Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Puyuh Masih Aktif Bertelur atau Tidak

Artikel tentang Cara Mengetahui Puyuh Masih Aktif Bertelur Dan Tidak akan kami bahas pada postingan kali ini, terimakasih bagi anda para sahabat pintu dunia, semoga ke depan makin banyak artikel yang bisa kami berikan pada anda semua, untuk artikel yang lain bisa anda cari pada kolom pencarian atau cek daftar isi kami, terimakasih.

Perlu anda ketahui bahwa Cara Mengetahui Puyuh Masih Aktif Bertelur Dan Tidak, ini sangat lah penting. Kenapa?

Baca Juga : Penyebab produksi telur turun pada puyuh

Karena bagi para peternak puyuh secara khusus dan usaha ternak apapun pada umumnya tentu tujuan utama selain sebagai hobi adalah beternak untuk mendapat untung bukan? Siapa yang mau beternak tapi rugi? hehehe...paham?

Oke, mari kita berhitung.... Anggap lah kita punya 1000 ekor puyuh betina umur produksi. Ingat...1000 ekor itu sudah dipastikan betina ya.....karena terkadang ada peternak puyuh pemula yang masih bingung cara membedakan puyuh jantan dan betina, bila anda juga masih bingung bisa anda baca pada postingan kami yang lalu dengan judul Cara Membedakan Puyuh Jantan Dan Betina.

Dari 1000 ekor puyuh itu agar maksimal dalam menghasilkan rupiah maka kita pelu mencatat grafik hasil telur setiap harinya ini per rak atau per sekat kandang. Anggap lah kandang kita 2 sekat dengan 5 tingkat, maka total ada 10 sekat atau 10 blok atau seperti gambar di bawah ini dengan 4 tingkat dan 1 sekat (tanpa sekat) artinya hanya ada 4 blok. 

Paham? Nah dari semua blok itu silahkan tempel kan kertas lem (tanda) dan tuliskan pada pintunya atau dinding atau tiangnya (terserah) dengan tulisan blok 1, blok 2, blok 3 dst....atau bisa juga A, B, C, D, dst...

 

Untuk apa? Agar mudah memonitoring grafik perkembangan naik turun nya produksi telur tiap sekatnya atau tiap blok nya.

Untuk apa semua itu? Nah sesuai tulisan kami di atas, ternak apapun tujuan nya untung bukan? Maka menuliskan grafik naik turun telur per blok tiap hari ini hukum nya WAJIB bagi anda yang ingin untung.

Anda bisa membuat catatan grafik nya pada buku kandang atau pada papan tulis kandang atau buku laporan kandang, terserah lah pada apapun yang mana intinya ada catatan perkembangan telur nya dari awal sampai akhir (afkir). Paham sampai sini?

Nah kembali pada puyuh 1000 ekor diatas, setelah kita tau laporan nya ber blok, mulai deh kita amati tiap hari nya dalam 1000 ekor tersebut berapa total telur yg didapatkan? Apakah rata rata sama tiap blok? Apakah ada yang aneh? Misal blok A naik drastis, blok B turun drastis dll...kita pantau, amati dan reviews.

Ingat ya....isi puyuh tiap blok adalah sama, karena kandang kan biasanya dibuat dalam 1 ukuran. kalau beda ukuran kasih catatan khusus biar tidak salah hitung.

Ada kunci simpel dalam membaca neraca telur ini yang mana nanti akan berhubungan erat dengan Cara Mengetahui Puyuh Masih Aktif Bertelur Dan Tidak.

Jadi simpel nya begini....

Kita harus tau dulu rata rata tiap blok berapa dari awal bertelur sampai puncak produksi dan sampai stabil produksi, misal dalam 1 blok ada 20 ekor puyuh rata rata bertelur tiap harinya 18 ekor. Catat ya... 18 ekor ....artinya rataan nya 18 butir telur tiap hari. Dan pengambilan telur harus sama batas terakhir ambil nya, misal jam 6 sore stop ambil telur, maka yang nelur jam 6 lewat 1 menit akan masuk pada hitungan telur besok. Paham?

