Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Postingan Tidak Di Index Google

Penyebab url postingan deindeks ini adalah hal  yang wajib diketahui bagi pembisnis imers. Hal ini karena Indeks google adalah hal yang penting sekali dan tentunya sangat di harapkan oleh para pemilik blog atau web. Mengingat salah satu mesin pencari terbesar adalah google. Hampir 90% orang orang mencari sesuatu melalui mesin pencari google, walaupun masih ada mesin pencari selain google misalkan yahoo atau bing dan lain nya.

Dalam hal indeks ini para Internet Marketer atau imers punya banyak cara dalam hal mempercepat indeks ini. Baik cara mempercepat indeks web/blog secara umum atau cara mempercepat indeks postingan blog nya saja.

Nah jika pada pembahasan yang lalu kita telah membahas tuntas tentang cara mengatasi sebagian postingan yang tidak di indeks google maka kali ini kita akan membahas penyebab artikel postingan menjadi deindeks atau mengapa url postingan tidak di indeks oleh google.

Oke sudah saya ceritakan kemaren bahwa lebih dari 30 URL postingan saya di web pintu dunia ini yang tidak di indeks oleh google walaupun web pintu dunia sendiri sudah banyak indeks nya bahkan banyak artikel yang sudah page one di google misal nya Bunga penghasil madu terbanyak

Dari pengalaman banyak nya artikel yang tidak di indeks oleh google tersebut saya mencari cari kesalahan saya maka muncul lah pertanyaan sebagai berikut :

  1. Mengapa artikel yang sudah sangat lama tidak di index oleh google?
  2. Mengapa artikel yang awal nya sudah terindeks menjadi deindeks?
  3. Mengapa artikel yang awal nya page one menjadi deindeks?

Pertanyaan di atas adalah hal yang ingin saya pecahkan sehingga saya akhir nya membuat tulisan Penyebab Postingan Tidak Di Indeks Google ini, semoga dengan belajar dari pengalaman saya bisa membuat anda tidak mengulangi kesalahan kesalahan saya yang menyebabkan banyak artikel yang menjadi deindeks.

Di bawah ini adalah salah satu contoh artikel saya yang tidak di indeks oleh google, yang dulu nya sempat page one google. Dan masih ada sekitar 30 an lagi artikel saya yang tidak di indeks oleh google dengan berbagai alasan yang akan saya bahas di bawah.

contoh salah satu postingan yang tidak di indeks google

 

Artikel saya dengan judul cara merawat ayam petelur mulai pertama di atas adalah salah satu dari 31 artikel yang tidak terindeks oleh google

Penyebab url postingan deindeks berdasarkan pengalaman saya yang baru saja terjadi, ada banyak sekali penyebab nya. Dari semua sebab atau alasan postingan blog menjadi deindeks di bawah ini silahkan anda pikirkan siapa tau dari alasan alasan di bawah ini ada yang anda lakukan, dan bagi yang belum silahkan di pahami agar ini menjadi pengalaman yang bisa anda hindari.

Catatan paling penting adalah apa yang akan saya share tentang penyebab url postingan tidak di index oleh google di bawah ini adalah yang saya alami saja artinya di bawah ini benar benar pernah terjadi sama saya sehingga beberapa artikel postingan saya mengalami de index. Maka diluar ini masih banyak hal hal lain yang bisa menyebabkan postingan menjadi tidak di index oleh google.

4 Penyebab postingan tidak di index oleh google

1. Blog / web sempat mati dan hidup kembali 

Analisa saya mungkin ini adalah fakor utama nya. Namun aneh nya artikel lain nya terindeks dengan baik. Jadi begini ceritanya. Dulu pertama kali web pintu dunia adalah blogspot asli, dan index nya sudah banyak sekali, kemudian saya belikan domain dot com dan saya host kan tetap di blogger, dan indeks nya pun tetep kembali banyak karena kan redirect semua dari blogspot ke dot com. Nah kemudian domain dot com tersebut mati karena lupa tidak saya perpanjang. Domain mati kurang lebih 3 minggu lah....ketika saya tau kalau dah mati lalu saya alihkan kembali ke blogspot awal. Hidup lagi dan indeks kembali hidup. Kemudian saya belikan domain lagi yaitu pintudunia.com, dan tetap saya host kan ke blogger. Setelah 1 minggu indeks pun muncul dan banyak juga yang page one. Saya tambah juga beberapa artikel baru.

Kesimpulan nya mungkin karena pernah mati tersebut tidak semua url artikel yang di indeks dan saya tidak cek satu persatu kala itu...maka bila anda memiliki blog ber domain cek berkala kapan expired domain nya. Jangan sampai mati seperti saya bila tidak mau ada artikel yang de index ya...paham?


