Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kotoran Puyuh Tidak Bau

Cara Membuat Kotoran Puyuh Agar Tidak Bau
 
 
Permasalahan yang sering dialami oleh peternak puyuh adalah kotoran yang bau, dimana hal ini menjadi sebab kurang nyaman nya puyuh, dan bisa menjadi penyebab datang nya penyakit, salah satunya adalah Pilek/Snot, walaupun sudah ada obat Pilek Snot Mata bengkak terbaik pada puyuh, tetap saja masalah pilek harus kita antisipasi se dini mungkin.

Supaya Kotoran Puyuh Tidak Bau banyak sekali cara yang bisa kita gunakan. Pada dasarnya kotoran puyuh tidak bau itu bukan berarti tidak bau sama sekali, namun tidak menyengat dan masih dalam tahap wajar.
 
Nah pada postingan kali ini pintu dunia akan memberikan Tips agar kotoran puyuh tidak bau, diantaranya yaitu :
 
 1. Pastikan puyuh tidak dalam keadaan sakit.
 
Biasanya kotoran puyuh menjadi bau faktor pertama adalah kondisi puyuh yang sedang sakit, misal nya mencret. Artinya langkah awal agar kotoran puyuh tidak bau adalah cek kondisi puyuh saat itu, apakah sakit? Apakah lemes? Lihat kotoran nya, apakah normal atau ada tanda tanda mencret atau puyuh sakit berat kapur dan lain lain. 
 
Intinya puyuh harus dalam kondisi sehat. Segera obati bila anda menemukan ada puyuh yang sakit, bisa anda pisahkan dulu sementara dari kelompok nya agar mudah dalam pengawasan dan pengobatan.
 
2. Pastikan tidak ada air yang tumpah ke kotoran puyuh.
 
Puyuh adalah jenis unggas yang gemar sekali minum, hampir setiap saat puyuh minum. Pastikan puyuh tidak pernah kehabisan minum, karena ini sangat penting sekali. Puyuh boleh sekali kali kekurangan pakan, tapi jangan pernah puyuh kekurangan minum, ini penting.
 
Nah, karena puyuh gemar sekali minum, biasanya peternak tidak sadar mungkin ada beberapa titik dari tempat minum nya yang sering tumpah ke kotoran, atau ada titik titik tertentu yang harus di perbaiki atau miring pada tempat minum sehingga membasahi kotoran. Jika ada kotoran yang basah karena air minum, cara apapun yang anda gunakan untuk membuat agar kotoran puyuh tidak bau tidak akan berhasil. Ingat cek semua tempat dan sisi pada air minum, apakah ada yang tumpah? Jika ada segera perbaiki, ini penting.
 
Air minum yang tumpah ke kotoran selain penyebab kotoran puyuh menjadi bau juga merupakan sumber awal penyakit dan lalat, segera atasi se dini mungkin.

3. Pastikan takaran pakan puyuh pas.
 
 Takaran pakan di sini yang kami maksud adalah komposisi adukan pakan jika anda menggunakan pakan adukan sendiri ya, bukan pakan beli yang sudah jadi.
 
Jika anda meracik pakan sendiri, artinya pakan adukan anda bikin sendiri maka pastikan perbandingan nya pas, ingat kebanyakan protein juga bisa menyebabkan puyuh mencret dan kotoran menjadi bau. Jagung yang sudah berjamur juga bisa menyebabkan masalah pencernaan pada puyuh. Dedak atau bekatul juga pastikan masih segar, karena terkadang ada bekatul atau dedak yang sudah sangat lama sekali dan berbau tengik. 
 
Jadi pastikan Takaran pas, dalam artian takaran gizi dan protein, serta kwalitas pakan. Jika anda membeli pakan pabrikan atau pakan jadi pastikan tidak gonta ganti merek dan tidak berjamur.

4. Bersihkan kandang puyuh secara berkala.
 
Pembersihan kandang secara berkala penting sekali. Untuk kotoran puyuh paling lambat 4 hari sekali harus anda bersihkan. Untuk kebersihan kandang setiap hari harus di sapu. Untuk langit langit kandang paling lambat 1 minggu sekali harus dibersihkan dari sawang, laba laba, dan lain sebagainya. Pastikan juga lantai tidak dalam ke adaan lembab. Intinya rajin rajin lah cek kondisi kandang dan kebersihan nya.

Cara cek kebersihan kandang puyuh itu mudah, masuk saja ke kandang dan lihat sekeliling, apakah anda nyaman? Kalau kita sendiri saja tidak nyaman, puyuh juga demikian. Paham?
 
5. Tambahkan abu
 
Setelah semua langkah di atas anda lakukan dan kotoran puyuh masih bau menyengat, mungkin masih butuh waktu agar puyuh beradaptasi, dan langkah terakhir adalah Tambahkan abu pada kotoran puyuh.
 
Anda bisa menaburkan abu tipis dan merata pada nampan kotoran puyuh. Terserah mau Abu kayu bakar atau abu arang dll, intinya abu ya....Jika di daerah anda ada pabrik tahu, maka minta saja ke sana pasti banyak abu bekas masak tahu. Selain mengurangi bau, abu juga dapat membuat kotoran puyuh menjadi kering. Selain abu anda juga bisa menaburkan serbuk gergaji kering, taburkan secara merata. 

Kekurangan nya adalah kotoran harus cepet dibersihkan karena dengan menabur abu atau serbuk maka beban nampan kotoran cepet penuh, tapi kelebihan nya adalah kotoran sangat baik untuk pupuk di banding yang biasa, karena abu atau sekam secara alami akan terdekomposer sendiri. Ini cocok bagi anda yang memanfaatkan kotoran puyuh untuk pertanian dan perkebunan.

Catatan: 
Cara Membuat Kotoran Puyuh Tidak Bau di atas adalah untuk puyuh dewasa, sedangkan untuk puyuh yang masih kecil atau sebelum produksi biasanya memang sangat bau namun tips di atas tetap bisa anda lakukan.

Demikian Cara Membuat Kotoran Puyuh Tidak Bau Semoga artikel kami bisa membantu, dan dari semua point di atas, point no 2 wajib anda perhatikan karena biasanya masalah utama adalah kebocoran atau tumpahan pada air minum. Ini adalah hal yang sering sekali terjadi.