Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sebagian Postingan Yang Deindeks

Cara Mengatasi Sebagian Postingan Yang tidak di indeks google ini saya share dari pengalaman web kami sendiri yaitu www.pintudunia.com yang ternyata ada sebagian URL postingan nya yang deindek atau tidak di indeks oleh mesin pencari, dalam hal ini adalah google. 

Ingat yang kami bahas ini adalah tips Mengatasi Sebagian Postingan Yang tidak di indeks google ya, bukan Cara mengatasi blog yang deindeks. Artinya web kami, pintu dunia sudah di indeks google dengan cukup baik, namun ada beberapa URL postingan yang tidak di indeks oleh google atau deindeks. Kita fokus pada cara mengatasi postingan yang deindeks ya....bukan web utama nya atau domian nya yang deindex. 

Masalah alasan mengapa postingan tersebut menjadi tidak terindeks oleh google sudah kita bahas pada postingan dengan judul Penyebab postingan tidak di index oleh google

Perlu saya jelaskan bahwa web pintu dunia ini telah tayang hampir satu tahun dengan lebih dari 100 artikel dengan niche general. Nah pada beberapa waktu yang lalu saya iseng iseng cek di google search console, ternyata ada lebih dari 30 artikel yang tidak di index oleh google. Wah...kaget tentunya, dan ini adalah pengalaman baru buat saya karena saya pikir semua postingan saya sudah ter index oleh google mengingat sudah banyak artikel dari pintu dunia ini yang sudah page one di google.

Untuk lebih meyakin kan lagi saya cek ulang semua URL postingan yang deindex tersebut di google search console lalu saya simpan di notepad satu persatu untuk saya cek manual.di google nya.

 

Ada 30 postingan yang tidak di indkes

Cek gambar di atas, dari data google search console ada 31 an dari web pintu dunia yang di kecualikan, alias tidak di indeks oleh google. Itu bisa kita klik dan lihat URL postingan mana saja yang tidak di indeks oleh google tersebut. Lalu saya save satu satu di notepad dan saya cek manual satu satu.

Salah satu contoh Artikel atau postingan saya yang tidak di index oleh google adalah " Cara merawat ayam petelur mulai pertama"

Cek satu satu manual indeks postingan

Dari gambar di atas anda bisa lihat bahwa saya lagi cek URL Cara merawat ayam petelur, apakah di indeks google atau tidak.

Bagaimana cara cek url deindeks dengan google search console? bagian kiri anda bisa lihat ada menu "Inspeksi URL". Nah di sana lah kita bisa cek satu per satu url postingan kita yang tidak diindeks agar benar benar yakin. 

Setelah saya cek sesuai gambar di atas, maka hasil nya seperti di bawah ini 

Setelah cek inspeksi url hasil nya tidak di indeks

Cek gambar di atas, maka benar bahwa artikel saya Cara merawat ayam petelur mulai pertama tidak ada dalam pencarian google alias postingan tersebut deindeks. Ini hanya salah satu dari 30 URL lain nya yang deindeks ya...karena sesuai data google console ada 30 an postingan saya yang deindeks.

Oke sekarang bagaimana Cara Mengatasi Sebagian Postingan Yang Deindeks ini agar kembali di indeks oleh google? cara paling ampuh mengembalikan indeks postingan ini sudah saya praktek kan dan terbukti work !!....

Oke simak satu persatu ya tips jitu mengatasi deindeks url postingan di bawah ini

Langkah Pertama membuat postingan kembali di indeks google

Pastikan anda sudah cek semua postingan yang deindeks tersebut, baik anda cek melalui data url deindeks dari google search console atau cek manual di web anda langsung dengan cara seperti di bawah ini

cara cek url postingan di indeks google atau tidak adalah : buka postingan yang ingin di cek lalu tambah kan dengan "site:URL" pada url postingan tersebut seperti gambar di bawah ini

pada URL postingan yang de indeks tambahkan site:

Setelah anda tambahkan site: lalu silahkan enter maka hasil nya akan keluar apakah URL itu ada atau tidak di pencarian google. Untuk contoh URL saya itu hasil nya seperti di bawah ini

URL tidak ada di google (deindeks)

Anda bisa lihat dari gambar di atas bahwa postingan saya cara merawat ayam petelur tersebut tidak ada dalam pencarian google alias de indeks.