 

Nah setelah paham semua hal di atas, kita amati,  lalu kita lihat...adakah telur yang turun tapi tidak balik balik...maksud nya? 

Gini bro.....produksi telur naik turun itu biasa..tapi jika turun gak balik balik lagi ...ini yang ANEH dan masuk dalam daftar hitam yang harus kita kontrol dan cek serius..ingat ini soal untung rugi bro...hahahaha

Contoh nya gini,... Blok D yg biasa rataan nya 18 butir kok dah 2 hari ini cuman nelur 10 butir? Kita lihat ke blok D, lihat pakai mata dulu, apakah ada yang aneh? sakit kah? berdarah kah? ada yang berkelahi kah? ada yang mati kah, ada yang lemes kah...cek sampai tuntas pakai mata biasa..alias dilihat aja di kotak blok D.

Oke secara kasat mata blok D bagus, gak ada masalah....oke coba tambah sedikit aja pakan nya atau bersihkan kandang blok D, barang kali kurang nyaman. Sudah? jika semua sudah anda lakukan dan tetep juga hasil nya gak ada peningkatan...tunggu sampai 5 hari, jika gak ada peningkatan juga baru kita cek pakai tangan, alias pegang. Biasanya puyuh yang terlalu kurus dan terlalu gemuk itu yang bermasalah, namun tetep aja cek semua satu persatu. 

Bagaimana cara cek puyuh yang masih bertelur secara akurat? Apa yg di cek? oke yang kita cek adalah Lobang telur nya (pantat). Cek apakah masih sehat? atau dah keriput? Gak pelu pakai ilmu atau pengetian yang aneh aneh, jika lubang telur dah keriput artinya dah gak aktif bertelur. Jika masih aktif bertelur pasti nampak segar dan basah....

Kalau secara ilmu membedakannya salah satunya meraba jarak antara tulang pubis (capit udang) jika lebih 1 jari orang dewasa berarti produktif, atau meraba jarak antara tulang pubis dengan tulang sternum bila jarak 2 jari lebih orang dewasa, berarti puyuh masih produktif jika tidak maka siap di afkir.

Intinya dari pantat sudah nampak nyata...bedakan saja dengan yang masih aktif bertelur...dari pengalaman di lapangan anda akan paham dengan sendirinya.

Nah jika dah ketemu yang dirasa tidak produktif lagi maka pisahkan dalam waktu 1 sampai 3 hari...cek dalam 3 hari apakah yang dipisahkan benar gak ada telur? atau yang sisa nya juga gak ada telur nya? dari sini anda paham kapan siap di sembelih yang kita pisahkan ini...hehehehe

Intinya jangan sampai kita pelihara puyuh yg gak ngasih telur, ingat puyuh makan per hari antara 20 sampai 25 gram per ekor lo tiap hari nya..kalau di kali 1 bulan dan di kali 1000 ekor bisa bangkrut bro..hehehehe jadi yang sudah tidak bertelur silahkan di potong saja dan jual daging nya.


Nah jadi...dengan cara sortir bertahap dengan Cara Mengetahui Puyuh Masih Aktif Bertelur Dan Tidak maka anda akan selalu terpenuhi target persentasi grafik telur tiap hari nya. Kenapa? ya karena yang tidak sampai target akan kita afkir atau jual daging atau sembelih saja. Untuk apa di pelihara...

Paham sampai sini? Bila belum paham cek artikel kami yang lain di www.pintudunia.com ya

Terimakasih telah membaca Cara Mengetahui Puyuh Masih Aktif Bertelur atau Tidak semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang memelihara ternak puyuh dan semoga sukses dan banyak telur nya. Silahkan share dan like ya...terimakasih