Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Suhu Terbaik Menetaskan Telur Puyuh

Dalam menetaskan telur, baik menetaskan telur puyuh atau telur ayam dan bebek maka yang paling penting selain kwalitas telur adalah suhu. Nah masalah nya Berapa Suhu pada mesin tetas yang terbaik? ini sering sekali ditanyakan oleh para penetas pemula atau sering sekali komentar di web pintu dunia bertanya " berapa suhu yang terbaik dalam menetaskan puyuh"?

Baik lah kami jawab " Suhu terbaik dalam menetaskan puyuh adalah 37,5 C". Ini adalah suhu terbaik versi kami. Artinya di luar sana mungkin suhu menetaskan telur puyuh sedikit berbeda. Tapi selama kami berkecimpung dalam penetasan memang rata rata kami menggunakan suhu 37,5,  kalau boleh di tarik rata rata maka dari 36 sampai 39 C. 
 
Yang paling penting adalah Jangan pernah di bawah 36 celcius dan jangan pernah di atas 39, ini kuncinya. Paham? jika ini anda lakukan maka di pastikan telur puyuh akan menetas.

Bila anda masih pemula dalam penetasan jangan lupa membaca artikel kami tentang Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menetaskan Puyuh


berapa suhu menetaskan puyuh


Masalah suhu berapa yang terbaik dalam penetasan telur ini bisa anda memahami setelah anda praktek. Terkadang peternak satu dan lain nya berbeda. Perbedaan itu terjadi karena tempat yang berbeda dan suhu daerah tertentu juga berbeda. Namun kami yakin selama suhu msin tetas itu antara 36-39 maka kami pastikan telur akan menetas, walaupun mungkin persentasenya akan berbeda. Trial eror anda sendiri sangat penting disini, karena mungkin laen daerah, lain suhu luar, lain pula suhu penetasan ideal nya. Namun batas ambang nya adalah 36-39 C.
 
Selain itu jarak pemasangan lampu atas ke telur juga pengaruh terhadap suhu ini, jadi mulai lah dari 36 sampai 39 dan anda pasti akan paham sendiri setelah terjun langsung.
 
Selain Suhu Terbaik Menetaskan Telur Puyuh ada faktor faktor laen yang mempengaruhi hasil dari pada penetasan ini. 
 
Diantara faktor tersebut adalah :
 
1. Kondisi mesin tetas
 
Ideal atau tidak nya mesin tetas sangat mempengaruhi hasil dari pada penetasan. Maka jika anda ingin berhasil dalam menetaskan telur puyuh pastikan mesin dalam kondisi terbaik. Pastikan suhu dalam mesin telah stabil sebelum telur di masuk kan. 
 
Hidupkan mesin tetas minimal 10 menit sebelum telur masuk, dan pastikan suhu telah stabil. Jangan begitu telur di masuk kan mesin tetas baru di hidupkan. Paham ya? Ibarat mobil, di panasi dulu mesin nya sebelum di kendarai.

Kondisi lampu yang rata juga berpengaruh, artinya buatlah lampu dengan ukuran 5 watt saja namun merata. Agar panas yang dihasilkan tidak terlalu panas namun rata. kuncinya adalah panas yang rata
 
2. Rata tidak nya pemutaran
 
Jika anda menggunakan mesin tetas manual, maka rata atau tidak nya waktu pemutaran telur ini akan sangat penting sekali. Jadi pastikan rata dalam pemutaran dan untuk tata cara nya telah kami posting beberapa saat yang lalu dengan judul waktu terbaik memutar telur puyuh
 
 Jadi trik supaya rata dalam memutar telur puyuh dalam mesin adalah, ambil 50% telur nya dan taruh dalam wadah atau taruh sebelah nya. Karena jika terlalu padat maka pasti tidak akan rata dalam memutar ini. Jadi ambil 50% telur nya dan putar secara merata, lalu masuk kan lagi yang 50% tadi. Pastikan setelah selesai anda cek apakah ada telur yang terbalik? ingat...setelah di putar semua telur harus lancip di bawah atau rata minimal nya. Jangan ada yang ujung telur lancipnya menghadap ke atas. Paham?
 
3. Suhu ruang dan kelembapan.
 
suhu ruang ini berpengaruh ketika cuaca ekstrim sekali, misal terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi pantau lah pengukur suhu yang telah ada dalam mesin tetas setiap hari nya
 
Kelembapan ini juga penting saat menetaskan telur puyuh. Jadi pasang lah nampan berisi air di bawah telur agar kelembapan terjaga. lihat postingan kami sebelum nya yang membahas soal ini


Demikian mungkin ulasan singkat tentang suhu terbaik dalam menetaskan telur puyuh, bila ada yang tidak anda pahami silahkan tinggal kan komentar di web pintu dunia ini.