Jadi langkah pertama ini, cari semua data postingan anda yang tidak di indeks di google search console lalu simpan rapi rapi di catatan / notepad, jika ragu data tersebut cek ulang dengan cara seperti di atas. 

Jika sudah yakin bahwa semua URL/postingan di notepad tersebut memang tidak di index google maka lanjut ke langkah selanjut nya.

 

Langkah ke 2 mengembalikan indeks url postingan

Dari data di notepad yang telah ada tersebut kita ambil contoh sesuai contoh saya ya, yaitu cara merawat ayam petelur mulai pertama. Pada kasus ini artikel tersebut tidak di indeks oleh google.

Oke pada langkah ke 2 ini, anda silahkan cari artikel yang de indeks tersebut lalu edit edit, tujuan nya agar nanti kelihatan ada pembaruan karena akan kita update semua nanti.

ini adalah artikel yang deindeks tadi, klik saja dan edit

Ini artikel nya lagi saya edit edit dikit
 

Setelah anda selesai edit lalu klik perbarui. Ingat...lakukan langkah ke dua ini pada semua postingan yang tidak di indeks oleh google. Artinya semua artikel atau postingan yang deindeks itu harus anda edit, meski hanya sedikit. edit saja kata kata depan nya. Oke paham soal edit kan? 

Setelah edit edit semua artikel selesai, maka langkah ke 2 cara mengatasi indeks url selesai. Lanjut langkah ke 3, ini adalah langkah yang paling penting yang harus anda lakukan. 

 

Langkah ke 3 cara mengembalikan indeks url postingan

Ingat google menyukai web atau blog yang update ya? Sedangkan pada langkah di atas kita hanya edit edit postingan yang deindeks namun tidak memperbarui apapun di blog kita alias tidak menambah postingan. Nah langkah ke 3 ini adalah tambahkan postingan baru di blog anda sebelum langkah ke 4.

Berapa postingan yang harus di tambahkan? Terserah.... makin banyak makin bagus. Tapi saya hanya menambahkan 1 postingan saja biasanya karena tujuan nya hanya biar di peta situs nanti update 

Lihat peta situs saya ada 121 postingan (sebelum di tambahkan)

 Langkah ke 4 cara cepat membuat indeks url postingan

Langkah ke 4 ini adalah Setelah kita menambahkan postingan maka kembali lah ke google console dan perbarui ulang peta situs anda, maka akan otomatis update yang awal nya postingan nya 121 menjadi 122 karena saya tambahkan 1 (contoh web saya)


Langkah ke 5 Cara Mengatasi Sebagian Postingan Yang Deindeks 

Langkah ke 5 ini adalah langkah terakhir yang wajib anda lakukan. Ingat meski google adalah mesin robot namun kita perlu memberi tahu bahwa URL kita dan web kita sudah update lo? istilah nya seperti itu. Jadi setelah semua langkah di atas anda lakukan, maka langkah ke 5 ini adalah langkah terakhir. apa itu?

Yaitu inspeksi url dan minta pengindeksan dari google. Langkah ini ada pada google console sebelah kiri ya...

Jadi buka kembali semua URL postingan anda yang deindeks yang telah kita simpan di notepad tadi. Lalu anda masuk kan satu persatu di Inspeksi URL google console

Masuk kan pada kolom inspeksi url dan tekan enter...lalu google akan meng inspeksi URL anda tersebut.


