Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Jantan Atau Betina Puyuh Dilihat Dari Telurnya

Cara Melihat Jantan Atau Betina Puyuh dari Telurnya dapat anda lakukan walau masih belum anda tetaskan. Ini berarti sama dengan pemilihan telur bibit yang sudah kami posting pada postingan Cara Memilih Telur Bibit Puyuh Yang Akan Ditetaskan



Berdasarkan pengalaman kami Jantan Atau Betina Puyuh dapat ditentukan dari telur nya walaupun ini tidak mesti akurat 100% namun dari pengalaman kami hampir mendekati 90%. Cara Melihat Jantan Atau Betina Puyuh Dilihat Dari Telurnya ini perlu anda lakukan trial eror sesuai jam terbang yang anda milki dibidang penetasan telur puyuh.
 
Lalu bagaimana caranya memilih jantan atau betina puyuh dari telurnya?

Jika anda ingin telur betina maka carilah telur yang oval dan bulat, sedangkan bila anda menghendaki menetaskan jantan maka carilah telur yang lonjong sekali.

Ingat cara memilih jantan atau betina puyuh dari telurnya ini tidak mesti benar 100% namun hasil nya sangat memuaskan menurut kami. Selama 9 kali penetasan belakangan ini maka puyuh yang menetas dominan betina dari pada saat awal awal dulu kami menetaskan namun tanpa mimilih telur alias bebas. Cara ini coba anda terapkan, anda akan tau hasil nya jika telah praktek, walaupun sekali lagi ini tidak pasti 100% benar.
 
Mengapa tidak mesti benar 100%? karena tentunya banyak sekali faktor yang berpengaruh.
 
Perlu di ketahui juga pada waktu kecil warna pada puyuh juga belum bisa dipastikan jantan atau betina kecuali bibit sudah F4, kalau sudah F4 maka setiap coklat adalah betina dan setiap hitam adalah jantan.
 
Artinya anda tidak akan bisa  melakukan metode Cara Melihat Jantan Atau Betina Puyuh Dilihat Dari Telurnya jika induk bibit anda masih tahap campuran atau F1-F3. Karena puyuh yang menetas cokelat belum tentu betina dan sebalik nya yang menetas hitam belum tentu jangan. Jika anda masih belum paham beda jantan dan betina puyuh ketika masih tahap campuran silahkan baca artikel kami tentang Cara membedakan puyuh jantan dan betina
 
Oke kembali kepada cara melihat jantan dan betina puyuh dari telur nya. Artinya untuk menggunakan metode ini maka induka an anda sudah F4. Bagaimana cara membuat nya?

Oke dalam dunia pembibitan ini biasa disebut dengan breeding. Mari kita bahas sekalian cara breeding puyuh, semoga membantu anda.

Cara breeding puyuh untuk menghasilkan final stock


Pembibitan apapun termasuk unggas puyuh pada setiap jenisnya menggunakan prinsip yang sama. Tingkatan bibit awal atau pertama disebut GGPS (Grade Grand Parent Stock). Kemudian GGPS dikawinkan, atau bahasa mudah nya bibit awal yang anda miliki (terserah jenis apa) anda kawinkan sesamanya dan muncul anakan yang disebut GPS (Grand Parent Stock).
 
Kemudian GPS betina hasil anakan tadi anda kawinkan dengan GGPS jantan dan GPS anakan yang jantan nya anda kawinkan dengan GGPS betina kemudian akan muncul anakan nya yang disebut PS (Parent Stock).
 
Paham sampai sini?
 
PS jantan dan PS betina dikawinkan dan menghasilkan FS (Final Stock). Nah dari FS inilah yang orang biasa menyebut sudah tahap akhir, karena nanti anak nya akan menjadi F4. Kalau induk an F4 maka anak nya sudah bisa dipastikan atau di pilih jantan atau betina berdasarkan warna.

Bagaimana caranya? anda tinggal ambil anakan FS tadi yang jenis hitam anda ambil yang betina saja dan dan anakan FS jenis coklat diambil yang jantan kemudian keduanya dikawinkan. Hasil dari perkawinan tersebut digunakan untuk pembibitan untuk produksi telur konsumsi alias F4. Artinya jika menetas warna hitam sudah pasti jantan dan ketika menetas warna cokelat pasti betina. Paham?

Artinya induk an untuk  penetasan pada puyuh adalah betina nya hitam dan jantan nya cokelat, dan ketika kawin kedua nya maka anak hasil keduanya yang hitam adalah jantan dan yang betina adalah cokelat. 


Dalam dunia pembibitan atau breeding ini sangat penting, mengapa? Karena kita tidak butuh untuk memelihara jantan. Anggap kita mentaskan 5000 ekor, yang hitam misal 2000 ekor. Akan sangat sayang pakan ketika yang hitam juga kita pelihara, bisanya dalam dunia penetasan yang jantan akan dijual borong untuk pakan lele atau pakan ular dll...sesuai cara masing masing penetas. Nah untuk bisa melakukan ini ada harus bisa memastikan jika anak hitam adalah jantan dan anak cokelat adalah betina. 

Hal diatas bisa anda laksanakan dengan cara konsep breeding puyuh seperti yang telah kami jelaskan diatas.

Setelah anda paham konsep breeding pada puyuh baru anda bisa menerapkan konsep Cara Melihat Jantan Atau Betina Puyuh Dilihat Dari Telurnya dengan cara memilih telur nya induk kan F4 atau FS. karena jika induk kan nya GPS maka cara ini tidak bisa anda lakukan.

Demikian lah sharing kami saat ini tentang Cara Melihat Jantan Atau Betina Puyuh Dilihat Dari Telurnya dan langkah langkah breeding puyuh semoga bisa beramanfaat bagi anda, untuk artikel lain nya bisa anda search di web pintu dunia ini, salam sukses selalu.