Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Puyuh Jantan dan Betina Paling Mudah

Cara Membedakan Puyuh Jantan dan Betina Paling Mudah sebenarnya simpel bagi yang sudah lama bergelut di bidang penetasan. Namun bagi anda yang pemula di bisnis ini terkadang agak sulit karena terlalu mirip. 

Kami akan memberikan cara paling mudah membedakan puyuh jantan dan betina. Ingat banyak yang mengatakan bahwa beda puyuh jantan dan betina bisa dilihat dari ukuran, ada juga yang mengatakan bahwa betina dan jantan nya puyuh dapat di lihat dari warna dominan, bahkan ada juga yang berpendapat jantan dan betina puyuh dapat di lihat dari posisi badan, besar nya dan ekor dll...Bahkan ada yang mengatakan bahwa dia bisa memastikan bahwa beda jantan dan betina pada puyuh terletak pada warna yaitu puyuh jantan pasti hitam dan puyuh betina warna cokelat. 

Apakah semua cara mudah membedakan puyuh betina dan jantan di atas  benar?

Tergantung sobat....bibit F berapa itu? Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam dunia penetasan ada F0, F1, F2 dll..jadi warna dominan cokelat atau hitam belum tentu pas jika F nya belum pas. Nah dalam hal ini sesuai judul di atas maka Cara Membedakan Puyuh Jantan dan Betina Paling Mudah adalah:


Jika jantan maka warna dada nya dan kepala nya campur, ada hitam, semu merah, sekitar mata cenderung hitam. Cek gambar puyuh jantan dan betina paling benar di atas.

Artinya, jika jantan warna bagian kepala akan campur (tidak mulus). Bukan soal cokelat atau hitam badan nya ya, kalau ini tergantung bibit F berapa. Kalau betina pasti mulus / rapi dan cantik.

Kemudian cara yang paling akurat dalam memberdakan puyuh jantan dan betina lain nya adalah, jika puyuh sudah dewasa, umur 30 hari ke atas maka bisa dilihat bagian kloaka nya yang membesar dan ber busa jika di tekan, busa ini adalah sperma puyuh jantan. Pegang saja posisi di balik, kalau jantan pasti ada tonjolan besar yg jika di tekan akan keluar busa, jika iya maka positif 100% jantan, karena jika betina tidak ada tonjolan, hanya lobang pantat besar jika dah persiapan bertelur. ini adalah yang paling akurat namun cara ini puyuh harus sudah 30 hari ke atas, atau sudah mendekati usia produksi

Cukup simpel bukan? ingat jangan berpatokan pada warna puyuh hitam atau cokelat ya...ini bisa di terapkan jika memang sudah F3 minimal. Dan ini urusan para penetas lah....intinya agar sukses di bisnis ini jangan lupa waktu permberian pakan yang benar. Jika anda masih belum paham silahkan baca artikel kami tentang Waktu Pemberian Makan Puyuh Yang Terbaik

 Terimakasih telah membaca Cara Membedakan Puyuh Jantan dan Betina Paling Mudah semoga ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda yang mau memulai usaha beternak puyuh, dan jangan lupa membaca cara mengatasi puyuh mati beberapa ekor tiap hari karena ini sangat penting anda pahami dalam usaha beternak puyuh ini