 

Lihat gambar di atas, salah satu artikel saya yang de indeks saya inspeksi URL dan hasil nya belum juga di indeks oleh google, maka langsung saja klik no 2 pada gambar, yaitu minta pengindeksan dari google. Tunggu proses nya. Paham? artinya kita minta indeks kepada google secara manual satu persatu semua URL yang tidak diindeks.

Yang paling penting perlu anda pahami, anda bisa melakukan langkah ke 5 ini setelah semua langkah langkah Cara Mengatasi Sebagian Postingan Yang Deindex di atas telah anda lakukan. Paham?

Setelah semua langkah anda lakukan, maka tunggu saja, biasanya kurang dari 1 minggu artikel yang tadi tidak di indeks akan indeks kembali. Sambil menunggu silahkan update update artikel anda. Ingat simpan rapi catatan URL de indeks di notepad tadi untuk kita cek cek dalam waktu 1 minggu ke depan.

Berikut hasil cek URL saya yang awal nya di indeks setelah 1 minggu.

URL contoh di atas yang deindeks telah ada di google

Anda bisa lihat contoh cara merawat ayam petelur mulai pertama yang kita jadi kan riset tutorial ini, yang awal nya adalah deindeks sekarang telah ada di goole. Ingat artikel tersebut sudah sangat lama sekali lo de indkes ya? Tapi berkat trik trik cara mengembalikan indeks URL postingan di atas, saat ini menurut google console telah ada di google alias telah di indeks google


Agar lebih yakin lagi selain dari data google console mari kita cek manual dengan menambahkan site: di google langsung. dan hasil nya seperti di bawah ini:

Ter indeks dengan baik by google

Dari gambar di atas, pasti anda paham bahwa usaha kita tidak sia sia ya....artikel yang awal nya sudah lama sekali deindeks kini telah indeks kembali. Begitu juga artikel artikel yang lain nya. Silahkan anda cek manual satu satu pada artikel yang telah anda simpan di notepad tadi. Puas? hehehehe semoga turorial blog yang saya share ini bisa bermanfaat bagi anda.

 

Kesimpulan

Sebelum nya agar anda paham cara cek blog di indeks google atau tidak adalah dengan cara cek di google search console, sudah lengkap di sana atau bisa dengan cara ketik kan di google site:namadomain anda. contoh site:pintudunia.com 

Untuk postingan juga sama yaitu URL postinga tambahkan dengan site: 

Pertanyaan nya adalah mengapa indeks blog dan indeks postingan ini penting sekali?

Perlu di pahami deindex (tidak di indkes) Google adalah suatu masalah dimana blog atau website atau postingan yang Anda kelola tidak masuk ke dalam daftar index Google, sehingga blog atau postingan tidak bisa muncul atau ditemukan oleh pengunjung organik melalui aktivitas penelusuran. 

Hal ini sangat merugikan kita sebagai pemilik blog karena jumlah traffic kunjungan tidak ada. percuma kan punya blog jika tidak ada yang berkunjung? walaupun dalam situasi seperti ini website masih bisa diakses secara normal dengan cara mengetikkan URL ke browser secara lengkap, namun pengunjung yang datang dari google tidak bisa menemukan.

Artinya walaupun mungkin blog / web anda sudah ter indeks namun anda harus cek juga apakah semua postingan anda juga sudah di indeks oleh google? Banyak lo web yang sudah di indeks dan sudah banyak artikel yang masuk page 1 google namun masih memiliki beberapa postingan yang de indeks.

Hal di atas tentu merugikan dan percuma, misal ada 5 postingan yang de indeks, yang mana harus nya 5 artikel ini bisa di baca orang lain dan menambah pengunjung. Jadi rajin rajin lah cek apakah semua url postingan anda telah ter indeks. cek saja di google console, dari data sana baru cek manual satu persatu agar akurat Karena terkadang google console lambat update nya.


Terimakasih telah membaca Cara Mengatasi Sebagian Postingan Yang Deindeks semoga tutorial blog dan seo ini bisa bermanfaat bagi anda.