Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Telur Bibit Puyuh Yang Akan Ditetaskan

Ada Cara Memilih Telur Bibit Puyuh Yang Akan Ditetaskan yang harus anda pahami, karena salah satu Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menetaskan Puyuh salah satunya adalah pemilihan telur bibit puyuh ini.


gambar telur puyuh


Nah sekarang bagaimana Cara Memilih Telur Bibit Puyuh Yang Akan Ditetaskan agar sempurna, paling tidak mendekati 90% menetas?

Pada pemilihan telur bibit puyuh ini, berdasarkan pengalaman Pintu Dunia adalah sebagai berikut :


1. Pastikan telur yang akan kita tetaskan adalah telur hasil perkawinan, artinya telur hasil perkawinan jantan dan betina, biasanya menggunakan perbandingan 1 jantan dan 4 betina atau bisa 1 jantan 3 betina atau ada juga yang memakai 1 jantan 5 betina. 

Apakah telur yang di jual di toko bisa di tetaskan? Yup sesuai point 1 Artinya telur puyuh yang di jual di toko tidak dapat ditetaskan. Mengapa? karena tanpa perkawinan. Paham?

Ingat, pada dasarnya semua unggas, asal kebutuhan nya tercukupi maka tanpa pejantan pun dia akan bisa bertelur, tapi tidak bisa di tetaskan. Jadi bertelur tidak nya unggas yang kita pelihara bergantung pada kebutuhan pakan nya tercukupi apa tidak, terlepas kita mau membuat pakan adukan sendiri atau pakan jadi (pabrikan)

2. Pilihlah telur yang mempunyai Bintik telur dan Bintik telur nya harus tersebar merata, dan hindari telur yang berwarna putih atau biru, intinya cari saja yang bintik nya tersebar hampir merata karena telur jenis ini paling bagus di tetas kan. Kalau anda amati ada sebagian telur puyuh yang bintik bintik telur nya hanya sebagian saja, atau bahkan ada yang putih polos dan lain lain...intinya yang terbaik agar sukses Cara Memilih Telur Bibit Puyuh Yang Akan Ditetaskan adalah cari lah yang natural bintik nya tersebar merata.


3. Pilih telur yang oval, jangan yang bulat sekali dan jangan yang lonjong sekali. Terkadang telur puyuh ada yang bulat seperti kelereng, jangan di ambil. Ada juga yang lonjong sekali..jangan juga di ambil. Jadi Jika anda ingin Cara Memilih Telur Bibit Puyuh Yang Akan Ditetaskan mendekati 100% maka cari lah yang oval biasa saja...paham?

 

4. Kemudian jika ingin hasil maksimal dalam penetasan telur puyuh ini maka pilihlah telur yang standar dan biasa saja dalam hal berat dan besar. artinya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, jangan terlalu lonjong dan jangan terlalu bulat seperti kelereng. Yang wajib anda hindari adalah telur yang besar sekali, karena telur puyuh yang besar ini biasanya kuning telur nya ada dua, dan ini di pastikan tidak akan menetas. Sekali kali coba anda rebus telur puyuh yang jumbo ini, liat lah nanti akan ada 2 kuning telur. Jadi hindari telur seperti ini untuk di tetaskan. Telur yang terlalu kecil juga jangan di tetaskan. Paham?


5. Pisahkan telur yang terlalu ringan, terkadang waktu kita ambil telur ada yang berat nya ringan banget....nah ini jangan di tetaskan karena kebanyakan tidak menetas dan kopong. Mungkin saat 1 atau 3 hari dalam mesin tetas masih biasa saja, namun menjelang 10 hari telur yang ringan ini akan kopong dan retak ke gesek gesek saat pemutaran telur puyuh di mesin tetas.

Mungkin anda tertarik membaca: Waktu terbaik memutar telur pada mesin tetas

6. Jangan ambil telur yang ada bintil nya,,,terkadang di kulit telur suka ada bintil kecil (bisa di raba) nah yang seperti ini jangan di tetaskan karena terkadang setelah 2 hari di mesin tetas maka dia akan bolong dan menjadi busuk (tidak menetas)

Demikian lah sekilas tips cara memilih telur puyuh yang akan ditetaskan versi pintu dunia, silahkan share jika di rasa bermanfaat.