Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puyuh Mati Beberapa Ekor Tiap Hari

Puyuh Mati Beberapa Ekor Tiap Hari kadang membuat para peternak puyuh pusing. Apalagi jika ini sering sekali terjadi. Apakah masalah ini yang sedang anda hadapi? Sebenar nya masalah ini bukan lah hal yang serius karena mati nya tidak serentak, bukan aratan atau pada postingan saya yang lain saya kasih nama cara mengatasi Aratan pada puyuh.

Baik lah kali ini Pintu Dunia akan sharing cara mengatasi apabila ditemukan ada puyuh yang mati tiap hari, atau puyuh sering mati tiap hari meski hanya satu atau dua ekor.
Artikel tentang puyuh yang mungkin anda tertarik :

 
Puyuh yang anda temukan mati, baik satu atau dua ekor sebenar nya banyak faktor yang menjadi penyebabnya. simak ulasan kami di bawah ini

Apabila puyuh anda terkadang ada yang mati, kadang 1 atau 2 ekor dan ini sering terjadi biasanya dengan ciri seperti di bawah ini :
 
  • puyuh yang mati biasanya berbadan kurus sekali seperti tidak makan
  • Puyuh yang mati terkadang ada telur di ujung pantat nya yang tidak mau keluar
  • Puyuh yang mati berbusa bahkan busuk pantat nya


Nah kalau temen temen menemukan puyuh yang mati tiap hari satu atau dua ekor tiap hari dengan ciri ciri di atas maka di penanganan nya secara umum sebagai berikut:
 
  1. Bersihkan kandang secara menyeluruh dan semprot dengan disinfektan
  2. Berikan vitamin secara rutin 3 hari sekali selama kendala ini, bisa vita stress dan lain sebagainya.
  3. Ganti pakan 50% sementara ini dengan pakan pur BRO1 /GMC, intinya pakan pedaging. Ganti pakan 50% ini anda lakukan selama 3 hari berturut turut agar bobot badan puyuh yang kurus tercapai. Jika ingin lebih efesian, bisa di pisahkan untuk puyuh yang kelihatan kurus di berikan tempat kusus dan di beri pakan starter hingga 60%.
  4. Pastikan Tempat pakan dan tempat minum selalu bersih. Jangan biarkan ada jamur di paralon minum. Bersihkan dengan pembersih wajan, atau bisa juga dengan sikat.
  5. Cek ventilasi udara, apakah sirkulasi udara cukup? Karena jika kandang pengap maka dipastikan satu atau dua ekor puyuh anda akan sering mati. Buka semua tutup / dinding dan pastikan sirkulasi udara lancar, bahkan dinding yang hanya terbuat dari 50% paranet akan sangat bagus buat puyuh.
 
 Dari 5 tips  cara mengatasi Puyuh Mati Beberapa Ekor Tiap Hari di atas, yang point harus segera anda lakukan adalah point 5. Mengapa? Karena puyuh tidak bisa berada pada kondisi pengap.
Sirkulasi udara pada kandang puyuh harus lancar dan bebas. Buka semua penutup kandang, bila perlu kasih saja paranet untuk dinding nya sehingga udara lancar keluar masuk.

Tips mengatasi kematian pada puyuh di atas juga berlaku bagi puyuh yang sudah besar, karena jika puyuh yang baru menetas akan berbeda perlakuan, anda bisa membaca cara perawatan puyuh yang baru mentetas pada postingan kami yang lain nya.
 
Terimakasih telah membaca artikel kami tentang cara mengatasi Puyuh Mati Beberapa Ekor Tiap Hari, silahkan share jika ini bermanfaat.