Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Terbaik Pemutaran Telur Puyuh Pada Mesin Tetas

Waktu Terbaik Pemutaran Telur Puyuh Pada Mesin Tetas terkadang masih menjadi hal yang membuat para peternak puyuh bingung. Terkadang antara peternak satu dengan yang lain nya berbeda akan hal ini. Sehingga terkadang peternak pemula bingung kapan waktu pemutaran telur tetas pada puyuh atau kapan waktu yang tepat memutar telur pada mesin tetas. Baik lah kami sebagai pembibit telur tetas puyuh akan share pengalaman kami soal waktu memutar telur tetas yang terbaik.


 
Sebelum nya mari kita bahas mengapa telur pada mesin tetas perlu di putar ? Telur saat penetasan perlu di putar karena ini adalah soal pemerataan suhu.

Oke sekarang saya akan bertanya, Pernah kan anda melihat ayam atau burung mengeram? 
 
Coba sekali kali anda Perhatikan ketika ayam mengerami telur nya, maka sesekali ayam akan mematuk telur nya kekiri dan kekanan, atau bahasa kita adalah ayam akan memutar telur nya. Walaupun ayam mengeram secara alami tetapi sudah naluri pada ayam untuk memutar telur nya guna meratakan suhu serata mungkin sehingga calon anak berkembang secara maksimal dan menetas sempurna

Cara menetaskan telur puyuh dengan masin tetas pada prinsipnya sama dengan menetaskan secara alami. Artinya panas dan suhu harus merata. Bagi anda mungkin perlu membaca artikel kami yang berjudul berapa suhu terbaik mentetaskan telur.

Perlu kita ketahui bahwa Kunci sukses atau cara rahasia menetaskan telur puyuh yang mendekati 100% adalah terletak pada pemerataan suhu. Asal suhu dalam mesin tetas rata maka peluang menetas akan sangat besar.
 
Jadi bagaimana desain mesin tetas puyuh yang paling baik?
 
Desain mesin tetas telur puyuh terbaik adalah gunakan lah lampu 5 watt dan sebar secara merata. Mengapa harus 5 watt? Karena jika diatas itu, misalnya bohlam 10 wat maka ketika bagian bawah lampu sudah sangat panas sedangkan bagian lain nya belum artinya kurang merata. 
 
Paham? 
 
Jadi pilihlah lampu 5 watt tapi di buat banyak atau di ratakan lampunya. Jarak antara lampu satu dengan yang lain nya kisaran 1 jengkal paling jauh

Kembali pada judul postingan, lalu kapan Waktu Terbaik Pemutaran Telur Puyuh Pada Mesin Tetas? Jawaban nya adalah sebanyak mungkin selama itu tidak mengganggu penurunan suhu. Karena semakin banyak anda buka tutup mesin tetas untuk memutar telur maka suhu akan turun. Jadi selama yang kami praktek kan selama ini kami memutar telur tetas pada puyuh antara 4 sampai 5 kali dalam 1 hari, dengan bohlam 5 watt, dan terbukti hampir mendekati 100 % penetasan nya.
 
Sekarang yang jadi pertanyaan adalah kapan pertama kali telur puyuh pada mesin tetas di putar? Waktu pertama kali telur puyuh di putar adalah pada hari ke 2 malam ketiga, atau pada hari ke 3 atau pada hari ke 3 malam ke 4, atau paling lambat pas hari ke 4. ini adalah rentang memutar telur puyuh pertama kali. Jadi Waktu terbaik memutar telur pada mesin tetas adalah hari ke 2 malam ke 3 atau anda bisa memilih waktu di atas dengan catatan, jangan di putar sebelum 2 hari dan jangan sampai lewat 4 hari.

Paham?

Kemudian yang tidak kalah penting nya adalah kapan terakhir kali telur puyuh pada mesin tetas di putar? Ingat, ketika mendekati masa menetas maka telur jangan di putar lagi. Telur puyuh pada mesin tetas berhenti di putar pada hari ke 16 malam ke 17. Kembali kan telur pada posisi pertama saat anda memasuk kan nya, atau boleh juga posisi sembarang asal runcing telur tidak menghadap ke atas.

Perlu anda ketahui juga bahwa untuk memilih jantan dan betina nya puyuh yang akan menetas sudah bisa dilakukan saat masih telur, walaupun cara ini tidak akurat 100% namun perlu anda coba. Silahkan baca artikel kami yang berjudul Cara Melihat Jantan Atau Betina Puyuh Dilihat Dari Telurnya

Terimakasih teleh membaca Waktu Terbaik Pemutaran Telur Puyuh Pada Mesin Tetas di web pintu dunia, semoga artikel ini bermanfaat.