah berganti posisi. Sangat cocok bagi anda yang bisnis penetasan sekala besar. 


Pada saat anda menggunakan mesin tetas manual maka Cara Menetaskan Telur Puyuh Menggunakan Mesin Tetas Manual adalah dengan cara telur di putar atau di balik secara manual pakai tangan satu persatu atau di sapu pakai tangan secara berkelompok. Hal ini akan bisa anda praktek kan sendiri. mudah kok.


Nah bagi peternak sekali kecil seperti kami, maka menggunakan mesin tetas manual lebih bangus dari pada mesin tetas otomatis. Mengapa?

1. Mesin tetas manual lebih rata pemutaran telur nya

Mesin tetas otomatis hanya berpindah posisi yang itu itu saja, namun mesin tetas manual bisa berputar bahkan 360 derajat. Artinya mesin tetas manual lebih bagus soal pemerataan suhu. Masalah kapan waktu terbaik pemutaran telur pada mesin tetas manual ini anda bisa membaca artikel kami yang berjudul Waktu Terbaik Pemutaran Telur Puyuh Pada Mesin Tetas

2. Mesin tetas manual mudah mengamati kalau ada masalah

Karena mesin tetas manual di putar manual telur nya maka saat anda memutar telur nya, misal nya dalam 1 haru 4 x putar, maka saat memutar telur anda bisa dengan mudah menemukan masalah. misal nya, ada telur yang busuk, ada telur yang retak atau ada telur yang ringan atau kopong. Jika anda menggunakan mesin tetas otomatis maka hal ini tidak akan bisa anda temui.

 

3. Mesin tetas manual bisa di buat dengan mudah dan jika beli pun harga nya lebih murah.

Nah bagi anda yang modal pas pasan Cara Menetaskan Telur Puyuh Menggunakan Mesin Tetas Manual pasti akan lebih di sukai karena mesin tetas manual lebih murah dan mudah di buat. Tinggal beli saja alat pengatur suhu nya dan termometer, tinggal rangkai saja. Anda bisa cek di youtube untuk tutorial nya, intinya mudah kok.

 

Lalu apakah mesin tetas otomatis kurang bagus? Tetap bagus, tapi ini kembali kepada anda. Saran kami, jika anda peternak menengah ke bawah maka pakai lah mesin tetas manual karena anda punya banyak waktu dan ilmu, tapi jika anda peternak atau pembisnis bibit menengah ke atas maka pakailah mesin tetas otomatis karena mudah dan tidak ribet dan tidak terlalu capek.


Silahkan like dan share Cara Menetaskan Telur Puyuh Menggunakan Mesin Tetas Manual ini jika merasa artikel ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.