2. Awal nya konten terlalu sedikit

Analisa saya ini juga faktor yang utama penyebab url postingan tidak di indeks oleh google. Ingat ya Awal nya konten terlalu sedikit dengan konten yang sedikit itu berbeda. Jadi begini, rata rata url postingan saya yang tidak di indeks oleh google adalah postingan yang awal nya kontent nya terlalu sedikit. Saat itu ketika saya ada ide menulis sesuatu maka saya tuliskan langsung. Misal ketika saya jalan jalan ke kandang ayam petelur dan ngobrol tentang cara merawat ayam petelur, ide itu saya buat lah tulisan dengan judul cara merawat ayam petelur mulai pertama, nah pas nulis baru dapat 1 baris ada kendala atau kepentingan, tanpa pikir panjang saya publikasikan dulu. Nanti pas ada waktu saya edit lagi dari artikel yang sudah di terbitkan itu. walaupun saat ini konten nya ada 1000 an kata lebih tapi awal nya cuman 1 baris aja.

Kesimpulan nya adalah jika anda menemukan ide postingan maka tulislah sampai full atau lengkap minimal 500 kata atau lebih baru publikasikan. Bagaimana jika belum lengkap? Simpan saja dulu di draf, nanti edit lagi. Jangan di posting jika belum lengkap. Apakah anda pernah melakukan ini? Hehe


3. Konten tidak bermutu

Ini mirip dengan no 2 tapi ini lebih parah. Jadi gini, waktu saya beli ikan di kolam teman, dia cerita jika ikan gurame nya ada yang jamuran. Langsung saya buka HP dan postingan dengan judul obat jamur ikan gurame. Padahal isi nya belum ada, isi nya ya cuman obat jamur ikan gurame tak paste sebanyak banyak nya. Tujuan saya cuman 1 yaitu cepat posting untuk merajai judul. Pikir saya siapa cepat membuat judul dialah yang paling page one kwkwkwkw 

Kesimpulan nya sama seperti no 2 Jika belum lengkap tulisan mu maka simpan saja di draf, kecuali sudah hampir 90% selesai baru bisa post dan nanti dilengkapi. Seperti judul artikel Penyebab Postingan Tidak Di Index Google yang anda baca ini sudah 2 hari saya simpan di draft dan baru hari ini bisa saya lengkapi dan posting. 

Pernah melakukan kesalahan seperti di atas? Ingat jangan gara gara berburu cepat cepatan membuat judul, anda asal post yang penting judul sudah nangkring. Apa arti nya judul sudah di post jika tidak terindeks? Paham? Santai saja, yang penting kwalitas artikel dan pembaca nyaman. Insyallah pengunjung akan datang secara natural.


4. Duplikat konten

Ceritanya adalah saya pernah punya makalah dengan judul Makalah konsep dasar bisnis islam pada data D di laptop adik. Lalu saya posting lah pakai laptop adik. Kemudian jelang beberaa bulan kemudian saya buka buka fail laptop saya pribadi dan ada beberapa makalah yang belum tak post termasuk makalah konsep dasar bisnis islam tersebut. Saya lupa pernah post pakai laptop adik. Al hasil ada 2 postingan dengan judul yang sama tapi kode bulan dan tanggal yang berbeda. Mungkin ini lah penyebab awal nya postingan dengan judul makalah konsep dasar bisnis islam ini tidak terindeks. Alhamdulilah nya setelah trial eror mengikuti tutorial blog cara mengatasi sebagian postingan yang deindeks akhir nya makalah konsep dasar bisnis islam kembali terindeks oleh google..full happy.

Sebagai informasi duplikat konten di atas adalah duplikat konten dalam 1 blog ya, artinya bisa saja duplikat dengan blog yang lain. Misal nya anda copy paste artikel orang lain tanpa edit. Ini juga termasuk duplikat content lo....paham? Jadi buatlah konten se natural mungkin se ori mungkin. Ketik sendiri pakai ide ide gagasan yang baru, dan jangan copas ya? paham?

Nah demikian lah 4 Penyebab URL postingan Tidak Di Index oleh Google yang saya alami, entah no berapa yang paling berpengaruh. Yang jelas 4 kesalahan di atas pernah saya alami dan meyebabkan lebih dari 30 artikel saya tidak terindeks oleh google. ALhamdulilah hari ini sudah clear semua.

Terimakasih telah membaca Penyebab Postingan Tidak Di Index Google semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang berjuang di dunia imers terutama pejuang adsense hehehe